Wisata Museum Kereta Api di Indonesia, Cocok Buat Destinasi Long Weekend Anda

Wisata Museum Kereta Api di Indonesia, Cocok Buat Destinasi Long Weekend Anda

EnaknyaKemana.com – Anda salah satu orang yang suka bepergian dengan transportasi kereta api? Eits, atau jangan – jangan malah Anda merupakan orang yang belum pernah mencoba rasanya melancong dengan naik kereta api? Jika Anda belum pernah mencoba merasakan nikmatnya melancong dengan naik kereta api sangat dianjurkan agar sebelum mencobanya Anda harus datang ke berbagai wisata museum kereta api.

Di Indonesia ada beberapa wisata museum kereta api yang menyajikan berbagai informasi menarik tentang dunia kereta api. Selain berbagai informasi menarik tentang dunia kereta api bisa Anda dapatkan, berbagai macam koleksi seputar kereta api beserta sejarahnya juga akan Anda temukan jadinya pasti long weekend Anda semakin seru dengan pengalaman dan pengetahuan baru yang Anda dapatkan. Berikut apa saja wisata museum kereta api di Indonesia yang cocok banget menjadi destinasi long weekend Anda.

Wisata Museum Kereta Api di Indonesia

Museum Kereta Api TMII Jakarta

Wisata Museum Kereta Api di Indonesia, Cocok Buat Destinasi Long Weekend Anda

Di Jakarta terdapat sebuah museum kereta api yaitu TMII Jakarta. Lokasinya berada di Taman Indonesia Indah yang mana disini Anda bisa temukan koleksi kereta api yang cukup beragam. Disini Anda juga bisa melihat sebanyak 24 koleksi lokomotif uap sampai dengan diesel yang dipajang. Juga terdapat kereta api luar biasa yang sempat menjadi kereta api operasional yang digunakan oleh Presiden Soekarno dan wakilnya Bung Hatta. Stasiun ini pertama kali diresmikan di tahun 1991 silam dan menjadi salah satu destinasi wisata menarik ketika para wisatawan berkunjung ke TMII Jakarta.

Baca juga : Jenis-jenis Sistem Tiket Kereta yang Pernah Ada dari Masa ke Masa

Museum Kereta Api Sawahlunto

Wisata Museum Kereta Api di Indonesia, Cocok Buat Destinasi Long Weekend Anda

Bagi warga Sumatera Barat dan sekitarnya, jangan lupa untuk datang ke Sawahlunto. Museum Kereta Api Sawahlunto pada awalnya berfungsi sebagai stasiun akan tetapi karena tidak banyak yang dapat dioperasikan secara comersial di tahun 2005 silam stasiun ini kemudian diubah menjadi museum. Di Museum Kereta Api Sawahlunto para wisatawan akan temukan sebanyak 106 buah koleksi rangkaian dan perlengkapan kereta api yang terdiri atas lima unit gerbong, satu unit lokomotif uap, 34 alat – alat sinyal atau komunikasi, 2 buah jam, puluhan foto dokumentasi, tiga brankas, tiga set label pabrik, sembilan unit miniatur lokomotif, tiga timbangan dengan lonceng penjaga dan pastinya baterai lokomotif. Lengkap bukan koleksi disini?

Baca juga : Museum Terbaik di Jogja yang Bertaraf Internasional

Museum Kereta Api Ambarawa

Wisata Museum Kereta Api di Indonesia, Cocok Buat Destinasi Long Weekend Anda

Museum Kereta Api Ambarawa bisa dibilang merupakan museum yang menjadi bagian yang sangat penting dalam sejarah kereta api Indonesia. Lokasi Museum Kereta Api Ambarawa berada di kota Ambarawa yang sampai sekarang ini masih selalu banyak kunjungan wisata ke tempat wisata ini. Mengenai koleksinya di Museum Kereta Api Ambarawa Anda akan temukan sekitar 22 buah lokomotif uap dengan rangkaian gerbong tua yang dibuat dari kayu. Anda juga bisa menikmati wisata kereta dari Stasiun Ambarawa ke Bendono jika datang berwisata ke Museum Kereta Api Ambarawa ini.

Anda yang ingin mengetahui kekayaan otomotif Indonesia wajib banget berlibur dan mengabadikan moment di beberapa tempat wisata museum kereta api di Indonesia tersebut. Buat Anda yang sedang ingin liburan atau sedang merencanakan agenda liburan dan tengah mencari tiket pesawat dan tiket hotel murah, Anda bisa cek tiket murahnya di AKULAKU. AKULAKU juga sedang bekerjasama dengan Aidia Network dan memberikan promo diskon up to 700.000,00 dengan kode voucher AIDIA 1. Yuk manfaatkan dan belanjalah dengan nyaman hanya bersama AKULAKU.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password