Pantai Sowan Tuban, Indahnya Deburan Ombak Laut

pantai sowan tuban

Pantai selalu menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan terutama pantai di Indonesia yang jumlahnya beragam dan menyimpan segudang keindahan alam. Pantai Sowan merupakan salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pantai ini dihiasi oleh banyak pohon klampis sepanjang garis pantai. Sehingga menambah kerindangan dan kesejukan dibanding pantai pada umumnya yang terkesan gersang.

Pantai ini tidak hanya ramai dinikmati oleh para kalangan remaja dan pemuda, namun dari anak-anak hingga dewasa. Mereka mengaku senang menghabiskan hari libur atau senggangnya untuk sekadar menikmati ombak laut biru. Duduk-duduk di atas batu karang di sepanjang pantai sambil menikmati hijau dan rindangnya pohon klampis. Pantai ini juga menjadi spot pilihan untuk dijadikan bumi perkemahan.

Sejarah Pantai Sowan Tuban

foto pantai sowan tubanSumber foto: @rendi_dwianto

Tidak heran jika pantai ini dikelilingi hutan rindang dengan dominasi pepohonan seperti klampis, mahoni dan akasia. Karena pada masa dulu pantai ini dijadikan tempat penyimpanan kayu oleh warga sebelum akhirnya disulap menjadi lokasi wisata alam. Sekaligus membantu warga memperoleh lapangan pekerjaan seperti rumah makan, kamar mandi, warung jajanan, souvenir hingga lapangan parkir.

Lokasi Pantai Sowan Tuban

bermain di pantai sowanSumber foto: @rizfebriana121

Pantai ini memiliki nama sowan yang sesuai dengan nama daerah asalnya Sowan dengan letak detail di Sowan. Daerah yang masuk wilayah desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Untuk akses menuju tempat wisata tidak terlalu sulit. Pantai Sowan sendiri telah dikelola pemerintah tepatnya KPH Jatirogo, BKPH Bancar, dan RPH Sukoharjo. Dapat dipastikan akses jalan aman dan mudah.

Pantai ini terletak berkisar 40 km dari kota pusat Tuban. Selain itu, pantai ini terletak di daerah yang cukup strategis yaitu jalur Pantura. Jalur yang menghubungkan kota Surabaya dan Semarang. Sehingga sangat sayang apabila musim liburan atau hari mudik melewatkan obyek wisata air yang dikelilingi hutan rindang ini.

Daya Tarik Pantai Sowan Tuban

suasana pantai sowan tubanSumber foto: @lulu_pipow

Lokasi wisata dengan garis pantai yang cukup panjang menawarkan kesejukan dari kerindangan pohon mahoni, klampis dan akasia. Dapat dikatakan Pantai Sowan Tuban tidak hanya menyuguhkan keindahan pantai nya namun juga keindahan alam. Pantai yang terletak di wilayah strategis memiliki daya tarik yang sama seperti pantai-pantai di Indonesia bagian Timur.

Sekilas, Pantai Sowan disebut-sebut mirip dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Dewata maupun Pulau Lombok. Selain kerindangan pohon yang membantu menangkal abrasi pantai, juga memiliki jutaan batu karang yang terhempas di sepanjang garis pantai. Dapat digunakan untuk duduk-duduk, bermain atau spot-spot selfie dan fotografi sehingga cocok untuk tempat eksis dan rileks.

Pantai Sowan menyuguhkan biru laut ombak, gugusan batu karang dan kerindangan hutan. Selain itu terdapat berbagai hewan eksotis dan liar yang menghuni hutan di sana seperti kera, burung kakak tua, ular piton dan masih banyak lagi. Umumnya merupakan hewan yang terancam punah sehingga kehadiran pengunjung juga membantu melestarikan hewan-hewan yang masuk dalam jaringan pasar gelap.

Untuk itu, pantai sowan ini tidak hanya menawarkan daya tarik keindahan alam dan pantainya saja namun dapat dijadikan sarana edukasi warga terutama anak-anak untuk mengenal lebih dekat dengan alam dan hewan-hewan yang terancam punah melalui pelestarian demi kesejahteraan bersama seiring memburuknya hubungan manusia, flora, fauna serta alam.

Baca juga: Wisata Kuliner Jawa Timur Ini Lezatnya Nggak Ketulungan, Awas Auto Lapar Lho!

