5 Tempat Wisata di Purwakarta yang Instagramable dan Jarang Diketahui

Tempat Wisata di Purwakarta Instagramable dan jarang diketahui

Enaknyakemana.com – Purwakarta merupakan salah satu kabupaten kawasan Sunda yang berdekatan dengan tiga daerah yang cukup ramai, yaitu Jakarta, Bandung dan Cirebon. Wajar apabila banyak pengunjung dari daerah terdekat yang merencanakan liburan ke tempat wisata di Purwakarta.

Kabupaten tempat pahlawan Kusumah Atmaja ini berada di sekitar 80 km di Tenggara Jakarta dan 60 km dari Bandung. Nama Purwakarta diambil dari dua kata “purwa” yang berarti permulaan dan “karta” berarti hidup atau ramai. Nama ini disematkan pada tahun 1834 pasca pemindahan ibukota Wanayasa ke Sindang Kasih.

Terdapat banyak tempat wisata di Purwakarta, mulai dari Waduk Jatiluhur, Waduk Cirata sampai Sumber Air Panas Ciracas. Namun kali ini akan mengulas tempat wisata yang instagramable dan masih jarang diketahui banyak orang. Anak jaman now dan kalangan milenial wajib banget tahu tempat piknik berikut ini!

1. Air Mancur Sri Baduga

Tempat wisata di Purwakarta yang instagramable
Foto: via topreneur.id

Alamat: Negeri Kidul, Purwakarta, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat 41111.

Jam buka: Pertunjukan air mancur setiap Sabtu pukul 18:00–24:00 WIB.

Tiket: Gratis.

Pasti di antara Anda baru tahu kan dengan tempat keren yang satu ini? Indonesia patut bangga memiliki air mancur terbesar di Asia Tenggara ini. Dengan kata lain air mancur di Purwakarta ini mampu mengungguli Time of Wings yang ada di Singapura.

Bukan sekedar air mancur biasa, tetapi juga dilengkapi dengan atraksi air mancur yang digelar setiap hari Sabtu pukul 19:30 WIB. Sedangkan pada hari-hari biasa dibuka sebagai tempat berekreasi atau olahraga tanpa ada pertunjukan.

Sebelum menjadi air mancur populer seperti sekarang, Taman Air Sri Baduga sering disebut Taman Situ Buleud karena bentuknya yang melingkar di tengah taman. Pasca modifikasi, tempat ini menjadi pemandangan sangat menakjubkan saat tari air mancur digelar. Penampakannya sedikit mirip dengan taman air mancur di Danau Burj Khalifa, Dubai. Bangga donk kalau bisa berfoto di depan Air Mancur Sri Baduga.

2. Bukit Panenjoan

Tempat wisata di Purwakarta Bukit Panenjoan
Foto: via instagram.com/wisata_karti

Alamat:  Jl. Wanayasa Bojong Sawit, Darangdan, Sindangpanon, Bojong, Sindangpanon, Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat 41163.

Jam buka: Sabtu-Kamis 09:00–17:00 WIB, Jum’at Tutup.

Tiket: Rp5.000/orang dewasa, Rp3.000/anak.

Objek wisata di Purwakarta kali ini tepatnya di Kampung Cinangka memberikan pengalaman piknik di tengah udara segar dan perbukitan dengan jembatan bambu yang panjang. Lanscape hijau pegunungan, bukit dan pepohonan mampu memuaskan pandangan para pengunjung, terlebih anak muda yang sudah pasti seneng foto-foto.

Oleh karena itu, tanpa kamera sepertinya perjalanan Anda terasa kurang lengkap karena di kawasan wisata ini terdapat banyak spot yang instagramable banget. Seperti sarang burung, menara pandang, balkon bambu, replika sayap burung dan bambu love. Jadi, pastikan Anda membawa kamera terbaik Anda sebelum memutuskan liburan ke Bukit Panenjoan Purwakarta.

