Mitos atau Fakta, Travelling Bisa Mengubah Perspektif Seseorang?

Travelling Bisa Mengubah Perspektif Seseorang
Rate this post

Enaknyakemana.comTravelling bukan hanya kegiatan yang menyenangkan tetapi juga bermanfaat. Manfaatnya, tidak hanya terbatas pada manfaat jangka pendek tetapi juga jangka panjang.

Salah satu manfaat jangka panjang travelling adalah bisa mengubah perspektif seseorang tentang segala sesuatu terkait kehidupannya. Berikut adalah empat fakta travelling bisa mengubah perspektif seseorang tentang hidup.

Travelling Bisa Mengubah Perspektif Seseorang

1. Mengajarkan Nilai Pertemanan

Travelling Bisa Mengubah Perspektif Seseorang

Manfaat travelling pertama yang bisa mengubah perspektifmu tentang hidup adalah mengajarkan nilai pertemanan. Saat melakukan travelling, kamu akan jauh dari keluarga dan orang-orang terdekatmu. Saat itulah kamu akan merasa bahwa tidak ada orang lain yang bisa membantumu saat kesulitan selain teman perjalananmu.

Itulah mengapa, saat melakukan travelling kamu sejatinya juga tengah belajar nilai pertemanan. Saat jauh dari zona nyaman seperti keluarga, kamu akan mengerti betapa arti teman sangat berharga.

2. Mengajarkan Kesabaran

Travelling Bisa Mengubah Perspektif Seseorang

Manfaat traveling berikutnya yang bisa mengubah perspektifmu tentang hidup adalah mengajarkan kesabaran. Saat sedang melakukan traveling, kamu dituntut untuk efisien. Pasalnya, kamu harus menyesuaikan semua kebutuhanmu dengan budget yang kamu miliki.

Kamu harus bisa memilih dan memilah dengan baik, mana kebutuhan yang harus kamu prioritaskan dan mana kebutuhan yang bisa kamu tunda. Tindakan memaksa diri untuk efisien inilah yang akan membuatmu lebih bersabar, tidak hanya saat masih sedang melakukan travelling, tetapi juga saat setelah kamu pulang ke rumah dan kembali pada rutinitas pekerjaanmu.

Baca juga : Cara Mengisi Waktu Liburan Agar Jauh Lebih Menyenangkan

3. Mengajarkan Berani Meminta Bantuan dan Rela Memberi Bantuan

Travelling Bisa Mengubah Perspektif Seseorang

Manfaat travelling ketiga yang bisa mengubah perspektifmu tentang hidup adalah mengajarkan berani meminta bantuan dan rela memberi bantuan. Ada kalanya travelling yang kamu rencanakan tidak berjalan dengan baik.

Kamu misalnya, bisa saja kecopetan di tengah jalan sehingga uangmu habis dan membutuhkan bantuan segera. Jika hal ini terjadi, kamu harus berani meminta bantuan bahkan kepada orang yang tidak pernah kamu kenal sebelumnya.

Sebaliknya, kamu juga harus rela membantu jika ada traveler lain yang membutuhkan bantuanmu. Dua hal itu akan mengubah menumbuhkan perspektif bahwa dalam hidup, manusia sejatinya harus saling membantu satu sama lain.

4. Mengajarkan Rendah Hati

Travelling Bisa Mengubah Perspektif Seseorang

Manfaat travelling keempat yang bisa mengubah perspektifmu tentang hidup adalah mengajarkan kerendahan hati. Pasalnya, saat melakukan travelling kamu akan mengetahui betapa besar dan berwarnanya dunia ini, dihuni oleh milyaran orang dengan ciri fisik dan kebudayaan yang berbeda-beda.

Semua itu semestinya akan membuatmu rendah hati, terhindar dari sikap sombong, karena sadar bahwa kamu hanya entitas kecil jika dibandingkan dengan banyaknya jumlah manusia di dunia.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Travelling Digemari Generasi Milenial!

5. Mengajarkan Berpikiran Terbuka

Travelling Bisa Mengubah Perspektif Seseorang

Manfaat travelling terakhir yang bisa mengubah perspektifmu tentang hidup adalah mengajarkan berpikiran terbuka. Saat melakukan travelling, kamu biasanya akan mengunjungi tempat-tempat baru.

Di sana, kamu juga akan bertemu dengan orang-orang baru, dengan kebudayaan-kebudayaan yang tidak jarang baru kamu kenal. Hal itu akan membuat pikiranmu semakin terbuka. Kamu akan lebih menghargai perbedaan, tidak mudah menghakimi, dan senantiasa berusaha memahami.

Itulah lima fakta travelling bisa mengubah perspektif seseorangu tentang hidup. Oleh karena itu, pandangan bahwa travelling bisa mengubah perspektif seseorang bukan sekedar mitos. Untuk mewujudkan itu semua, ada baiknya kamu juga perlu melakukan travelling dalam waktu dekat.

Tunggu apalagi, segera rancang liburan berkesan bersama agen travel terpercaya via.id. Via Indonesia telah dipercaya selama bertahun-tahun sebagai partner perjalanan yang murah, terpercaya, serta memiliki ragam pilihan.

Sudah saatnya kamu mengambil jeda untuk berlibur, dan siapa lagi yang mampu menawarkan harga terendah untuk liburan super berkesan, kalau bukan via.id. Install aplikasi Via Indonesia di ponselmu dan peroleh potongan harga IDR 25k untuk tiket penerbangan pertama yang kamu pesan. Menarik, bukan?

 

Sumber image : casciscus, ytimg, outloudaudiobooks, psychologicalscience, oars, vietnampackagetravel

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password