Simping, Pulau Terkecil di Dunia yang Sudah Diakui Oleh PBB

Simping, Pulau Terkecil di Dunia yang Sudah Diakui Oleh PBB

Enaknyakemana.com – Tahukah kamu pulau yang dinobatkan sebagai yang terkecil di dunia? Pasti sebagian dari kalian akan berpikir pulau terkecil di dunia tersebut ada di luar negeri. Jangan salah, pulau terkecil di dunia tersebut justru menjadi milik Indonesia. Nama dari pulau tersebut adalah Pulau Simping yang berlokasi di Kalimantan. Bahkan gelar sebagai pulau terkecil di dunia tersebut sudah diberikan langsung oleh PBB lho.

Tidak heran karena Indonesia sendiri memang merupakan negara kepulauan, yang artinya negara Indonesia ini terbentuk dari pulau-pulau yang menjadi satu kesatuan. Jumlah pulau yang ada di Indonesia juga sangatlah banyak. Jumlah pulau di Indonesia sendiri mencapai angka ribuan, mulai dari pulau besar seperi Kalimantan, jawa, Sumatera dan lain sebagainya, hingga yang terkecil seperti Pulau Simping ini.

Daya Tarik Pulau Simping, Pulau Terkecil di Dunia

Daya Tarik Pulau Simping, Pulau Terkecil di Dunia

Pulau terkecil di dunia atau Pulau Simping ini sendiri lokasinya lebih tepat berada di kawasan Pantai Sinka Island, Singkawang, Kalimantan Barat. Ukurannya tidak terlalu luas, yakni tidak mencapai setengah hektar. Tapi demikian, Pulau Simping ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik wisatawan dalam ataupun luar negeri. Tidak heran karena panorama alam yang disuguhkan di pulau ini sangat indah dan menawan.

Bersantai di pantai dengan pemandangan laut lepas dan dikelilingi oleh perbukitan hijau nan rindang, bisa kamu dapatkan di pulau ini. liburan bersama teman ataupun pasangan pasti lebih seru dan menyenangkan dengan berkunjung ke lokasi ini. Bahkan fakta membuktikan kalau Pulau Simping nan cantik ini tidak pernah sepi pengunjung.

Baca juga : Menikmati Keindahan Alam di Wisata Pulau Sangiang yang Mempesona

Asal-Usul Pulau Simping

Daya Tarik Pulau Simping, Pulau Terkecil di Dunia

Mengenai asal-usul dari Pulau Simping ini, kabarnya dulu terdapat beberapa warga yang mendiaminya. Namun lama kelamaan penduduknya banyak yang berpindah ke pulau yang lebih luas dikarenakan terjadi abrasi. Lambat laun Pulau Simping semakin terkikis oleh air laut sehingga ukurannya pun menjadi lebih kecil dari ukuran awalnya.

Ada yang menyebutkan juga Pulau Simping bukanlah nama sebenarnya dari pulau terkecil di dunia ini. nama dari pulau tersebut dulunya adalah Pulau Kelapa Dua. Alasan diberikan nama ini adalah karena dibagian tengah-tengah pulau terdapat dua pohon kelapa yang kokoh. Namun sekarang sudah banyak tumbuhan perdu dan pohon kelapa lain yang tumbuh di pulau tersebut.

Sementara untuk Pulau Simping ini awalnya ditemukan oleh seorang lurah di Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan. Saat ini lurah dan kepala desa lain di wilayah tersebut diminta untuk menginventaris pulau-pulau yang ada wilayahnya masing-masing. Dan saat penginventarisan tersebut, si Lurah Sedau memasukkan nama Pulau Simping di datanya. Alasan ia memasukkan nama Pulau Simping karena menurut informasi pulau tersebut dulunya pernah ditinggali oleh warga. Sehingga cukup layak tempat tersebut diakui sebagai pulau.

Baca juga : Pulau Indah di Kepulauan Derawan yang Bisa Anda Jelajahi, Pastinya Bikin Jatuh Hati!

Akses Jalan Menuju Pulau Simping

Daya Tarik Pulau Simping, Pulau Terkecil di Dunia

Tidak hanya memiliki panorama alam yang indah, akses jalan menuju Pulau Simping ini juga cukup mudah. Kamu yang datang dari pusat Koa Pontianak bisa langsung menuju daerah Singkawang. Perjalanan menuju Singkawang membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Dari sana kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai di Pulau Singkawang.

Daya tarik utama dari Pulau Simping adalah panorama sunrise dan sunset yang sangat menawan. Untuk menunggu momen tersebut kamu bisa menyewa hotel atau penginapan berkualitas bagus di sekitar pulau tersebut. tidak hanya itu, kamu yang mencari oleh-oleh juga bisa mengunjungi beberapa toko oleh-oleh yang tidak jauh dari lokasi tersebut.

Setelah membaca reveiw mengenai Simping, Pulau terkecil di dunia, apa kamu tertarik untuk mengunjunginya? Yuk siapkan budget dan atur jadwal liburanmu ke Pulau Simping nan menawan ini.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password