Wisata Kuliner ke Tomohon Belum Lengkap Tanpa Sambangi Pasar Kuliner

Wisata Kuliner ke Tomohon Belum Lengkap Tanpa Sambangi Pasar Kuliner 1
Rate this post

Enaknyakemana.com – Kawasan Pusat Kuliner Tomohon atau Pasar Kuliner sejatinya merupakan jalan kendaraan umum yang disulap menjadi jejeran etalase pedagang kaki lima yang menyajikan aneka kuliner khas Tomohon dan Minahasa. Pada pagi hari, kendaraan umum seperti oto dan aneka kendaraan yang akan melintas masih bisa melewati pasar kuliner karena belum tergelar lapak pedagang. Namun, bila sore tiba, beberapa bagian jalan akan dipenuhi dengan meja-meja dan kursi-kursi untuk para pengunjung. Sajian ini sangat menarik, sebab pasar ini tampil seolah-olah sebagai pusat jajanan rakyat, namun di sisi lain sebagai jalur lalu lintas kota Tomohon.

Wisata Kuliner Tomohon di Pasar Kuliner

Pasar ini terletak di jantung kota Tomohon. Tepat di sebelah lapangan kota dan kompleks gereja Sion yang merupakan gereja tertua di Tomohon. Semula, masyarakat maupun pemerintah kota Tomohon tak pernah menyangka bahwa kawasan ini akan menjadi sebuah pasar tradisional yang khusus menjajakan kudapan dan kuliner khas Tomohon dan Minahasa. Hingga pada 23 Agustus 2013 silam, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia meresmikan kawasan ini sebagai Pusat Kuliner Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Tidak sulit menemukan pasar ini, sebab berada tak jauh dari Pasar Ekstrim Tomohon dan Terminal Beriman. Pengunjung dapat menaiki angkot jurusan Perum Atas untuk sampai di lokasi pasar dengan membayar Rp.2.000,00 (dua ribu rupiah) dari Terminal Beriman. Bagi pengunjung yang ingin menikmati segarnya udara Tomohon juga dapat berjalan kaki dari Terminal Beriman, dan bergerak sesuai plang penunjuk arah. Karena lokasi pasar yang berada di jalan utama menuju terminal, lalu lintas padat akan merayap sepanjang hari di kawasan ini.

Wisata Kuliner ke Tomohon Belum Lengkap Tanpa Sambangi Pasar Kuliner

Baca juga : 4 Kuliner Indonesia Paling Lezat yang Sudah Mendunia

Aneka jajanan disajikan di etalase-etalase kaca para pedagang, di antaranya Tinutuan/Mi Dal, Pisang Goroho, Sate Babi atau Ragey, Ikan Cakalang Fufu, Cumi Bakar, Kue Brownies, Rujak, Kue Lapis, Lumpia Goreng, Gohu, Puding, Tahu isi dan aneka jajanan khas Minahasa lainnya. Berbeda dengan pasar ekstrim di sebelahnya, pengunjung akan lebih mudah menemukan makanan halal di pasar ini. Bahkan, pengunjung bisa bertanya lebih dahulu kepada penjual apakah makanan yang dijual boleh dikonsumsi oleh warga di luar komunitas nasrani atau tidak. Keramahan masyarakat Tomohon akan jelas terasa di pasar ini. Mereka akan dengan aktif bertanya dan mengajak berbincang, sehingga menghidupkan atmosfer kerukunan antar umat manusia di pasar kuliner ini.

Wisata Kuliner ke Tomohon Belum Lengkap Tanpa Sambangi Pasar Kuliner

Semua bahan-bahan makanan yang dijajakan di pasar ini merupakan bahan-bahan berkualitas baik. Warga biasa memperoleh ikan dari Manado dan berbagai pusat budidaya ikan laut di Sulawesi Utara. Selain itu, beberapa pedagang yang menjual rujak pun rata-rata memperoleh buah dari ladang yang ada di Tomohon, karena kota ini memiliki ratusan hektar ladang perkebunan.

Baca juga : Pesona Selaksa Puspa di Agrowisata Rurukan, Tomohon

Banyaknya jumlah pelanggan terutama saat musim liburan membuat pedagang bisa meraup untung dalam waktu sekejap. Mereka juga membuka pesanan, baik dalam partai besar maupun kecil bagi para pelanggan yang ingin menghelat pesta dan menghadirkan sajian kulinernya di meja saji. Bagaimana? Setelah mengetahui keunikan pasar ini, lebih tertarik jajan sambil jalan atau jalan sambil jajan di pasar ini?

Bagi Anda yang tengah merencanakan travelling ke Manado dan sekitarnya, kunjungi segera situs via.com untuk memperoleh berbagai kemudahan dalam menyiapkan akomodasi. Situs via.id menyediakan berbagai akomodasi seputar tiket penerbangan, kereta api, hotel dan penginapan serta paket wisata super terjangkau. Nikmati promo penerbangan ke Manado berupa potongan diskon terbang menggunakan maskapai Citilink sebesar 5% di situs via.id. Tunggu apalagi, segera rancang liburan Anda ke Manado dan sekitarnya hanya bersama via.com.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password