Terungkap, Tips Memilih Makanan Halal Saat Travelling ke Luar Negeri

Tips Memilih Makanan Halal Saat Travelling ke Luar Negeri

Enaknyakemana.com – Kuliner tidak akan pernah lepas dari daftar kegiatan saat travelling ke suatu tempat baik di dalam maupun luar negeri. Namun, memilih makanan bukan hal yang mudah terutama bagi kita yang menganut agama Islam karena harus selalu melihat aspek halal dan haram makanan yang akan kita makan.

Bila kita berkunjung ke negara yang memiliki masyarakat Islam minoritas tentu akan sangat sulit menemukan makanan halal karena beberapa makanan akan memiliki campuran minyak babi, alkohol dan beberapa bahan yang diharamkan untuk dimakan.

Berikut ini adalah sedikit tips memilih makanan halal saat travelling ke luar negeri yang bisa kamu gunakan versi via.id.

Tips Memilih Makanan Halal Saat Travelling ke Luar Negeri

1. Cari Restoran Halal

Tips Memilih Makanan Halal Saat Travelling ke Luar Negeri

Mencari restoran halal adalah salah satu cara yang ampuh untuk mendapatkan makanan halal yang kita butuhkan. Kita bisa mendapatkan restoran-restoran halal ini dengan mencarinya di internet atau bertanya pada masyarakat lokal yang ada terutama orang-orang yang kamu temui di masjid.

Mereka akan dengan senang hati menunjukkan restoran halal tersebut kepadamu. Jika memang sulit mencari restoran halal, kamu bisa memilih restoran lainnya dan menanyakan terlebih dahulu kandungan bahan masakan yang digunakan.

Baca juga : Rekomendasi 5 Kuliner Halal di Brisbane yang Akan Manjakan Lidahmu

2. Konsumsi Seafood

Tips Memilih Makanan Halal Saat Travelling ke Luar Negeri

Seafood juga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat jika mencari restoran halal sangat sulit dilakukan. Semua hewan laut halal untuk dikonsumsi meskipun bangkai sekalipun, oleh karenanya seafood bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun kamu juga perlu hati-hati dalam memilih seafood, karena meskipun seafood itu halal biasanya bahan yang digunakan untuk memasak justru menggunakan bahan yang haram seperti menggunakan alkohol dan minyak babi.

Untuk menghindarinya maka kamu bisa memesan khusus menggunakan minyak zaitun atau minyak nabati lainnya sebagai pengganti minyak babi yang digunakan serta mintalah untuk tidak mencampurkan alkohol dalam masakan.

3. Makanan Vegetarian

Tips Memilih Makanan Halal Saat Travelling ke Luar Negeri

Selain seafood kamu juga bisa memilih makanan vegetarian seperti salad, roti ataupun sayuran lainnya yang tidak menggunakan campuran daging-daging yang menurut akidah islam termasuk ke dalam makanan haram seperti daging babi atau daging binatang buas dan daging hewan yang disembelih tanpa menyebut nama Allah. Makanan vegetarian ini akan dengan mudahnya kita jumpai di manapun baik restoran maupun kedai-kedai pinggir jalan.

Tips Memilih Makanan Halal Saat Travelling ke Luar Negeri

Selain vegetarian kamu juga bisa mengganti air minum mu dengan jus buah atau susu baik hewani maupun nabati untuk menghindari minuman dari alkohol. Tetap juga perhatikan bahan-bahan yang digunakan untuk memasak, apakah mengandung kandungan minyak babi dan khamar atau wine (alkohol) atau tidak. Untuk kudapan pinggir jalan kamu bisa membeli makanan yang berbahan dasar nabati seperti kentang atau gandum tergantung selera.

Baca juga : Tips Mengenali Makanan Halal Ketika Travelling di Jepang

4. Membeli Bahan Mentah di Pasar dan Memasaknya Sendiri

Tips Memilih Makanan Halal Saat Travelling ke Luar Negeri

Tips memilih makanan halal saat travelling ke luar negeri yang terakhir adalah kamu bisa membeli bahan mentah di pasar kemudian memasaknya sendiri di rumah. Kamu bisa pergi ke pasar lokal untuk membeli ikan laut, buah dan sayur serta bahan-bahan masakan lain yang tidak mengandung campuran minyak babi dan alkohol.

Dengan memasak sendiri di penginapan tentu akan menciptakan makanan yang sehat dan juga halal yang aman dan relatif murah meskipun terkesan sedikit ribet dibandingkan membeli makanan jadi di luar.

Itulah beberapa tips memilih makanan halal saat travelling ke luar negeri. Tak hanya memilih makanan halal saat travelling ke luar negeri, kamu pun perlu mempersiapkan perjalanan yang menyenangkan hanya bersama via.id. Kunjungi situs via.id untuk mendapatkan penawaran harga terbaik seputar liburan, mulai dari tiket pesawat, kereta api, bus, hotel hingga paket wisata.

Temukan promo liburan setiap harinya di via.id/promo untuk tiket pesawat dan hotel atau penginapan domestik maupun mancanegara. Manfaatkan pula fitur calendar fare untuk mengecek tanggal terbaik untuk harga tiket pesawat termurah di via.id/flights-ticket.

Yuk tunggu apalagi! Rencanakan liburanmu bersama via.id agar liburan menjadi lebih nyaman dan tenang tanpa takut adanya biaya tambahan selama travelling ke seluruh tempat di dunia.

 

Sumber image : travelingyuk, ohelterskelter, taste, netdna-ssl, creationwines, freshoffthegrid

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password