5 Tips Agar Liburan Tetap Menyenangkan Meski Musim Penghujan

Tips Agar Liburan Tetap Menyenangkan Meski Musim Penghujan

Enaknyakemana.com – Mendekati penghujung tahun, Indonesia bersiap memasuki musim penghujan. Hujan yang mengguyur hampir setiap hari pada musim penghujan tentu menjadi kendala tersendiri bagi Anda yang ingin liburan. Jadwal liburan yang telah Anda rencanakan dengan baik bisa saja berantakan karena guyuran hujan. Apalagi jika liburan itu mengambil tempat di lokasi-lokasi luar ruangan. Tentu akan sangat merepotkan.

Namun, jangan khawatir. Liburan sebenarnya tetap bisa menyenangkan meski pada musim penghujan. Kuncinya adalah persiapan yang matang dalam menghadapi guyuran hujan yang kerap datang tiba-tiba. Berikut adalah lima tips agar liburan tetap menyenangkan meski musim penghujan.

5 Tips Agar Liburan Tetap Menyenangkan Meski Musim Penghujan

1. Pantau Prakiraan Cuaca

Tips Agar Liburan Tetap Menyenangkan Meski Musim Penghujan

Saat hendak berlibur pada musim penghujan, Anda sebaiknya memantau prakiraan cuaca. Ini adalah tips pertama yang bisa Anda lakukan supaya liburan Anda tidak terganggu guyuran hujan. Anda bisa mengetahui prakiraan cuaca melalui website resmi BMKG (Badan Meteorologi dan Geofisika) atau di media-media lain. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui prakiraan cuaca lewat layanan Google yang terinstal di perangkat genggam Anda. Selalu pilih yang agak baik saat Anda ingin beraktivitas di luar ruangan.

2. Sedia Payung dan Jas Hujan

Tips Agar Liburan Tetap Menyenangkan Meski Musim Penghujan

Pastikan payung dan jas hujan selalu tersedia dalam tas Anda saat Anda akan liburan pada musim penghujan. Seperti kata peribahasa “sedia payung sebelum hujan”, keduanya penting untuk berjaga-jaga. Sehingga, ketika hujan datang tiba-tiba, Anda tetap bisa menjelajah tempat wisata satu ke tempat wisata lain tanpa takut kebasahan.

Jika Anda lebih memilih menggunakan jas hujan ketimbang payung, pastikan jas hujan yang Anda gunakan bisa menunjang mobilitas Anda. Jangan sampai jas hujan justru akan merepotkan Anda.

Baca juga : Tips Jitu Agar Liburan Bersama Pasangan Jadi Lebih Berkesan

3. Perhatikan Pakaian

Tips Agar Liburan Tetap Menyenangkan Meski Musim Penghujan

Pada musim penghujan, suhu udara umumnya lebih dingin ketimbang biasanya. Maka, saat hendak liburan pada musim ini, sebaiknya perhatikan pakaian Anda. Persiapkan pakaian yang bisa menghangatkan tubuh seperti sweater atau jaket. Selain itu, persiapkan pula pakaian ganti sebagai antisipasi jika pakaian Anda basah karena kehujanan.

Sebagai alas kaki, Anda sebaiknya memilih sandal ketimbang sepatu. Pasalnya, sandal biasanya dirancang lebih cocok digunakan pada medan basah kletimbang sepatu. Jangan lupa sediakan kantong plastik untuk menampung pakaian basah Anda setelah kehujanan.

4. Utamakan Destinasi Indoor

Tips Agar Liburan Tetap Menyenangkan Meski Musim Penghujan

Saat musim penghujan, Anda sebaiknya mengutamakan destinasi wisata dalam ruangan (indoor) ketimbang luar ruangan (outdoor). Meski tidak mustahil liburan outdoor saat musim penghujan, tetapi tentu pengalaman yang Anda dapatkan tidak akan lebih menyenangkan jika Anda berlibur pada musim kemarau.

Untuk itu, destinasi wisata indoor seperti museum, galeri seni, pusat perbelanjaan, bisa menjadi alternatif Anda. Terlebih pengalaman liburan ke museum, galeri seni, atau pusat perbelanjaan juga tidak kalah menyenangkan dengan liburan outdoor seperti mendaki gunung atau berenang di pantai.

Baca juga : Tips Ciptakan Liburan yang Lebih Bermakna, Kamu Harus Coba!

5. Jaga Kesehatan

Tips Agar Liburan Tetap Menyenangkan Meski Musim Penghujan

Pada musim penghujan, tubuh biasanya mudah terserang penyakit, seperti flu. Untuk itu, supaya liburan Anda tidak terganggu selama musim penghujan Anda sebaiknya menjaga kesehatan dengan cara makan minum dan istirahat cukup. Sembari liburan Anda misalnya juga bisa berburu makanan dan minuman hangat yang menjaga kesehatan Anda tetap prima.

Itulah lima tips agar liburan tetap menyenangkan meski musim penghujan. Kapanpun akan merancang liburan, merencanakan liburan yang seru dan berkesan tidak bisa sembarangan! Percayakan setiap detail akomodasi liburanmu hanya bersama via.id.

Situs via.id menawarkan banyak penawaran menarik, mulai dari tiket pesawat, kereta api, hotel, penginapan, hingga paket wisata. Soal harga, jangan ditanya. Karena hanya via.id yang menawarkan potongan harga untuk tiap transaksi setiap harinya!

Kamu juga bisa mendapatkan promo menarik untuk perjalanan domestik maupun mancanegara di via.id/promo. Manfaatkan fitur-fitur menarik mulai dari Calendar Fare untuk memperoleh tiket super terjangkau berdasarkan tanggal, serta ketersediaan semua informasi yang berada dalam satu tampilan, sehingga memudahkanmu dalam bertransaksi. Menarik, bukan?

Tunggu apalagi, rancang segera liburan hematmu ke seluruh tempat menarik di dunia hanya bersama via.com.

 

Sumber image : travel-aja, wccftech, beautifulupheaval, lonelyplanet, amazonaws, salacioussound

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password