Seberkas Cahaya Surga di Pelataran Gua Jomblang

Gua Jomblang bukan istilah baru dalam kamus aktivitas telusur gua atau caving. Gua vertikal bertipe collapse doline ini merupakan gua yang dilengkapi dengan hutan purba yang rapat di dasarnya. Terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang telah terjadi ribuan tahun lalu membuat aura eksotisme dari gua ini semakin terpancar. Pengunjung dapat menikmati rindangnya vegetasi yang hidup di dasar gua. Suasana magis juga terasa saat langkah kaki terukir di gua purba tersebut.

Runtuhan akibat proses geologi yang pernah terjadi membentuk sebuah sinkhole atau sumuran dengan luas mulut gua sekitar 50 m2. Dalam bahasa Jawa, istilah lain yang digunakan sebagai penamaan sumuran adalah luweng. Tidak heran, bila gua ini juga sering disebut Luweng Jomblang. Luweng Jomblang ini tidak berdiri sendiri sebagai bagian dari eksotisme pegunungan karst pesisir selatan. Apabila pengunjung atau caver menelusuri lorong panjang dari rangkaian karst tersebut, pertemuan dengan Luweng Grubug akan terjadi. Sepotong surga akan tersaji saat kaki menapak di dasar rangkaian gua ini.

Berbekal paket wisata yang ditawarkan oleh pengelola sebesar Rp.450.000,00/orang, pengunjung akan dilengkapi dengan aneka peralatan caving untuk dapat menikmati seisi gua. Aktivitas caving dilakukan dengan teknik tunggal atau single rope technique (SRT). Bagi pemula, tidak perlu khawatir, karena aktivitas ini akan diawasi secara penuh oleh pemandu dan penelusur gua yang berpengalaman. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya! Selain itu, demi menunjang keselamatan bagi para caver, aktivitas ini wajib menggunakan peralatan khusus sesuai standar keamanan caving di gua vertikal.

Langkah pertama yang dilakukan adalah pemasangan SRT Set di badan caver oleh pemandu, sembari menjelaskan nama dan fungsi masing-masing alat. SRT Set terdiri dari seat harness, chest harness, ascender/roll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang, serta cowstail pendek. Selain SRT Set, perlengkapan lain yang turut digunakan adalah coverall, sepatu boot, helm atau pelindung kepala dan headlamp. Setelah semua perlengkapan dipasangkan, caver akan dipandu menuju lintasan yang beraneka ragam ketinggiannya, mulai dari 40 hingga 80 meter. Bagi pemula, umumnya akan melewati lintasan yang pendek atau biasa disebut jalur VIP. Setelah menaklukkan aneka tantangan, caver dapat menikmati sajian alam yang tiada duanya dari Gua Jomblang.

Aneka tumbuhan pakis, lumut dan vegetasi hutan tropis bisa ditemui sepanjang mata memandang. Seluruh tumbuhan itu hidup sejak lapisan atas ambles beribu tahun yang lalu. Setelah melintasi jalur vegetasi tersebut, pengunjung akan dibawa menuju Luweng Grubug untuk menyaksikan karya Tuhan yang luar biasa. Seberkas cahaya surga jatuh dari langit mencumbui aneka pahatan batu-batu kristal yang tertanam di dasar gua. Momen berharga ini menjadi hal yang tak akan dilewatkan oleh para pengunjung. Cahaya itu seolah membawa kedamaian yang hakiki bagi siapapun yang memandangnya.

Bagi pengunjung yang berminat mengisi waktu liburan dengan kunjungan ke Gua Jomblang, disarankan untuk booking kepada pengelola terlebih dahulu, karena jumlah pengunjung sangat dibatasi. Akses menuju tempat ini lumayan mudah apabila ingin memanfaatkan moda transportasi umum berupa bus kota. Apabila bertolak dari Terminal Giwangan Yogyakarta, wisatawan dapat menaiki bus jurusan Wonosari yang dipatok tarif Rp.9.000,00 per orangnya.

Wisatawan dapat turun di terminal Wonosari untuk kemudian kembali naik bus ke jurusan Semanu dengan tarif Rp.7.000,00. Beberapa tukang ojek akan mengantar wisatawan dengan harga yang telah disepakati menuju lokasi Gua Jomblang di Desa Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tidak perlu ragu, aneka rintangan yang dihadapi saat menuju destinasi akan sebanding dengan eksotisme Gua Jomblang yang tentu sulit dihapus dari ingatan. Bagaimana? Tertarik untuk menari di bawah cahaya surga Gua Jomblang?

 

Penulis: Fitria Yusrifa

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password