Serunya Berenang Bareng Lumba-Lumba di Pantai Lovina

lumba-lumba pantai lovina

Siapa yang tidak mau jika diberi kesempatan untuk berenang bersama lumba-lumba? Ini dia sebuah pantai yang terletak di Bali bagian utara dengan ciri khas hewan lumba-lumbanya, dimana lagi kalau bukan di Pantai Lovina. Pantai ini telah dikenal bukan hanya di seluruh Indonesia, tetapi juga sampai ke mancanegara. Terbukti dari banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke Pantai Lovina hanya untuk sekadar bersantai atau menikmati seluruh ke indahan alam di pantai lumba-lumba ini.

Di pantai yang berpasir hitam ini, lumba-lumba hidup dengan bebas di dalam Laut Lovina. Tidak ada nelayan yang berani menangkap ikan lumba-lumba ini untuk dijual karena ikan lumba-lumba di Pantai Lovina ini telah dilindungi oleh undang-undang pemerintah setempat.

Ada Apa di Pantai Lovina

Baca juga : pantai gili trawangan 

“Di Pantai ini ada lumba-lumbanya”, Seperti menjadi sebuah ikon tersendiri untuk Pantai Lovina ini dalam hal lumba-lumba. Hewan laut yang lucu dan menggemaskan ini menjadi sebuah ciri khas yang membedakan Pantai Lovina dengan pantai-pantai lainnya di Bali Utara.

Selain lumba-lumba, Pantai Lovina juga memiliki keindahan alam yang sangat fantastik. Di sini selain Anda bisa menyaksikan lumba-lumba berateraksi, Anda juga bisa menikmati keindahan biota laut lovina dengan jalan menyelam atau snorkeling. Anda dapat menyaksikan beragam ikan hias berwarna-warni yang cukup mengemaskan dan juga ramah. Walaupun wisata bawah laut Pantai Lovina tidak sebagus pantai lainnya di Indonseia, akan tetapi keindahannya cukup membuat hati menjadi senang dengan bermain-main bersama ikan hias di sana.

Selain itu di pinggir pantai, Anda juga dapat menemukan berbagai kulit kerang yang beraneka ragam. Tentu Anda bisa mengambilnya untuk koleksi hiasan dan cindera mata yang alami dan menarik.

Bagaimana Cara Menyaksikan Lumba-Lumba Berateraksi di Pantai Lovina

Lumba-lumba di Pantai Lovina umunya muncul kepermukaan pagi-pagi sekali. Sekitar pukul 05.00-08.00 WITA, Anda dapat menyaksikan sekumpulan lumba-lumba yang berenang ke permukaan air laut. Ada yang hanya sekadar berenang ke permukaan laut ada juga yang melompat-lompat kegirangan menunjukan aktivitasnya sehari-hari.

Jika Anda ingin menikmati keindahan tersebut, Anda harus bangun minimal pukul 04.30 WITA. Kalau tidak ingin terlalu tergesa-gesa, sebaiknya Anda menginap di salah satu hotel dekat bibir Pantai Lovina. Mengingat lumba-lumba di sana juga bangun pagi-pagi buta. Dengan menggunakan perahu nelayan setempat yang bisa dinaiki maksimal oleh 5 orang wisatawan termasuk nelayan Anda akan diajak untuk masuk ke laut setidaknya 1-2 Kilometer dari bibir pantai.

Selama dalam perjalanan, Anda akan disajikan pemandangan pantai yang indah dengan pancaran sinar matahari pagi yang menambah eksotis keindahan alam di sekitarnya. Melihat ke bibir pantai, akan terlihat daratan Lovina yang terlihat seperti siluet. Ditambah lagi udara pagi yang penuh kesejuakan, melengkapi keindahan alam yang disajikan penuh kesempurnaan.

Setelah sampai di tengah laut, nelayan akan menelusuri tempat-tempat dimana kawanan lumba-lumba sering muncul. Ini juga membutuhkan keberuntungan, dimana tak selalu lokasi yang sama akan didatangi oleh para lumba-lumba. Namun, ketika salah seorang nelayan melihat kawanan lumba-lumba maka ia akan memanggil nelayan lain untuk mengajak Anda para wisatawan melihat lumba-lumba tersebut.

Tentu saja anda bisa mengabadikan atau merekam saat-saat dimana sang lumba-lumba berateraksi bak menari-nari melompat kegirangan. Setelah selesai menyaksikan kawanan lumba-lumba, saatnya Anda dituntun untuk kembali ke daratan. Sembari menuju daratan, Anda juga dapat menyaksikan keindahan Pantai Lovina dari tengah laut.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password