10 Obyek Wisata di Kaliurang Jogja yang Instagramable Banget, Wajib Dikunjungi!

Wisata di Kaliurang Jogja yang Instagramable Banget

Enaknyakemana.com – Yogyakarta memang terkenal dengan banyaknya tempat wisata, baik tempat wisata di pesisir pantai, di tengah perkotaan, maupun di area pegunungan. Jika kamu mencari tempat wisata yang sejuk di Yogyakarta, kamu bisa jalan-jalan di area Kaliurang tepatnya di sekitar lereng Gunung Merapi. Di sana terdapat banyak tempat wisata, bahkan ada yang masih baru. Berikut daftar wisata di Kaliurang yang wajib kamu kunjungi.

Obyek Wisata di Kaliurang Jogja yang Instagramable Banget

1. The World Landmarks Merapi Park

Wisata di Kaliurang Jogja yang Instagramable Banget - The World Landmarks Merapi Park
Foto: Pesona Travel

The World Landmarks Merapi Park merupakan salah satu tempat wisata di daerah Kaliurang terbaru yang wajib kamu kunjungi. Tempat wisata ini diresmikan tahun 2017. Di dalam Merapi Park terdapat berbagai miniatur bangunan landmark dari seluruh dunia. Tempat wisata ini hampir selalu dipadati pengunjung dari berbagai daerah setiap harinya, karena sangat menarik untuk menjadi obyek foto selfie dan diunggah di media sosial.

Lokasi The World Landmarks Merapi Park ada di Jalan Kaliurang km. 22, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Harga tiket masuk untuk reguler hanya Rp 20.000 saja.

2. Museum Ullen Sentalu

Wisata di Kaliurang Jogja yang Instagramable Banget - Museum Ullen Sentalu
Foto: TripJogja

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum yang terkenal di Yogyakarta dan termasuk yang terbaik di Indonesia. Letaknya di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Kabupaten Sleman. Harga tiket masuknya Rp 35.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 55.000 untuk wisatawan mancanegara.

Museum Ullen Sentalu menampilkan kebudayaan Jawa dari peninggalan dinasti Mataram. Museum Ullen Sentalu memiliki konsep bangunan yang megah, yaitu dengan arsitektur perpaduan dari Jawa dan gothic Eropa abad pertengahan lengkap dengan hiasan berupa pahatan-pahatan. Karena letaknya di daerah gunung dan dilengkapi dengan taman, suasana di museum ini menjadi sejuk dan damai.

Baca juga : Nikmatnya Keseruan Rame-Rame di Lava Tour Merapi!

3. The Lost World Castle

Wisata di Kaliurang Jogja yang Instagramable Banget - The Lost World Castle
Foto: Instagram/@_raahmaaa

The Lost World Castle merupakan salah satu tempat wisata di area Kaliurang yang sangat instagramable. Tempat wisata ini dikelilingi tembok yang kokoh, sehingga sering dianggap mirip Benteng Takeshi atau Tembok Besar China. Di dalam tempat wisata ini, pengunjung disuguhi pemandangan Gunung Merapi. Di sini juga terdapat berbagai latar foto menarik yang pastinya cocok untuk diunggah di media sosial.

Lokasinya ada di terletak di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Harga tiket untuk memasuki tempat wisata ini adalah sebesar Rp 25.000 saja.

4. Stonehenge Jogja

Stonehenge Jogja
Foto: GudegNet

Stonehenge Jogja ini merupakan replika dari bangunan peninggalan jaman prasejarah yaitu Stonehenge yang ada di Inggris. Stonehenge Jogja ini sangat ngehits karena sangat instagramable dan unik. Bentuk dan susunan batunya mirip dengan yang asli dan terbuat dari bebatuan erupsi gunung merapi.

Lokasi Stonehenge Jogja ada di Dusun Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman. Harga tiket masuknya Rp 10.000 saja, tapi belum termasuk biaya parkir yaitu Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

5. Rumah Hobbit Kaliurang

Rumah Hobbit Kaliurang
Foto: Youtube

Rumah Hobbit Kaliurang merupakan salah satu wisata baru di Kaliurang Jogja yang merupakan rumah hobbit kedua di Jogja setelah Rumah Hobbit Mangunan. Tempat wisata ini menampilkan spot rumah hobbit yang unik dan instagramable. Karena namanya Rumah Hobbit, pastinya bangunan rumah di tempat wisata ini mengingatkan penngunjung pada film The Lord of The Rings dan The Hobbit.

Rumah Hobbit Kaliurang berlokasi di Dusun Jambu, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman atau di sebelah utaranya The Lost World Castle. Harga tiket masuknya hanya Rp 10.000 saja. Tapi harga ini di luar biaya parkir yaitu Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Baca juga : Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Jika Wisata di Taman Kaliurang Jogja

6. Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang
Foto: Travels Promo

Taman Wisata Kaliurang menyajikan wisata alam yang menyejukkan dan memiliki banyak wahana permainan, sehingga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan juga anak-anak. Di sini terdapat fasilitas outbound, flying fox, dan juga rumah pohon Ridz High Rope. Ada juga ayunan, perosota, dan kolam renang sebagai pelengkap untuk bersenang-senang. Suasana di Taman Wisata Kaliurang sangat sejuk karena banyak pepohonan hijau yang sengaja ditanam di sana.

Lokasi Taman Wisata Kaliurang ada di Desa Hargobinangung, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Untuk bisa masuk ke tempat ini, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 2.000 untuk anak-anak atau Rp 3.000 untuk dewasa. Murah, kan?

7. Bukit Klangon

Bukit Klangon
Foto: NgetripYuk

Bukit Klangon merupakan salah satu obyek wisata di Kaliurang Jogja yang terkenal baru-baru ini, meskipun sudah dibuka sejak setelah adanya erupsi Gunung Merapi. Di tempat wisata ini kamu bisa melihat panorama indah di sekitar Gunung Merapi karena di sana terdapat gardu pandang dengan background gunung yang selalu tampak gagah tersebut. Selain gardu pandangnya, tempat wisata ini sudah memiliki area cukup luas yang disediakan untuk camping bagi para wisatawan.

Tempat wisata ini lokasinya berada di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata ini masih gratis, namun kamu perlu mengeluarkan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password