Fasilitas dan Harga Masuk Pantai Sowan Tuban

bermain di sowan tubanSumber foto: @esa_ramadhan12

Tidak hanya kemudahan akses jalan yang disediakan pemerintah wisata lokal wilayah tuban, keamanan tempat wisata ini menjadi terjadi berkat adanya tim SAR dan evakuasi guna mencegah terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan. Tugas tim SAR yang dilengkapi perlengkapan cukup ini menghimbau warga untuk tidak berenang, sekadar bermain air hingga melaut apabila air laut sedang pasang.

Fasilitas yang ditawarkan selain keindahan dan kemurnian alam itu sendiri juga tersedianya tempat parkir yang luas serta ruang bilas atau kamar mandi, deretan rumah makan, penjual jajanan dan souvenir yang mayoritas berasal dari warga sekitar untuk mencari peluang ekonomi sehingga dengan berkunjung ke pantai ini tidak hanya akan melihat pemandangan namun juga membantu perekonomian warga.

Tidak hanya itu saja, selain terdapat pula fasilitas seperti mushola, papan penunjuk arah, instalasi listrik dan air yang melimpah, pengunjung juga akan dibuat terpesona dengan kehadiran hewan-hewan langka yang menghuni hutan seperti kera, ular piton, burung kakak tua dan lain-lain dengan hanya sekali bayar untuk tiket masuk wisata pantai ini.

Harga masuk lokasi wilayah Pantai Sowan Tuban relatif sangat murah untuk menikmati keindahan alam serta kerindangan hutan ketimbang jalan-jalan ke tempat buatan yang hanya akan menghabiskan uang. Tahun 2015, harga tiket masuk berkisar antara Rp 5.000-15.000 dengan rincian Rp 5.000 bagi pengunjung yang berjalan kaki,dan Rp. 7.000 bagi pengendara motor.

Tiket masuk disini juga menawarkan paket yaitu Rp. 12.000 untuk pengendara motor yang berboncengan dan paket untuk rombongan keluarga yang relatif murah. Harga di atas merupakan harga reguler atau pada hari biasa, pada hari libur biasanya dikenai harga Rp 5.000 untuk parkir mobil dan Rp 10.000 per orang namun pantas untuk menikmati, keindahan pantai, hutan dan kebun binatang di dalamnya.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Surga Pariwisata Jawa Timur Ternyata ada di Kota Ini

Penginapan Terdekat Pantai Sowan Tuban

1. Bukit Wilis Hotel dan Resort

Resort mewah dan nyaman ini dikenai tarif standar Rp 350.000 per malam untuk kamar 1 orang sedangkan 2 orang seharga Rp 400.000 per malam. Meskipun lokasi penginapan ini lumayan jauh dari Pantai Sowan dengan jarak sekitar 25.51 km, penginapan mewah lengkap dengan fasilitas wifi, lobby, outdoor dining room dan sarapan ini cocok untuk disinggahi teruma pengunjung dari luar kota.

Selain terdapat kebijakan pembatalan, resort yang berlokasi di jalan Raya Semarang, Tuban km.9, Tuban, Jawa Timur ini dekat dengan lokasi-lokasi wisata lain yang justru lebih dekat jaraknya seperti Pantai Cemara, Pantai Boom Tuban, Kuil Kwan Sing Bio hingga terminal Tuban sehingga sangat direkomendasikan.

2. Losmen Pantai Sowan

Losmen ini terletak sekitar wisata Pantai Sowan tepatnya di Desa Senori Merak, Tuban Jawa Timur. Fasilitas yang tersedia yaitu kamar beserta TV antenna, kamar mandi dalam dan handuk yang cocok bagi para pelancong atau sekumpulan anak muda yang hanya memanfaatkan penginapan untuk tempat singgah barang. Meskipun memiliki desain yang cantik, losmen ini terkadang dikritik karena sampah.

Wisata Pantai Sowan Tuban ini tidak hanya menyuguhkan daya tarik berupa keindahan alam, biru ombak, kerindangan pepohonan namun juga kebun binatang dimana hewan-hewan hidup secara liar di hutan tersebut dimana masyarakat dapat belajar dan mengenal lebih dekat dengan alam dan hewan-hewan yang hampir punah untuk membantu melestarikannya.

Pantai ini juga berlokasi di tempat yang strategis serta pengelolaannya di bawah pemerintah sehingga akses akan lebih mudah dan aman yang juga dilengkapi tim SAR untuk membantu memberi peringatan dini serta fasilitas mushola, toilet dan rumah makan yang memanjakan setiap pengunjung.

Featured Image: @nuyeonni

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password