Waitomo Glowworm Caves : Wisata Bersama Cacing Cantik Penghuni Goa

Waitomo Glowworm Caves

Enaknyakemana.com – Waitomo Glowworm Caves merupakan goa yang berada di wilayah Pulau Utara, Selandia Baru 12 km barat laut dari Te Kuiti. Waimoto sendiri berasal dari kata Wai yang berarti air dan Tomo yang berarti doline atau lubang pembuangan, sehingga Waimoto memiliki arti air yang melewati sebuah lubang. Konon goa ini terbentuk karena diukir oleh aliran sungai bawah tanah yang mendesak melewati batu gamping lunak selama ribuan tahun. Stalaktit banyak menggantung di langit – langit begitu pula stalagmit yang muncul dari lantai goa membentuk kerucut – kerucut lancip dari bebatuan berlapis yang dibentuk oleh tetesan air berabad – abad lamanya.

Wisata Waitomo Glowworm Caves

Waitomo Glowworm Caves

Waitomo Glowworm Caves secara resmi dibuka untuk umum pada tahun 1889 dengan biaya yang sangat murah. Tane Tinorau dan istrinya merupakan pemandu pertama bagi wisatawan yang datang ke lokasi tersebut. Setelah pemerintah mengetahui keberadaan goa tersebut, kemudian pengelolaan goa diambil alih oleh pemerintah pada tahun 1906 dan selalu dicek kelayakannya.

Baca juga : Liburan ke New Zealand? Ini 4 Objek Wisata yang Mesti Anda Kunjungi

Waitomo Glowworm Caves

Pada atap goa ini terlihat bercahaya biru seperti bintang – bintang di langit. Saat memasuki goa ini, pengunjung seakan melihat berjuta bintang yang berkelip – kelip di alam bebas. Cahaya biru ini akan terlihat jelas saat keadaan sekitar gelap.

Waitomo Glowworm Caves

Cahaya biru tersebut bukanlah sebuah lampu yang dipasang di dalam goa, melainkan sekelompok Glowworm (Arachnocampa luminosa) yaitu sejenis nyamuk yang berukuran kecil.

Baca juga : 3 Pilihan Moda Transportasi ini Bisa Menjadi Rekomendasi Transportasi Selama Liburan di New Zealand

Waitomo Glowworm Caves

Arachnocampa luminosa pada tahap larva dan imago menghasilkan cahaya pada tubuhnya. Larva ini merupakan karnivora yang akan makan serangga yang terjebak dalam jebakannya.

Glowworm ini juga membentuk stalaktit dari tetesan air yang melekat pada jaring – jaring yang mereka bentuk. Keindahan goa ini akan terlihat saat glowworm bergerak, karena akan seperti bintang yang berkedip. Glowworm mengandung bahan kimia yang akan bersinar saat bereaksi dengan oksigen. Glowworm menggunakan cahayanya untuk menarik serangga lain untuk melekat pada jebakan mereka dan akan memakannya pada malam hari. Jebakan mereka berupa benang tipis yang tak pernah kering atau rusak karena kelembaban yang tinggi di dalam goa. Glowworm ini menjadi daya tarik utama pada goa ini.

Waitomo Glowworm Caves

Di dalam goa mengalir sungai bawah tanah. Untuk masuk dan berkeliling goa ini ada dua alternatif yaitu bisa dengan jalan kaki atau naik perahu karet. Anda juga bisa menikmati arung jeram di dalam goa menggunakan ban yang biasa disebut Black Water Rafting (BWR). Anda bisa merasakan sensasi mengapung di sungai di dalam goa dengan arus yang deras dan sungainya yang dangkal. Saat aliran sungai deras, maka pengunjung akan merasakan sensasi terseret sungai, tapi saat arus lambat pengunjung akan merasakan mengapung santai di sungai. Terdapat juga beberapa titik sungai yang dangkal dan sempit sehingga kita perlu sedikit merangkak ke dasar goa ditemani kelamnya goa dengan suara gemuruh air terjun dalam tanah. Pengunjung juga bisa menikmati goa dengan flying fox.

Baca juga : Ingin Liburan Super Hemat ke Luar Negeri? Ini 4 Rekomendasi Hotel dengan Harga Terjangkau di New Zealand

Waitomo Glowworm Caves

Cara terbaik menyusuri goa ini adalah dengan perahu karet yang akan mengapung di sungai sepanjang 250 meter. Pengunjung akan merasakan sensasi seperti mengapung di lautan dengan pemandangan bintang. Glowworm akan bercahaya baik di siang ataupun malam, namun untuk melihat yang menakjubkan pengunjung harus masuk lebih dalam karena semakin dalam maka goa akan semakin gelap dan glowworm akan semakin melimpah.

Waitomo Glowworm Caves

Pengunjung yang ingin menikmati goa ini akan dikenakan biaya NZD 48 atau sekitar Rp. 380.000,00 untuk orang dewasa dan NZD 21 atau sekitar Rp. 166.000,00 untuk anak usia 4 hingga 14 tahun. Wisata goa ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 waktu setempat. Pengunjung akan ditemani seorang pemandu yang akan menemani mengelilingi goa.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password