3. Gunung Bongkok


Foto: via explorewisata.com

Alamat: Cisarua, Tegal Waru, Purwakarta, Jawa Barat.

Jam buka: Setiap hari (tak ada jam buka yang baku).

Tiket: Rp5.000 untuk masuk, Rp10.000 untuk gardu pandang.

Lokasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang gemar mendaki gunung. Siapkan stamina dan tubuh yang sehat terlebih dahulu untuk mencapai ketinggian 975 meter di atas permukaan laut yang akan cukup melelahkan.

Namun tenang saja, semua kelelahan itu akan benar-benar terbayar setelah mencapai puncak gunung yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 90 menit tersebut. Sangat dianjurkan mencapai puncak saat sore hari agar Anda dapat menikmati sunset yang menakjubkan dan pastinya menjadi kenangan berharga yang dapat Anda abadikan di album instagram Anda.

4. Giri Tirta Kahuripan


Foto: via nativeindonesia.com

Alamat: Jl. Raya Wanayasa, RT13 RW04, Ds. Taringgul Tonggoh, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta, Jawa Barat 41174.

Waktu buka: Setiap hari pukul 08:00–17:00 WIB.

Tiket: Rp25.000 masuk lokasi, Rp60.000 kolam renang.

Mungkin Anda sering mendengar berbagai tempat wisata “negeri di atas awan” bertema pegunungan dan hutan. Di Giri Tirta Kahuripan, Anda akan disuguhkan pemandangan “negeri di atas awan” yang berbeda karena kawasan tersebut merupakan kolam renang dengan pemandangan sangat indah bak penduduk langit yang melihat pelataran bumi. Kolam tersebut merupakan salah satu bagian dari agrowisata Resort Giri Tirta Kahuripan, yaitu kawasan wisata yang menyajikan beragam titik wisata, hotel, restoran dan kawasan outbond di dalamnya.

Jaraknya berada 20 km dari pusat kota, sangat pas untuk mendapatkan suasana yang lebih hening dari suara mesin dan gemuruh klakson jalan raya. Ditambah lagi kawasannya berada 500 meter di atas permukaan laut. Selimut kabut tipis menjadikan suasana “negeri di atas awan” semakin sempurna.

Baca juga: Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Wisata Sasak Panyawangan Purwakarta

5. Kuburan Gerbong Kereta Api Purwakarta


Foto: via travel.tribunnews.com

Alamat: Jl. Kolonel Sungawinata No. I, Nagri Tengah, Purwakarta, Jawa Barat 41114.

Waktu buka: Setiap hari (tak ada jam buka yang baku).

Tiket: Gratis.

Satu lagi destinasi wisata Purwakarta yang menarik perhatian saat diunggah di dunia maya karena pemandangannya yang cukup unik. Kuburan Gerbong Kereta Api Purwakarta, demikian sering disebut-sebut para pengunjung lokasi ini. Bagi Anda yang menginginkan suasana baru saat liburan, bukan gunung, bukan juga pantai maka lokasi ini sangat tepat rasanya untuk dikunjungi sebagai tambahan koleksi foto di album instagram Anda.

Disebut dengan kuburan karena lokasi ini merupakan tempat peristirahatan terakhir kereta api pasca lelah beroperasi di rute Jabodetabek. Ternyata kata kuburan dan rongsokan tidak selamanya berarti kotor dan jorok. Buktinya, tumpukan gerbong kereta api ini malah menjadi spot menarik untuk selfie anak-anak muda yang memiliki hobi hunting di akhir pekan.

Baca juga: Tantang Adrenalin dengan Olahraga Rock Climbing di Gunung Parang Purwakarta

Gimana? Beberapa tempat wisata di Purwakarta yang telah dipaparkan di atas pasti telah membuat kaki Anda menjadi gatal bukan? Terlebih sebentar lagi suasana liburan, sangat cocok apabila Anda merencanakan liburan dari sekarang.

Featured image: via tripzilla.id

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password