Syarat Pembuatan Paspor Anak dan Tarif Pembuatannya

Syarat Pembuatan Paspor Anak dan Tarif Pembuatannya

EnaknyaKemana.com – Tidak hanya orang tua, paspor ternyata juga diwajibkan untuk dimiliki oleh anak ketika akan berkunjung ke luar negeri. Mungkin saja kamu dan seluruh anggota keluarga ingin bepergian ke luar negeri dengan tujuan liburan atau hal lainnya. Ini tentunya dibutuhkan paspor untuk masing-masing anggota keluarga. Mengenai cara pembuatan paspor anak ini sendiri tidak terlalu berbeda jauh dengan saat membuat paspor untuk orang dewasa. Tapi demikian, yang membedakannya adalah pada persyaratan yang harus diajukan.

Syarat pembuatan paspor anak lebih spesifik dan berbeda dengan syarat bagi orang dewasa yang juga ingin membuat paspor. Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui persis apa saja persyaratan tersebut. Untuk itulah, di bawah ini akan dibahas mengenai syarat pembuatan paspor anak lengkap dengan tarif yang dibutuhkan untuk pembuatannya. Yuk langsung cek sekarang!

Syarat Pembuatan Paspor Anak dan Tarif Pembuatannya

Paspor merupakan salah satu syarat perjalanan dan juga sebagai identitas anak ketika akan berpergian keluar negeri. Entah untuk tujuan apapun, seperti liburan, mengenyam pendidikan atau tujuan lainnya, mereka butuh dan wajib memiliki paspor. Dikatakan masih anak-anak jika ia masih berumur 0-17 tahun. Anak dengan rentang umur tersebu masih belum memiliki Kartu Tanda Penduduk ata KTP yang merupakan syarat utama dalam pembuatannya.

Setidaknya syarat pembuatan paspor anak terbagi menjadi 2 kategori, yakni paspor untuk anak yang ingin melakukan perjalanan dengan kaluarga dan paspor untuk anak yang ingin melakukan perjalanan seorang diri. Syarat untuk kategori pembuatan paspor yang pertama antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua yang masih berlaku
  • Katu Keluarga (KK)
  • Akta kelahiran atau surat baptis
  • Buku Nikah orang tua. Orang tua juga harus mengisi surat pernyataan dan menandatanganinya
  • Untuk orang tua yang bercerai, diharuskan untuk melampirkan surat perceraian dan juga surat yang menyatakan hak asuh anak dari pengadilan
  • Melakukan wawancara yang harus didampingi oleh orang tua
  • Jika tujuan membuat paspor adalah untuk penggantian paspor lama, maka juga harus membawa paspor lama tersebut
  • Jika anak sudah ganti nama, maka juga wajib untuk melampirkan surat penyataan atau penetapan ganti nama

Baca juga : Cara Membuat Paspor Secara Online dan Persyaratannya

Sementara bagi anak yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri dengan tanpa didampingi orang tua atau pergi seorang diri, persyaratan yang harus dipenuhi akan berbeda. Mengenai syarat pembuatan paspor anak yang berpergian seorang diri ke luar negeri, baik untuk tujuan pendidikan atau pertukaran pelajar antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua yang masih berlaku. Atau juga surat keterangan pindah ke laur negeri
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari seseorang yang akan membawa ke luar negeri. Atau juga surat keterangan pindah ke luar negeri.
  • Paspor dari seseorag yang akan membawa ke luar negeri
  • Buku Nikah atau akte perkawinan orang tua
  • Surat pernyataan dari orang tua lengkap dengan materai. Yang dimuat adalah izin untuk pembuatan paspor anak dan izin bepergian ke luar negeri bersama orang lain.
  • Surat pernyataan dari seserang yang akan membawa ke luar negeri. Yang dimuat adalah pernyataan tanggung jawab penuh terhadap anak yang dibawa, paspor yang dimiliki anak, keberangkatan dan juga kepulangannya kembali ke Indonesia.

Baca juga : 5 Hal yang Bisa Buat Permohonan Visa Ditolak

Selain syarat pembuatan paspor anak di atas, perlu juga kamu ketahui mengenai tarif yang dibutuhkan untuk pembuatannya. Berikut daftar tarif pembuatan paspor anak, antara lain:

  • Paspor biasa baru atau penggantian berisi 24 halaman, sebesar Rp 155.000,00. Tarif ini juga berlaku untuk penggantian paspor yang rusak atau hilang namun masih berlaku.
  • Paspor biasa baru atau penggantian berisi 48 halaman, sebesar Rp 355.000,00.
  • Paspor elektronik baru atau penggantian berisi 24 halaman, sebesar Rp 655.000,00. Tarif ini juga berlaku untuk penggantian paspor yang rusak atau hilang namun masih berlaku.
  • Paspor Elektronik baru atau penggantian berisi 48 halaman, sebesar Rp 1.255.000,00.

Itulah tadi beberapa syarat pembuatan paspor anak beserta tarif yang harus dikeluarkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password