Siapa yang Harus Kamu Hubungi Saat Mengalami Bencana di Tengah Travelling Serumu?

Bencana di Tengah Travelling

Enaknyakemana.comTravelling menjadi kegiatan favorit bagi semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Pasalnya, kegiatan ini memang menjadi bentuk self-rewarding setelah melakukan rutinitas yang melelahkan juga sebagai upaya mendapatkan pengalaman dan menjelajah dunia baru.

Sayangnya tidak selamanya travelling selalu berjalan lancar dan menyenangkan, tidak sedikit dari para traveler menemukan sejumlah masalah seperti mengalami bencana di tengah travelling. Jika kamu mengalami hal tersebut sudah barang pasti travelling kamu akan terganggu dan memunculkan kepanikan diri.

Jika Terjadi Bencana di Tengah Travelling Kamu, Siapa Saja Yang Bisa Dihubungi?

1. Keluarga

Bencana di Tengah Travelling

Setiap kejadian bencana biasanya akan disiarkan secara cepat di berbagai media elektronik terlebih bencana tersebut terjadi di tempat wisata. Apabila sinyal telepon tidak terganggu, pastikan kamu menghubungi sesegera mungkin keluarga aku kerabat kamu. Hal ini perlu dilakukan agar tidak memunculkan kekhawatiran yang berlebih bagi anggota keluarga.

2. Teman Terdekat

Bencana di Tengah Travelling

Selain keluarga, kamu juga bisa menghubungi teman terdekat kamu. Biasanya teman terdekat akan memberikan motivasi yang bisa membuat kamu merasa lebih tenang dan mengurangi rasa panik. Selain itu, teman dekat juga bisa menjadi sarana untuk meminta bantuan apabila kamu memiliki urusan mendadak yang harus segera diselesaikan sementara jadwal kepulangan tertunda.

Baca juga : Tidak Selalu Mahal, Ini Tips Traveling ke Luar Negeri dengan Budget Minim

3. Kantor Pemerintah Setempat

Bencana di Tengah Travelling

Jika jaringan telepon tidak berfungsi dengan baik, kamu bisa sesegera mungkin menghubungi kantor pemerintahan terdekat. Biasanya saat bencana terjadi, pemerintah akan membuka posko darurat yang mudah dijangkau masyarakat setempat.

Saat lapor ke pemerintah setempat, pastikan kamu membawa identitas yang jelas seperti KTP atau kartu identitas lainya agar memudahkan pemerintah dalam mempermudah pemerintah membuat data. Biasanya kamu akan mendapat kabar terkait langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan seperti waktu kepulangan atau jaminan keselamatan selamat di lokasi terdampak bencana. Jangan ragu untuk melapor!

4. Kantor Kedutaan Apabila di Luar Negeri

Bencana di Tengah Travelling

Pilihan ini bisa kamu tempuh saat melakukan travelling ke luar negeri. Selain melapor ke posko darurat setempat, sebaiknya kamu juga sesegera mungkin untuk menghubungi kantor kedutaan Indonesia di negara tersebut. Jika aliran listrik tidak pada dan sinyal telepon lancer, kamu bisa menghubungi via telepon atau email.

Pastikan kamu memiliki tanda pengenal yang jelas seperti KTP dan passport. Dengan begitu kedutaan akan lebih mudah dalam mengkoordinasikan masyarakat Indonesia yang terkena bencana di negara tersebut.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Travelling Digemari Generasi Milenial!

5. Afiliasi

Bencana di Tengah Travelling

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi afiliasi yang saat ini dimiliki. Bagi yang saat ini masih menempuh pendidikan maka menghubungi institusi terkait bisa menjadi opsi. Atau buat kamu yang saat ini sedang bekerja maka alangkah lebih baik untuk menghubungi kantor tempat bekerja saat ini.

Dengan menghubungi afiliasi akan memudahkan kamu dalam melakukan tindakan selanjutnya. Misalnya, izin tidak masuk sekolah atau kerja akan lebih mudah atau sejumlah pekerjaan dan meeting bisa ditunda semeatara waktu.

Itulah sejumlah pihak yang bisa kamu hubungi apabila terjadi bencana di tengah travelling. Tak hanya perlu senantiasa waspada, kamu pun harus merancang liburan bersama agen travel terpercaya agar bisa menikmati liburanmu.

Via Indonesia telah dipercaya selama bertahun-tahun sebagai partner perjalanan yang murah, terpercaya, serta memiliki ragam pilihan. Sudah saatnya kamu mengambil jeda untuk berlibur, dan siapa lagi yang mampu menawarkan harga terendah untuk liburan super berkesan, kalau bukan via.id. Install aplikasi Via Indonesia di ponselmu dan peroleh potongan harga IDR 25k untuk tiket penerbangan pertama yang kamu pesan. Menarik, bukan?

 

Sumber image : wired, parenttoolkit, unsplash, ios-inc

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password