10 Tempat dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah di Dunia

Pemandangan Bawah Laut Terindah di Dunia

Enaknyakemana.com – Beberapa tempat paling keren di planet ini ada di bawah laut. Pemandangan yang menakjubkan dan kehidupan bawah laut yang melimpah membuat tempat-tempat ini layak untuk dijelajahi. Berikut beberapa tempat di dunia yang memiliki pemandangan bawah laut terindah. Beberapa diantaranya juga merupakan tempat snorkeling dan diving terbaik.

Tempat-Tempat dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah di Dunia

1. Bunaken, Raja Ampat, Wakatobi, Pulau Komodo (Indonesia)

Indonesia terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, masing-masing memiliki ciri khas berbeda baik di atas maupun di bawah air. Sebagai bagian dari Segitiga Terumbu Karang atau Coral Triangle yang dianggap oleh para ahli kelautan sebagai habitat paling beragam di lautan dunia, Indonesia memiliki banyak destinasi penyelaman terbaik yang telah diakui dunia. Bunaken, Raja Ampat, Wakatobi, dan Taman Nasional Komodo adalah beberapa tempat yang bisa jadi referensi untuk kamu yang ingin melihat pemandangan terumbu karang bawah laut terindah.

Tempat dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah di Dunia - Bunaken
Pemandangan dasar laut di Bunaken (Foto: Shutterstock)
Tempat dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah di Dunia - Raja Ampat
Keindahan warna-warni di bawah laut Raja Ampat (Foto: Shutterstock)
Tempat dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah di Dunia - Wakatobi
Pemandangan bawah laut Wakatobi jadi tujuan para penyelam (Foto: Shutterstock)
Tempat dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah di Dunia - Taman Nasional Komodo
Keindahan terumbu karang di laut Taman Nasional Komodo (Foto: Shutterstock)

2. Great Barrier Reef (Australia)

Ingat dengan Great Barrier Reef yang merupakan tempat tinggal Nemo dan ayahnya di film Finding Nemo? Great Barrier Reef merupakan kumpulan terumbu karang terbesar di dunia yang terdiri dari lebih dari 2.900 terumbu individu dan 900 pulau. Tempat ini terletak di Laut Koral di lepas pantai Queensland. Struktur terumbu di Great Barrier Reef terdiri dari miliaran organisme kecil yang biasa disebut polip koral. Tempat ini telah ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1981. Jadi tak heran jika pemandangan bawah laut yang dimilikinya menjadi salah satu tujuan wajib bagi wisatawan pecinta alam bawah laut dari seluruh dunia.

Tempat dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah di Dunia - Great Barrier Reef
Keagungan Great Barrier Reef (Foto: Shutterstock)
Tempat dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah di Dunia - Great Barrier Reef
Ikan badut atau clown fish di bawah laut Great Barrier Reef (Foto: Shutterstock)

3. Laut Merah

Laut Merah merupakan sebuah teluk di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan benua Asia dengan benua Afrika. Laut Merah memiliki alam bawah laut yang menjadi habitat bagi berbagai makhluk air dan terumbu karang. Di sini juga terdapat berbagai situs bangkai kapal yang semakin menambah pengalaman dalam penjelajahan bawah laut. Terumbu karang Sha’ab Abu Nahas terkenal dengan beberapa kapal karamnya. Bangkai kapal yang paling terkenal adalah Giannis D, kapal kargo yang kandas pada tahun 1983. Pemandangan bawah laut yang indah dan unik dapat ditemukan di Ras Mohamed, Tiran, St Johns, Daedelus, Elphinstone, Brothers, dan juga Lubang Biru atau Blue Hole di Dahab yang terkenal.

Laut Merah Ras Mohammed
Keindahan kehidupan laut di Ras Mohammed, Laut Merah (Foto: Shutterstock)
Laut Merah Kapal Karam
Bangkai kapal menambah pemandangan indah di Laut Merah (Foto: Shutterstock)

Baca juga : Wisata Pantai Ini Hadirkan Pesona Air Laut yang Bercahaya di Malam Hari, Sudah Pernah Kesini?

4. Buck Island Reef National Monument (Kepulauan Virgin)

Buck Island Reef National Monument merupakan taman laut tropis di bagian timur laut dari Laut Karibia. Letaknya di lepas pantai utara St. Croix di Kepulauan Virgin, Amerika Serikat. Terumbu penghalang yang terbentuk dari karang elkhorn di sekitar kepulauan ini menawarkan formasi karang yang indah, gua, kipas laut, dan berbagai ikan tropis warna-warni.

