Sebelum ke Pantai Wediombo, Yuk Intip Keindahan, Harga Tiket, dan Rute Perjalanannya

pantai wediombo

Sepenggal kalimat dari penyair Joko Pinurbo itu benar bahwa Jogja terbuat dari rindu. Sekali mengunjunginya, kamu akan ketagihan untuk mengulangi. Lantas apa penyebab Jogja begitu dirindukan? Jawabannya adalah keindahan setiap sudut kota seniman ini. Mulai dari destinasi cukup terkenal, seperti Jalan Malioboro, Parangtritis, dan Candi Borobudur, hingga Pantai Wediombo yang belum begitu populer, namun tak kalah menariknya.

Jika kamu berencana atau sedang ada di Jogja, sebaiknya masukan pantai Wediombo dalam daftar kunjunganmu. Sebab, pantai ini menawarkan keindahan luar biasa yang membuat liburanmu terasa spesial. Kamu penasaran seperti apa? Silahkan simak info pantai Wediombo selengkapnya di bawah ini.

Keindahan Pantai Wediombo dan Aktivitas yang Bisa dilakukan

pesona pantai wediomboSumber foto: @faishalzuliandri

Tak ada yang bisa memungkiri Pesona Wediombo. Sebagaimana arti namanya dalam bahasa Jawa, ‘wedi’ berarti pasir dan ‘ombo’ artinya luas, Wediombo merupakan wisata alam dengan hamparan pasir luas dibandingkan tempat lain dalam satu kawasan. Di tengah pantai kamu akan menemui bebatuan besar dan dapat dicapai saat air laut surut. Tak hanya itu, sepanjang tepi pantai ada pepohonan rindang yang membuat suasana menjadi semakin sejuk.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Wediombo Gunung Kidul, diantaranya:

1. Menikmati segar dan indahnya air laut

menikmati air pantaiSumber foto: @indoflashlight

Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogyakarta memiliki air laut jernih dan menyegarkan. Di bagian ujung timur kamu bisa berenang di kolam kecil alami atau laguna yang diapit oleh bebatuan karang. Kemudian bagi kamu pecinta snorkeling dapat mencoba 2 spot dengan terumbu karang begitu indah, yakni di pinggir pantai dan tengah laut. Agar bisa mencapai spot snorkeling tengah laut, kamu harus menempuh perjalanan memakai kapal terlebih dahulu.

Tak kalah menarik dengan renang dan snorkeling, pantai ini juga menawarkan kegiatan surfing dengan kondisi ombak yang pas. Pihak pengelola telah menyediakan fasilitas berupa peralatan surfing. Menariknya, bagi pemula ada paket pelatihan oleh Wediombo Surfing Society berupa short course selama 1,5 jam. Kamu cukup membayar Rp. 100.000 untuk memperoleh kelas teori, praktik berselancar dengan pemandu profesional, menyewa papan seluncur, dan foto.

Baca juga: Lokasi dan Rute Menuju Wisata Pantai Nglambor Jogja

2. Mengambil foto instagramable

Mengambil foto instagramableSumber foto: @dewi_puspasari1507

Ada banyak spot foto instagramable yang bisa kamu abadikan. Mulai dari bebatuan besar di tengah laut, deretan karang yang mengelilingi kolam, hamparan luas pasir dengan background sunset, dan masih banyak lagi. Perlu diketahui, destinasi wisata di Gunung Kidul ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan sunset sembari menikmati kuliner laut yang tersedia di warung-warung tepi pantai.

Baca juga: 3 Lokasi Camp Pantai di Jogja yang Belum Banyak Orang Tahu

3. Mengadakan camping

Mengadakan camping

Sumber foto: @sholehakmal

Bagi kamu yang liburan bersama keluarga besar, rekan kerja, atau komunitas, bisa mengadakan camping di hamparan pasir pantai Wediombo yang begitu luas. Saat malam hari suasana pantai ini cocok untuk mengadakan api unggun dan bakar-bakar ikan laut. Kamu tak perlu khawatir, disini tersedia fasilitas tempat beribadah, toilet, dan parkir cukup luas.

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Destinasi ini merupakan pilihan wisata bahari termurah di Jogja. Tiket masuk pantai Wediombo hanya sebesar Rp. 5000. Sedangkan untuk parkir kamu harus membayar Rp. 2.000.Meski bertarif murah, kamu tidak akan pernah menyesal mengunjungi tempat ini karena benar-benar memukau.

Baca juga: Lokasi dan Rute Menuju Wisata Pantai Timang Gunung Kidul, Jogja

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Wediombo atau Sadranan

Lokasi pantai Wediombo berada di desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jarak lokasi wisata dari Jogja sekitar 40 kilo meter. Sedangkan dari pusat kabupaten Gunung kidul kamu harus menempuh perjalanan selama 90 menit. Namun tak perlu khawatir, jalan menuju tempat indah tersebut sudah cukup bagus dan nyaman.

Rute pantai Wediombo dari Jogja yang bisa kamu tempuh apabila menggunakan kendaraan pribadi adalah dari Wonosari menuju kawasan Jepitu, kemudian mengarah ke Wediombo. Sementara bagi kamu yang menggunakan transportasi umum, silahkan memulai perjalanan dari Terminal Giwangan dengan tujuan Wonosari dan turun di Jepitu.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai pantai yang berlokasi di kabupaten Gunung Kidul. Cukup menarik untuk dikunjungi, ya. Kunjungan kamu ke wisata alam di daerah Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta adalah salah satu bentuk dukungan terhadap kemajuan wisata di Indonesia. Jangan lupa ajak semua keluarga dan rekanmu. Selamat menikmati liburanmu di Pantai Wediombo.

Featured Image: @marwan.athaya

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password