Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Mata Jitu Sumbawa

Rate this post

EnaknyaKemana.com – NTB atau yang memiliki kepanjangan Nusa Tenggara Barat ini merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali wisata dengan keindahan alam yang tak tertandingi. Wisata alam di NTB bahkan namanya sudah tersohor hingga ke luar negeri. Ada salah satu kabupaten di NTB yang menyimpan keindahan alam menakjubkan dan pasti membuat banyak orang kagum ketika mengunjunginya. Bukan Lombok, melainkan Sumbawa. Sumbawa terkenal akan objek wisata alamnya yang beragam dan menyuguhkan panorama alam menakjubkan. Salah satu keindahan yang diberikannya adalah Air Terjun Mata Jitu.

Wisata Air Terjun Mata Jitu ini sangat unik dan berbeda dari kebanyakan air terjun lainnya. Selain itu, panorama alam yang disuguhkan di lokasi air terjun ini juga sangat menakjubkan, tak heran banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk mengunjunginya. Berkat keindahan dan juga keunikannya, air terjun ini bahkan sampai terkenal hingga ke mancanegara. Penasaran dengan wisata Air Terjun Mata Jitu satu ini? Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Mata Jitu Sumbawa

Informasi seputar wisata Air Terjun Mata Jitu

Wisata Air Terjun Mata Jitu Sumbawa

Seperti yang dikatakan di atas, bahwa wisata Air Terjun Mata Hitu yang ada di Sumbawa ini namanya sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan air terjun tersebut memiliki julukannya sendiri, yakni dijuluki sebagai Queen Waterfall. Tentu tak sembarangan julukan tersebut didapatkan oleh wisata air terjun yang ada di Sumbawa ini. Tak lain karena memang keindahan yang diberikannya.

Berbeda dengan air terjun pada umumnya, dilokasi ini anda akan menemukan beberapa undakan yang merupakan aliran dari ir terjun tersebut. Setiap undakan memiliki cekungan sehingga membentuk seperti kolam namun lebih alami. Airnya mengalir pada setiap undakan sehingga akan memberikan kesan keindahan sendiri jika dipandang daru ujung air terjun.

Ada sekitar 7 kolam air alami yang ada di bawah air terjunnya, sangat pas untuk memuaskan diri berenang disana. Selain itu, terdapat pula 4 undakan yang menambah kesan cantik dari air terjun satu ini. Airnya sangatlah bersih dan jernih, dikarenakan air tersebut berasal dari sumber alami.

Baca juga : Catat! Ini Manfaat Yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Berkunjung ke Air Terjun

Tak hanya airnya, keindahan juga didapat dari hiasan bebatuan yang bertumpuk alami yang ada di lokasi air terjun tersebut. Bebatuan tersebut bukanlah bebatuan sembarang, melainkan bebatuan yang terbentuk dari paduan stalagtit dan stalagmite. Ukurannya cukup beragam dan memberikan kesan yang sangat alami.

Lain dari itu, disekitar area air terjun juga terdapat pepohonan hijau yang rindang, semakin memberika kesan keasrian dari lokasi wisata satu ini. Kesan alami dan asri akan memberikan ketenangan sendiri bagi pikiran. Penat yang selama ini membebani pikiran anda, akan segera hilang berkat keindahan yang diberikannya.

Lokasi dan rute menuju wisata Air Terjun Mata Jitu

Wisata Air Terjun Mata Jitu Sumbawa

Untuk lokasinya sendiri, wisata Air Terjun Mata Jitu atau Queen Waterfall ini lebih tepatnya berada di Dusun Oiromu, Labuhan Aji, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Untuk rute perjalanannya sendiri, anda bisa menempuhnya melalui Desa Ai Bari dan menyewa perahu di sana. Perjalan akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan laut, nantinya anda akan sampai di desa lokasi air terjun. Dari sini anda bisa melalui perjalanan darat menggunakan motor atau dengan berjalan kaki. Jika berjalan kaki, anda akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1.5 jam menyusuri hutan di Pulau Moyo.

Baca juga : 3 Air Terjun Unik di Dunia, Pernah Datangi?

Harga tiket masuk wisata Air Terjun Mata Jitu

Wisata Air Terjun Mata Jitu Sumbawa

Dan untuk masalah harga tiket masuk ke wisata Air Terjun Mata Jitu ini cukup murah. Anda hanya perlu membayar sewa perahu yang dibanderol sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 70 ribu. Satu perahu biasanya akan mampu menampung sekitar 20 orang. Anda yang ingin menghabiskan waktu yang lama di sana, bisa menyewa penginapan yang tak jauh dari lokasi tersebut.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password