Pulau Seram, Pulau yang Cantik Namun Penuh Misteri

Pulau Seram

Enaknyakemana.com – Pasti Anda pernah mendengar, atau mungkin sudah berkunjung ke tempat wisata cantik bernama Pulau Seram di Provinsi Maluku, bukan? Bila belum dengar, berikut EnaknyaKemana akan sedikit mereview pulau yang cantik ini. Pulau ini memiliki luas 18.625 km persegi, panjang 340 km, dan lebar 60 km. Pulau Seram memiliki titik tertinggi, yaitu Gunung Binaiya yang memiliki tinggi 3.019 meter di atas permukaan laut.

Selain memiliki alam pegunungan, Pulau Seram juga memiliki hutan tropis. Pulau ini sangat cantik dan menarik pemandangan alamnya, hanya saja ada banyak misteri yang ada di pulau ini. Mungkin itu juga yang menjadikan pulau ini diberi nama “Seram”.

Tempat Wisata di Pulau Seram

1. Taman Nasional Manusela

Pulau Seram - Taman Nasional Manusela

Taman Nasional Manusela memiliki luas sekitar 189.000 ha. Katanya, Taman Nasional Manusela merupakan daerah konservasi alam terindah di Indonesia. Berbagai macam aktivitas bisa kamu lakukan di sana, misal panjat tebing, camping, hiking, snorkeling, dan diving. Bagi yang ingin hiking atau kamping, kawasan ini memiliki Gunung Binaiya, gunung tertinggi di Maluku. Gunung ini aman untuk didaki, tentunya dengan prosedur yang berlaku. Kawasan pesisir utaranya juga menyimpan pesona luar biasa.

Berbagai jenis terumbu karang dan ekosistem laut yang indah bisa kamu nikmati dengan snorkeling atau diving. Sedangkan berbagai flora dan fauna khas Maluku juga terdapat di Taman Nasional ini. Untuk flora, di sana ada Eucalyptus, beringin, Bakau, ketapang, cemara laut, dan lain-lain. Sedangkan, fauna yang ada di sana antara lain burung-burung besar, seperti Kakatua, Kasuari, Nuri, dan Kasturi. Ada juga hewan-hewan semacam Kuskus, Rusa, Mapea, Musang, dan sebagainya. Bahkan, keberadaan mereka dilindungi di bawah undang-undang yang melarang siapa pun untuk berburu di Taman Nasional Manusela.

2. Pulau Kassa

Pulau Seram - Pulau Kassa

Pulau ini diberi nama Pulau Kassa karena bentuknya menyerupai satu buah kacang tanah. Pulau Kassa memiliki terumbu karang, hutan pantai, dan mangrove. Di sana juga terdapat 70 jenis ikan, beberapa di antaranya adalah butterflyfish, parrotfish , black and white snapper, surgeonfish , dan lain-lain. Hutan pantai di Pulau Kassa terdiri dari cemara laut, waru laut, dan ketapang. Sedangkan hutan mangrove-nya dipenuhi bakau

3. Air Terjun Lumoli

Pulau Seram - Air Terjun Lumoli

Air Terjun Lumoli adalah air terjun dengan posisi berundak-undak dengan tiga level tebing. Level pertama memiliki riak air yang turun dari atas dan terlihat jelas sekali kejernihan airnya. Banyak pengunjung yang tidak segan-segan terjun dari air terjun level pertama. Level kedua memiliki tebing yang lebih tinggi. Kalau di sana pengunjung lebih suka berendam. Kalau di level ketiga (level tertinggi), airnya tidak sederas di level kedua dan memiliki latar batu yang begitu besar. Anda bisa menggunakannya untuk foto-foto.

Tentunya, Anda bisa mempertimbangkan untuk berkunjung ke Maluku di hari libur Anda, bukan? Dengan berbagai promo yang bisa Anda dapatkan dari Aplikasi Akulaku, misalnya, tentunya liburan Anda ke Pulau Seram akan menjadi lebih hemat. Ingin coba menikmati pemandangan yang cantik dan misterius dari pulau satu ini? Yuk, ke Maluku.

 

Mau dapat promo hotel & tiket perjalanan ke destinasi wisata favorit dari AkuLaku Indonesia?

Caranya gampang! Isi formulir di bawah ini secara lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password