Pantai Pangandaran: Tempat Wisata dengan Hamparan Pasir Putih Memukau

pantai pangandaran

Destinasi wisata paling menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga adalah pantai. Deburan ombak, halusnya pasir, dan sejuknya hembusan angin laut membuat jiwa dan tubuh menjadi segar kembali. Di Indonesia ada banyak sekali pantai yang bisa dikunjungi. Semua menawarkan keindahannya masing-masing. Khusus daerah Jawa Barat, terdapat salah satu yang cukup populer akan keindahannya, yakni Pantai Pangandaran. Kamu penasaran seperti apa panorama Pantai Pangandaran? Yuk, simak informasi ini terlebih dahulu sebelum mengunjunginya secara langsung.

Panorama Pantai Pangandaran

sunrise di pantai pangandaran

Pangandaran memiliki pantai landai dengan air jernih dan ombak cukup tenang. Kamu bisa menggunakannya untuk semua aktivitas laut, seperti jet ski, windsurfing, parasailing, snorkeling, scuba diving, dan pesiar dengan perahu. Pantai Pangandaran memiliki pasir putih yang lembut, sehingga cocok untuk bermain bersama keluarga sembari menyaksikan keindahan sunrise maupun sunset. Berbicara kesejukan di pantai ini tak perlu diragukan lagi, hembusan angin laut bisa membuat tubuh semakin rileks.

Pada waktu-waktu tertentu, kamu dapat menyaksikan kearifan lokal berupa upacara Hajat laut. Masyarakat setempat akan melepas sesaji ke laut sebagai simbol rasa syukur kepada Tuhan. Selain itu, ada pula acara bertaraf internasional yang biasanya digelar pada bulan Mei, yakni Festival Layang-Layang Internasional.

Fasilitas Pantai Pangandaran

suasana pantai pangandaran

Sebagai wisata yang diminati banyak pengunjung lokal hingga mancanegara, Pangandaran menawarkan berbagai macam fasilitas yang bisa kamu pilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Berikut beberapa fasilitas Pantai Pangandaran, yaitu:

1. Outbond Pangandaran

Fasilitas ini ditujukan untuk kamu yang mendatangi pantai bersama rombongan sekolah, komunitas, maupun rekan kerja. Pihak pengelola telah menyediakan paket outbond Pangandaran yang diisi berbagai macam permainan lengkap beserta peralatannya. Outbond akan dipandu oleh Game Master. Kamu harus membayar sebesar Rp. 125.000 untuk menikmati paket ini.

2. Edukasi Pangandaran

Selain outbond, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas edukasi Pangandaran. Biasanya ini dimanfaatkan oleh para pelajar, mahasiswa, maupun peneliti. Hanya dengan membayar Rp. 185.000 kamu akan memperoleh banyak pengetahuan yang dikemas dalam berbagai kegiatan menyenangkan. Mulai dari konservasi penyu, wisata flora dan fauna, jungle tracking, dan masih banyak lagi.

3. Honeymoon Pangandaran

Kamu ingin menghabiskan waktu bersama pasangan dengan suasana romantis? Tenang saja, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas honeymoon Pangandaran atau paket wisata romantis seharga Rp. 2,3 juta. Kamu akan merasakan liburan di pantai ini dengan suasana privat dan istimewa. Selain itu, kamu juga bisa menikmati 6 lokasi wisata berbeda.

Selain 3 fasilitas ini, Pangandaran juga menyediakan sarana sebagaimana pantai lainnya. Mulai dari toilet, ruang ganti, tempat ibadah, hingga rumah makan dengan kuliner khas laut.

Baca juga: 12 Obyek Wisata yang Dilewati Tol Trans Jawa, Bisa Dikunjungi Saat Mudik!

Lokasi Pantai Pangandaran

Letak Pantai Pangandaran berada di desa Pananjung, Pangandaran, Jawa Barat. Sebagai wisata yang cukup populer pantai ini memiliki aksesibilitas cukup tinggi dengan kondisi jalan mudah dilewati. Jaraknya sekitar 91 km dari kabupaten Ciamis atau 212 km dari Bandung. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Baca juga: Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Suwuk Kebumen

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Bagi kamu yang ingin berwisata di pantai Pengendaraan cukup membayar biaya HTM sebesar Rp. 6.000. Sementara tarif parkir disesuaikan dengan jenis kendaraan, yakni sepeda motor Rp. 14.000, sedan Rp. 37.500, mini bus kecil Rp. 65.000, mini bus besar Rp. 92.500, bus kecil Rp. 126.000, bus sedang Rp. 188.000, dan bus besar Rp. 310.000.

Demikian beberapa informasi mengenai Pantai di selatan Jawa Barat. Sangat menarik hati untuk dikunjungi, ya. Tak perlu berpikir terlalu lama, segera ajak orang-orang tercinta untuk berwisata di Pantai Pangandaran. Selamat menikmati waktu liburmu di destinasi andalan provinsi Jawa Barat ini.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password