Buck Island Reef National Monument
Beragam kehidupan di Buck Island Reef National Monument (Foto: Uncommon Caribbean)

5. Cancún Underwater Museum (Meksiko)

Cancún Underwater Museum merupakan museum di bawah laut yang menampilkan patung-patung buatan seniman Jason DeCaires Taylor. Patung-patung itu diletakkan di bawah laut dalam upaya untuk mengisi daerah dengan kehidupan laut setelah berbagai badai menghancurkan terumbu karang.

Cancún Underwater Museum
Cancún Underwater Museum, museum unik di bawah laut (Foto: The AdvenTourist)

6. Kepulauan Galápagos (Ekuador)

Terkenal sebagai inspirasi di balik teori evolusi Charles Darwin melalui seleksi alam, Kepulauan Galapagos yang terletak di sekitar 900 km dari lepas pantai Pasifik Ekuador adalah rumah bagi banyak koleksi spesies endemik. Tempat ini menawarkan pengalaman menyelam paling lengkap di dunia dengan lokasinya yang terpencil dan status pulau yang dilindungi. Di tempat ini kamu bisa menemukan hiu paus, hiu martil, singa laut, penguin, dan iguana laut.

Galápagos
Banyak koleksi spesies endemik di laut Galápagos (Foto: Shutterstock)

7. Silfra (Islandia)

Lokasi penyelaman paling terkenal di Islandia, Silfra atau Silfra Fissure, memiliki air yang sangat jernih dan tidak tercemar oleh sampah atau endapan lumpur. Di sini juga tidak ada ikan. Silfra adalah celah yang terbentuk pada batas tektonik yang berbeda antara lempeng Amerika Utara dan Eurasia dan terletak di Danau Vingvallavatn di Taman Nasional Þingvellir di Islandia. Walaupun Silfra relatif tidak dihuni oleh kehidupan laut, tempat ini dianggap sebagai salah satu penyelaman paling spektakuler di dunia.

Silfra
Lokasi penyelaman yang menenangkan di Silfra Fissure (Foto: Shutterstock)

Baca juga : Blue Grotto, Indahnya Lautan di Dalam gua yang Sayang Untuk Dilewatkan

8. Malapascua (Filipina)

Malapascua merupakan sebuah pulau kecil di lepas pantai Cebu yang terkenal di dunia untuk melihat hiu Thresher Shark. Namun selain hiu ini, Malapascua menawarkan pemandangan dasar laut yang indah dengan lebih dari 500 spesies terumbu karang dan makhluk besar lainnya seperti ikan pari manta, hiu martil, jackfish, dan barakuda. Dugong merupakan penghuni di daerah ini dan ada banyak bangkai kapal untuk dijelajahi.

Malapascua
Kehidupan laut di Malapascua, Filipina (Foto: Shutterstock)
Malapascua - Thresher Shark
Di Malapascua kita bisa melihat Thresher Shark lebih dekat (Foto: Shutterstock)

9. Underwater Waterfall (Pulau Mauritius)

Underwater Waterfall atau air terjun bawah laut di pantai Mauritius sebenarnya hanyalah ilusi optik. Air terjun ini dibuat dari pasir yang jatuh dari paparan pantai ke kedalaman laut biru yang dalam. Cara terbaik untuk mengamati ilusi yang indah ini adalah dari atas dengan pesawat atau helikopter. Tapi pemandangan bawah lautnya juga tidak kalah menakjubkan.

Underwater Waterfall
Air terjun unik di bawah laut (Foto: Shutterstock)
Underwater Waterfall Mauritius
Pemandangan bawah laut di Underwater Waterfall, Pulau Mauritius (Foto: Shutterstock)

10. Similan National Park (Thailand)

Kepulauan Similan terletak di Laut Andaman. Daya tarik utama dari Kepulauan Similan adalah pantai pasir putih dan kehidupan laut yang berlimpah. Dengan lebih dari 20 lokasi penyelaman di daerah ini, Kepulauan Similan menjadi taman bermain bagi para penyelam karena menawarkan pemandangan bawah laut seperti batu-batu granit besar, terumbu karang yang berwarna-warni, dan kehidupan laut yang beragam.

Similan National Park
Beragam kehidupan bawah laut di Similan National Park, Thailand (Foto: Shutterstock)

Nah, itu dia beberapa tempat yang menawarkan pemandangan bawah laut terindah di dunia. Melihat keindahan yang ditawarkan tempat-tempat dia atas membuat kita semakin menyadari betapa menakjubkannya alam dan kehidupan di bawah laut. Makanya, kita harus senantiasa terus melestarikannya dan jangan membuang sampah ke laut, ya…

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password