Syarat Bayi Naik Pesawat Sesuai Peraturan Maskapai Indonesia

syarat bayi naik pesawat
Rate this post

Enaknyakemana.com – Membawa bayi pergi traveling memang menjadi pengalaman yang menarik. Model transportasi seperti pesawat banyak dipilih orang tua ketika traveling bersama bayi atau anak-anak. Tidak hanya paspor dan tiket saja, orang tua juga perlu memperhatikan syarat bayi naik pesawat apabila ingin mengajak si kecil. Dalam hal ini setiap maskapai di Indonesia mempunyai peraturan yang berbeda satu sama lain.

Ada maskapai yang memperbolehkan bayi berusia 2 hari atau minimum usia 14 hari untuk naik pesawat. Untuk tiket pesawat, beberapa maskapai menentukan tarif sekian persen dari tarif dewasa, ada pula yang tidak berbayar atau gratis. Karena bayi tidak memiliki tempat duduk sendiri, maka diharuskan untuk duduk di pangkuan dewasa. Nah, berikut ini ulasan selengkapnya mengenai peraturan untuk bayi di maskapai Indonesia.

Syarat Bayi Naik Pesawat Sesuai Peraturan Maskapai Indonesia

  1. Garuda Indonesia

syarat bayi naik pesawat garuda

Syarat bayi naik pesawat untuk maskapai Garuda Indonesia, antara lain saat penerbangan bayi berusia di bawah 2 tahun atau 24 bulan. Namun, tidak di rekomendasikan untuk bayi yang berusia di bawah 7 hari setelah dilahirkan.  Bagi bayi dengan kondisi prematur dapat melakukan penerbangan dengan melengkapi MEDIF (Medical Information) yang dilaporkan kepada petugas darat.

Bayi wajib didampingi oleh satu penumpang dewasa. Terdapat pula fasilitas Baby Basinet dan bagasi gratis 10 kg untuk penumpang bayi. Tarif bayi untuk maskapai ini pun hanya mengambil 20% tarif dewasa.

  1. Citilink

syarat bayi naik pesawat citilink

Baca juga : Agar Tidak Stres Sepanjang Penerbangan, Simak Tips Naik Pesawat Berikut Ini!

Untuk maskapai Citilink, bayi direkomendasikan berusia di bawah 2 tahun (24 bulan). Bayi harus didampingi atau dipangku orang dewasa saat penerbangan, satu orang dewasa diperbolehkan hanya membawa satu bayi. Maskapai ini tidak menyediakan bagasi untuk bayi dan tidak mengizinkan untuk membawa stroller di kabin. Tiket pesawat bayi ini dikenakan 20% dari tarif orang dewasa.

  1. AirAsia

syarat bayi naik pesawat air asia

Baca juga : Biar Nggak Begah, Makanan Ini Wajib Dihindari Kalau Naik Pesawat

Selanjutnya adalah syarat bayi naik pesawat untuk maskapai AirAsia, yaitu bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat melakukan penerbangan. Diharuskan bagi orang tua untuk mendampingi bayi dan hanya boleh membawa satu bayi. Penumpang bayi akan dikenakan tarif IDR 150.000. Selain itu, maskapai tidak menyediakan fasilitas bagasi atau stroller di kabin.

  1. Sriwijaya Air dan NAM Air

syarat bayi naik pesawat sriwijaya

Baca juga : Cara Naik Pesawat Bagi Kamu yang Masih Pertama Kali

Untuk maskapai penerbangan Sriwijaya Air dan NAM Air memiliki peraturan yang sama, yaitu bayi berusia 0-23 bulan pada saat melakukan penerbangan. Usahakan lingkar pinggang bayi tidak lebih dari 40 cm serta kepala bayi sebaiknya tidak lebih tinggi dari hidung bawah pemangku. Kedua maskapai ini tidak menyediakan bagasi untuk bayi. Sedangkan untuk tiket,  penumpang bayi hanya dikenakan 10% dari tarif dewasa.

  1. Lion Air, Batik Air, Malindo dan Wings Air

syarat bayi naik pesawat batik air

Syarat bayi naik pesawat yang terakhir untuk maskapai dari Lion Grup, seperti Lion Air, Wings Air, Malindo dan Batik Air. Bayi yang berusia kurang dari 2 hari tidak direkomendasikan melakukan penerbangan. Namun, untuk bayi berusia antara 3 hingga 7 hari harus menyertakan Surat Keterangan Medis dari dokter yang diterbitkan setidaknya 72 jam sebelum keberangkatan. Selanjutnya orangtua bayi wajib menandatangani Formulir Ganti Rugi. Penumpang bayi akan dikenakan 20% dari tarif dewasa. Pihak maskapai juga tidak menyediakan bagasi untuk bayi.

Itulah ulasan mengenai syarat bayi naik pesawat di beberapa maskapai Indonesia yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui informasi tersebut, tentunya tidak akan membuat orang tua bingung ketika mengajak si kecil pergi traveling. Oleh karena itu, traveling bisa dilakukan dengan aman dan nyaman.,

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password