Nusa Penida, Sang Primadona Wisata Baru di Bali

Wisata Nusa Penida Bali

EnaknyaKemana.com – Berlibur ke Bali memang seru dan bikin kamu ketagihan, karena terdapat berbagai jenis wisata yang bisa kamu nikmati. Mulai dari ritual-ritual agama maupun adat, wisata alam seperti penangkaran hewan, hingga keseruan mencoba beragam olahraga air. Apalagi kalau kamu berlibur ke Nusa Penida, terdiri dari jajaran pulau yang semakin menambah eksotis Nusa Penida, sehingga menjadi primadona wisata baru di Bali. Langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Beragam pantai dapat kamu kunjungi dengan beragam jenis olahraga air yang dapat dicoba sesuka hati. Dijamin bikin ketagihan dan selalu pengen ke sana

Wisata Pantai Nusa Penida Bali

Bukan Bali namanya jika tidak ada pantai yang indah. Seperti di Nusa Penida ini yang memiliki banyak pantai indah dan tentu saja wajib kamu kunjungi. Beberapa di antaranya seperti Pantai Pasig Uug, Pantai Atuh, dan Pantai Kristal. Pantai Pasig Uug sendiri berada di desa Bunga Mekar yang memiliki ciri khas adanya tebing dan tentu saja sangat alami. Perlu diketahui, Di pantai Pasig Uug pun tidak ada pura, jadi benar-benar alami hanya berupa suara ombak yang bikin kamu terkesan. Di pantai Pasig Uug kamu juga bisa melihat ikan pari dan penyu karena keberadaannya memang di perairan sana. Jika kamu penasaran dengan nama Broken Beach, di sinilah tempatnya!

Sedangkan Pantai Atuh dan Kristal juga tidak kalah kerennya. Pantai Atuh sendiri terletak di kawasan Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, nah untuk mencapai lokasinya kamu perlu jalan setapak dulu sekitar 50 menit dengan melewati jalanan yang datar dan curam. Walau begitu, pasir putih pantai ini sangat indah dan ombaknya yang bisa bikin kamu berdecak kagum. Kalau Pantai Kristal terletak di Desa Sakti, Kabupaten Klungkung yang memiliki panorama tak kalah indah dengan 3 pantai lainnya. Salah satu keunggulan Pantai Kristal adalah spot snorkeling-nya yang luar biasa indahnya. Spot snorkeling terbaik di Bali!.

Berada di antara 2 jajaran pulau dan dahulu merupakan penjara kerajaan. Nusa Penida memang indah dan penuh misteri

Wisata Nusa Penida Bali

Nusa Penida terletak paling kanan dari jajaran 2 pulau, yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Letaknya berada di tenggara pulau Bali dan dipisahkan selat Badung. Meski begitu, Nusa Penida memiliki keistimewaan karena areanya paling luas bila dibandingkan dengan 2 pulau lainnya, bahkan lebih dari 10 kali lipat Nusa Lembongan. Bukan itu saja, keistimewaan lainnya karena ternyata Nusa Penida dahulu termasuk ke dalam kabupaten Klungkung yang memiliki sejarah zaman kerajaan dulu.

“Diperkirakan pada abad ke-18 Nusa Penida dipakai sebagai tahanan Dinasti Gelgel dari Bali di bawah kemimpinan Kerajaan Majapahit, lho. Sudah indah, memesona, penuh misteri lagi!”

Selain pantai, bebatuan di Nusa Penida ini keren dan indah yaitu Batu Meling dan Goa Giri Putri

Wisata Batu Nusa Penida Bali

Nusa Penida juga terkenal dengan pesona bebatuannya yang keren dan bikin kamu kagum terus-menerus. Salah satunya yaitu Batu Meling, di mana buat kamu nyaman saat menyelam di sekitar sana. Untuk mencapainya kamu perlu menempuh perjalanan selama 1 jam dari pelabuhan utama Nusa Penida. Nah, hal lainnya yang dapat kamu nikmati yaitu dapat melihat biota laut secara jelas. Keren kan!

Atau kamu juga bisa mampir ke Goa Giri Putri yang di dalamnya terdapat pura dan sering dijadikan tempat ibadah warga setempat. Pintunya berukuran kecil, tapi kalau sudah masuk kamu bakal dibuat takjub dengan luas dalamnya goa Giri Putri ini
Kamu juga bisa wisata ritual di Pura Puncak Mundi dan menikmati keseruan di penangkaran burung jalak Bali.

Hal lain yang bisa bikin kamu cinta dengan Bali yaitu kebudayaan dan ritual-ritual keagamaannya yang sering dilakukan para warga setempat. Di Pura Puncak Mundi ini kamu dapat menikmati wisata ritualnya yang tidak jarang bisa bikin kamu merinding. Pura ini memiliki bentuk yang khas dengan jalur masuk cukup tajam dan berkelok. Pura yang berpredikat paling tinggi di Nusa Penida ini wajib kamu kunjungi. Apalagi jarak tempuhnya hanya sekitar 1 jam dan udaranya yang sangat dingin bakal bikin liburanmu makin menyenangkan.

Baca Juga : 6 Destinasi Wisata Hits 2017 yang Perlu Kamu Jelajahi Bersama Pasanganmu

Atau kamu juga bisa berkunjung ke Friends of National Parks Foundation (FNPP) & Bird Sanctuary yang berada di Desa Ped. Tempat ini merupakan penangkaran burung Jalak Bali. Jarak tempuh ke tempat penangkaran burung Jalak Bali ini hanya memerlukan waktu 40 menit dari pelabuhan. Harga tiketnya pun cukup murah, yaitu sekitar Rp 10.000 saja. Selain keseruan di sana, kamu juga dapat menikmati pemandangan dan suasana desa yang syahdu.

Cara menuju kesana harus kamu tempuh melalui jalur laut. Pasti akan ada banyak cerita seru dan mengesankan selama di perjalanan

Wisata Laut Nusa Penida Bali

Untuk menjangkau ke sana kamu bisa ke pulau Bali dulu, setelahnya baru ke Pulau Nusa Penida melalui jalur laut lewat Sanur menuju Pelabuhan Toyapakeh. Kalau berangkat dari Pelabuhan Padangbai, kamu dapat menumpangi kapal ferry besar yang juga bisa mengangkut kendaraan. Jarak tempuhnya pun sekitar 1 jam, setelah itu kapal akan sampai di pelabuhan utama Penida. Namun jika kamu berangkat di pelabuhan Pantai Kusamba Klungkung, kamu dapat menggunakan perahu cepat menuju Gangga di Nusa Penida.

Bagi kamu yang memilih berangkat dari pantai Sanur, kamu bisa pergi ke pelabuhannya dengan menggunakan fast boat atau sampan, sedangkan dari pelabuhan Benoa kamu bisa menggunakan kapal Quick Silver menuju ke pelabuhan Penida. Perjalanan lewat jalur laut lebih menyenangkan dan pastinya punya banyak cerita seru dan mengesankan.

Demikian informasi seputar wisata primadona terbaru di Bali yaitu Nusa Penida, semoga bermanfaat. Selamat Berlibur!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password