Inilah 5 Patung Tertinggi di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Inilah 5 Patung Tertinggi di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia
Rate this post

EnaknyaKemana.com – Berbagai negara di dunia pasti mempunyai ikon unik tersendiri yang akhirnya dikenal oleh semua orang. Ikon dari suatu negara ini bisa berbentuk banguna, patung atau yang lain sebagainya. Tapi yang paling banyak ditemukan ikon dari suatu negara adalah patung. Sebut saja Patung Liberty yang menjadi ikon dari Amerika Serikat atau lebih tepatnya New York City. Selain itu, masih banyak lagi patung-patung besar yang menjadi ikon dari suatu negara atau kota.

Dan pada artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa patung tertinggi di dunia. Bukan diluar negeri saja, patung tertinggi di dunia tersebut salah satunya juga ada di Indonesia. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini!

Inilah 5 Patung Tertinggi di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

The Spring Temple Buddha – China

Patung Tertinggi di Dunia

Patung tertinggi di dunia yang pertama adalah The Spring Temple Buddha yang berlokasi di China, atau lebih tepatnya berada di Provinsi Henan. Patung ini cukup megah dan memiliki tinggi sekitar 153 meter dengan berat mencapai 1000 ton. Luar biasanya lagi, ternyata patung tertinggi di dunia ini dibuat dari 1.100 kepingan tembaga. Berkat kemegahannya tersebut patung ini akhirnya tercatat di Guinness World Record.

Untuk berdiri tegak seperti sekarang ini, membutuhkan waktu pembangunan yang cukup lama yakni mulai tahun 1997 dan selesai pada tahun 2008. Biaya yang dihabiskan untuk membangun patung tersebut mencapai $ 55.000.000 atau sekitar Rp 800 Milliar.

Garuda Wisnu Kencana – Indonesia

Patung Tertinggi di Dunia

Tahukah kamu dimana letak patung Garuda Wisnu Kencana ini? Ya, sebagian besar masyarakat asli Indonesia pasti mengetahuinya. Patung tertinggi kedua di dunia ini berlokasi di Pulau Bali atau lebih tepatnya di komplek Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Patung ini sendiri dibuat oleh ahli patung bernama I Nyoman Nuarta. Ini merupakan perwujudan dari Dewa Wisnu yang sedang menunggangi garuda.

Patung Garuda Wisnu Kencana memiliki tinggi 120 meter dengan beratnya yang mencapai 4000 ton. Pambangunannya sendiri dimulai pada tahun 1997 dan baru selesai pada tahun ini dengan menghabiskan biaya mencapai 450 miliar.

Baca juga : 5 Gedung Tertinggi di Dunia yang Wajib Kamu Kunjungi

Ushiku Daibutsu – Jepang

Patung Tertinggi di Dunia

Berikutnya adalah patung yang bernama Ushiku Daibutsu yang ada di negara Jepang, atau lebih tepatnya berada di Ibaraki. Patung tertinggi di Jepang ini memiliki tinggi sekitar 120 meter. Mulai di bangun pada tahun 1995 dan sudah selesai di tahun 2002 lalu.

Patung satu ini sangatlah megah dan tidak jarang wisatawan yang berkunjung ke Jepang akan menyempatkan diri datang kesini. Patung tersebut merupakan perwujudan dari Amida Nyorai atau yang lebih dikenal dengan nama Amitabha.

The Laykyun Sekkya Buddha – Myanmar

Patung Tertinggi di Dunia

Patung tertinggi di dunia berikutnya berada di Myanmar, yang diberi nama patung The Laykyun Sekkya Buddha. Patung yang memiliki ketinggian mencapai 116 meter ini dibangun mulai dari tahun 1996 dan baru bisa selesai pada tahun 2008. Selain tinggi, patung ini juga memiliki desain yang sangat unik. Bukan hanya satu, melainkan ada dua patung sekaligus. Dimana satu patung berdiri tegak dan satu patung lagi sedang berbaring.

Baca juga : Inilah 7 Daftar Negara Teraman di Dunia, Adakah Nama Indonesia?

Liberty Statue – USA

Patung Tertinggi di Dunia

Dan patung tertinggi di dunia yang terakhir adalah patung Liberty yang berada di Amerika Serikat. Patung satu ini namanya memang sudah sangat tersohor ke seluruh dunia. Patung yang memiliki ketiggian 93 meter ini sendiri diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 yang merupakan hadih untuk 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat.

Itulah tadi beberapa patung tertinggi di dunia yang perlu kamu tahu. Ternyata Indonesia tidak kalah dengan negara lain dalam urusan pembangunan patung tertinggi dan megah ya?

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password