Piknik ke Jogja? Wajib Nikmati 4 Sajian Sate Klathak Legendaris ini!

Travellers, siapa nih yang tertarik untuk piknik ke Jogja dalam waktu dekat? Kira-kira apa agenda yang akan dilakukan selama menikmati liburan di Jogja? Pastinya, wisata kuliner menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja ya?

Selama ini para pelancong hanya mengetahui gudeg sebagai kuliner yang wajib dinikmati saat berkunjung ke Jogja. Sebenarnya, selain gudeg, Jogja punya referensi kuliner yang tidak kalah lezat. Bagi para pecinta daging, kuliner ini bagai surga dunia yang tidak ada tandingannya sepanjang masa. Diolah dengan cara yang cukup unik, membuat sate klathak memiliki cita rasa yang tak terlupakan. Apabila sate pada umumnya diberi racikan bumbu yang bercita rasa kuat, sate klathak dibakar dan ditusukkan ke jeruji, plus hanya diberi bumbu sederhana, bahkan ada pula yang hanya ditaburi garam.

Namun siapa sangka, daging yang ditusukkan di jeruji besi tersebut justru membuat tekstur daging terasa lebih lembut dibandingkan sate pada umumnya. Apabila Anda memutuskan untuk piknik ke Jogja, wajib menikmati kelezatan empat warung makan sate klathak ini. Apa saja? Berikut ulasannya.

 

Sate Klathak Pak Bari

 

Bagi Anda yang pernah menyaksikan film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) pasti akrab dengan destinasi kuliner populer di Jogja ini. Pada saat pengambilan gambar, Sate Klathak Pak Bari menjadi latar dan lokasi pertemuan Rangga dan Cinta. Letak warung sate Pak Bari berada di dalam kawasan Pasar Wonokromo. Menikmati lezatnya sate klathak racikan Pak Bari ini tentu akan menimbulkan romansa yang berbeda.

Sate Klathak Pak Bari memiliki rasa yang enaknya minta ampun! Daging kambing untuk sate klathak dipotong super tebal, lalu dibakar hingga dagingnya menjadi empuk merata. Sajian sate klathak racikan Pak Bari ini disajikan dengan seruputan kuah tongseng. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau yakni mulai IDR 25.000.

 

Sate Klathak Pak Pong

Selain warung sate milik Pak Bari, warung Sate Klathak Pak Pong juga menjadi destinasi kuliner yang populer di Jogja. Tak hanya menyajikan sate yang lezat, warung Sate Klathak Pak Pong juga merupakan warung sate legendaris di Jogja. Tidak heran apabila warung sate ini memiliki banyak pelanggan setia.

Warung Sate Klathak Pak Pong terletak di Jalan Imogiri Timur km 10. Di kawasan tersebut, terdapat banyak warung sate. Tapi, warung Sate Klathak Pak Pong memiliki ciri khas yang mencolok.

 

Sate Klathak Pak Jono

Sate Klathak Pak Jono terletak di Jalan Imogiri Timur km 10, Jejeran, Bantul. Tepatnya di selatan Pasar Jejeran. Sate Klathak ini memiliki cita rasa yang unik dan tekstur yang kenyal. Rasa sate racikan Pak Jono sedikit manis gurih dan cocok untuk dinikmati dengan nasi putih hangat.

Ada pilihan menu lain yang bisa Anda coba saat mengunjungi warung sate klathak Pak Jono, yaitu tengkleng, tongseng, dan sate kambing biasa. Untuk harga, seporsi sate dipatok tarif mulai IDR 25.000.

 

Sate Klathak Pak Jede

View this post on Instagram

Dinamakan Sate Klathak karena saat di bakar nengeluarkan bunyi "Klatak-Klatak" , coba dengerin saat proses pembakaran . Pasti bisa denger suara klathak-klathak .. . . Penasaran langsung aja merapat ke warung kami gaes di.. Jl.Nologaten 46 Depok Sleman atau. Jl.Lowanu 96 Sorosutan Jogja.. Yang belum pernah bisa searching google maps atau waze ya gaes . Sate Pak JeDe satenya Jogja . #satekambing #sateklathakpakjede #sateklathak #kulinerjogja #satepakjedelowanu #makanmalamjogja #makanankhasjogja #satepakjedenologaten #lambsatay #tongsengkambing #gulekambing #kulinerjogjakarta #nasigorengkambing #tengklengkambing #kulinerjogjamurah #indonesianfood #indonesianculinary #foodgram #foodporn #jogjakuliner #jogjaistimewa #explorejogja #kulinerjogjaenak #pesonajogja #jogjataste #jogjafoodie

A post shared by Sate Klathak Pak Jede (@satepakjede) on

Warung Sate Klathak Pak Jede memiliki banyak cabang di Jogja. Namun, cabang utama warung sate ini terletak di Jalan Nologaten. Daging kambing untuk sate klathak ini dibumbui secara sederhana, namun soal cita rasa tentu tetap juara. Tersedia juga menu lain di warung Sate Klathak Pak Jede yaitu tengkleng, sate kambing biasa, dan tongseng. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau, yakni mulai dari IDR 20.000.

 

Itulah empat warung sate klathak yang bisa Anda sambangi saat piknik ke Jogja. Dari keempatnya, mana yang paling membuat Anda penasaran terhadap cita rasanya?

 

Penulis: Fitria Yusrifa

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password