Wisata Dataran Tinggi Dieng

dieng

Dieng adalah salah satu tempat wisata dataran tinggi yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan wilayah-wilayah lainnya. Berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara kabupaten Wonosobo, lokasi wisata ini kurang lebih berjarak 30 km dari kota Wonosobo.

Dataran tinggi Dieng terletak di barat komplek antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Menurut sejarah, dataran tinggi Dieng disebut sebagai tempat para dewa dewi bersemayam.

Nama Dieng sendiri diambil dari bahasa Kawi yaitu “di” yang artinya tempat atau gunung dan “Hyang” yang artinya dewa.

Sehingga kawasan ini berarti daerah pegunungan tempat dewa dewi tinggal.

  1. Telaga Warna

dieng

 

Telaga warna adalah tempat wiasata terfaforit wisata Dieng Wonosobo. Nama Telaga Warna diambil karena telaga ini memiliki warna yang bermacam-macam.

  1. Bukit Sikunir

dieng

Kamu Ingin melihat Golden sunrise?

Datang lah ke Bukit Sikunir. Bukit ini adalah bukit yang terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai tempat berburu Golden sunrise.

 

Bukit Sikunir terletak di Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah.

  1. Sumur Jalatunda

dieng

Sumur Jalatunda berada di Desa Pekasiran, Kecamatan Bantur, Kabupaten Banjarnegara, kurang lebih sekitar 12 km di sebelah barat lokasi wisata.

Sumur Jalatunda ini dulunya adalah sebuah kawah yang kemudian digenangi oleh air dengan diameter 90 meter dan kedalaman lebih dari 200 meter. Karena air yang menggenang ini ceruk tersebut disebut sebagai sumur.

  1. Kawah sikidang

Dataran tinggi Dieng Wonosobo memiliki lokasi kawah yang indah, diantaranya adalah Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, dan Kawah Sileri yang semuanya masih aktif.

dieng

Kawah Sikidang adalah salah satu kawah aktif di Dieng dan berlokasi di wilayah timur. Pemandangan di sekitar kawah ini sangat indah, perpaduan hamparan bukit hijau dan tanah kapur di sekitar tanah kawah. Sesekali terdapat semburat asap belerang yang menyengat, kamu bisa membeli masker disini karena bau belerang yang menyengat.

Diberi nama Sikidang karena kolam magma ini sering berpindah – pindah seperti Kidang (bahasa Jawa untuk Kijang).

Gejolak magma di kawah sikidang ini juga cukup tinggi, antara setengah hingga satu meter.

  1. Komplek Candi Arjuna

Candi adalah sebuah simbol wisata di daerah Dieng. Candi jugalah yang membuat tempat yang sakral. Di sini terdapat banyak jenis Candi Hindu yang tersebar di berbagai lokasi.

Candi – candi yang ada di Dieng diberi nama sesuai dengan tokoh Mahabarata, Yaitu Candi Bima, Arjuna, Gatot Kaca, Srikandi.

Model bangunan candi di sini mirip dengan bentuk candi di India dengan ciri khas arca dan relief yang menghiasi bangunan dalam candi.

Baca Juga : Pulau Alor Wisata Bahari yang Menakjubkan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password