Mengintip Keindahan Pantai Manakarra di Tanah Mamuju

pantai manakarra
Rate this post

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang indah. Pulau-pulaunya terbagi-bagi hingga beribu jumlahnya membuat keragaman Indonesia menjadi semakin masyhur di mata dunia. Salah satu hal mengesankan yang tersembunyi di bumi Indonesia berada di Tanah Mamuju yaitu Pantai Manakarra. Tempat ini bukan hanya memiliki pemandangan yang eksotis dan menawan, namun juga memiliki panorama yang memikat mata.

Salah satu tempat indah di Mamuju Palu yang menjadi destinasi terfavorit bagi penduduk setempat. Bukan hanya itu, penduduk luar daerah dan pelancong mancanegara pun tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Sebenarnya, apa yang membuat Manakarra begitu memikat hati banyak orang?

Lokasi Pantai Manakarra

tempat menarikSumber foto: @fathuddin_arsyad

Pantai Manakarra Mamuju adalah sebuah tempat wisata terkenal di Kota Mamuju, Sulawesi Barat. Lokasi wisata alam ini beralamatkan di Jalan Yos Sudarso. Sebenarnya, pantai ini sendiri merupakan bagian dari Teluk Mamuju.

Buka 1 x 24 jam untuk umum, pantai ini dikenal memiliki pemandangan sunrise dan sunset yang memikat. Tidak hanya para muda belia yang senang menikmati keindahan tempat wisata ini, namun banyak orang tua yang senang menikmati keindahan pantai ini di waktu pagi dan sore.

Tempat wisata ini menyediakan fasilitas lumayan lengkap sehingga pengunjung dapat merasa lebih nyaman untuk berwisata. Jika lapar dan haus, kamu bisa mencari makanan berat ataupun ringan di warung-warung yang berjajar dekat bibir Pantai Anjungan Manakarra.

Rute Perjalanan

wisata pantaiSumber foto: @rustamuhammad

Jarak lokasi wisata dari Kota Mamuju lumayan dekat. Rute perjalanan pun cukup mudah. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Perjalanan bisa dimulai dari Bandara Tampa Padang. Dari Bandara Tampa Padang, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi Pantai Manakarra dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit saja.

Baca juga: Wisata Alam Di Sulawesi Selatan yang Harus Dikunjungi Tahun Ini

Fakta Menarik

kawasan manakarraSumber foto: @fathuddin_arsyad

Ada banyak hal menarik yang bisa dinikmati di Pantai Manakarra. Selain terkenal dengan keindahan sunrise dan sunsetnya, rupanya ada beberapa fakta menarik tentang pantai ini.

1. Pantai Urugan

Hal yang belum diketahui oleh banyak orang adalah Manakarra sebenarnya merupakan pantai urugan atau hasil reklamasi. Tempat wisata ini terletak berdekatan dengan Hotel D’Maleo. Hotel d’Maleo sendiri merupakan hotel yang lahannya merupakan hasil reklamasi pantai.

2. Tempat berkumpulnya muda mudi

Kebanyakan muda-mudi senang dengan tempat yang indah seperti pantai. Begitu pula dengan Manakarra. Di sini, banyak kawula muda yang berkumpul untuk menikmati keindahan sunset di sore hari.

Baca juga: Wisata Di Sulawesi yang Wajib Dikunjungi, Pecinta Traveling Harus Mampir!

3. Acara rutin setiap tahun

Berbeda dengan berbagai pantai lain di Indonesia, wisata alam di Mamuju ini selalu memiliki acara rutin setiap tahun. Acara tersebut dilakukan pada bulan Agustus saat HUT Kemerdekaan Indonesia dan pada hari jadi Kota Mamuju. Pada tahun 2007 silam pernah diadakan peringatan yang sangat menarik yaitu pesta ikan segar 8 ton yang digelar sepanjang 4.300 meter.

4. Dikenal sebagai Losarinya Mamuju

Jika di Makassar ada pantai Losari, maka di Mamuju ada Manakarra. Keindahan dan keelokannya pun sangat mirip. Maka, banyak orang yang menyebut tempat wisata ini sebagai Losarinya Mamuju.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Difavoritkan Banyak Orang

5. Pantai Mata Satu

Ada fakta menarik tentang pantai Manakarra di mana tempat ini ini dikenal sebagai Pantai Bermata Dajjal. Rupanya, ada motif mata satu di salah satu bagian lokasi dan akan terlihat jelas jika dilihat dari bagian atas.

6. Kondisi yang kurang terawat

Pantai ini sebenarnya telah memiliki fasilitas yang lengkap. Namun, banyak sampah yang bertebaran di mana mana. Hal tersebut tentu akan membuat pengunjung merasa risih ketika berwisata.

Harapannya pemerintah melakukan penataan kembali pada Pantai Manakarra. Dengan begitu, banyak pengunjung akan merasa nyaman menikmati keindahan objek wisata ini. Apabila kamu kebetulan mampir di Kota Mamuju, jangan lupa mampir ke sini ya.

Featured Image: @like_mamuju

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password