Liburan ke Pantai Baron, Inilah Daftar Aktivitas Asyik yang Bisa Dilakukan

pantai baron
Rate this post

Berbicara mengenai tempat wisata di Yogyakarta memang tak ada habisnya. Kota para seniman ini menyimpan banyak destinasi yang sangat sayang untuk dilewatkan. Mulai dari wisata alam, buatan, sejarah, kuliner, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang sedang merencanakan perjalanan wisata di Yogyakarta, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Baron. Ada banyak keindahan dan fasilitas menarik bakal memanjakan kamu. Penasaran seperti apa? Silahkan simak gambaran dan informasinya berikut ini.

Keindahan Pantai Baron dan Aktivitas yang Bisa dilakukan

foto pantai baron dari atas

Pantai baron adalah salah satu obyek wisata bahari paling indah dan populer di Gunung Kidul. Terbukti, setiap harinya ramai dengan pengunjung lokal, kota lain, maupun turis mancanegara. Lantas apa alasan wisatawan menaruh minat besar pada Pantai Baron? Di sini tersaji pesona indah pantai berbentuk U dengan pasir berwarna coklat kehitaman. Ombaknya cukup besar, namun masih kategori aman.

Pantai Baron memiliki keunikan cukup menakjubkan berupa 2 aliran air sungai berbeda, yakni asin dengan warna kebiruan dan tawar berwarna kehijauan. Setiap 5 tahun sekali sungai tersebut berganti arah aliran. Jika sebelumnya mengalir ke barat menuju arah laut, maka bisa berubah ke timur membelah pasir pantai.

Pantai ini selalu ramai pengunjung. Para wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seru di Pantai Baron seperti:

1. Berenang di teluk

Pantai yang berada di selatan Yogyakarta ini memiliki teluk yang terbentuk dari sungai bawah tanah. Airnya tawar dan mengalir cukup deras ke arah laut. Kamu bisa merasakan kesegaran dan kejernihan teluk dengan berenang bersama keluarga tercinta. Suhu air yang cukup dingin membuat tubuh menjadi fresh kembali.

2. Tracking di perbukitan

Melakukan tracking di perbukitan yang mengelilingi pantai adalah aktivitas seru dan menantang yang tak boleh kamu lewatkan. Terlebih jika kamu berlibur bersama komunitas. Kelelahan mendaki bukit akan terbayar dengan lunas setelah kamu mencapai puncak.

3. Melihat keindahan alam dari ketinggian mercusuar

Sudah menjadi rahasia umum bahwa melihat keindahan alam dari ketinggian adalah hal paling menakjubkan. Di Pantai Baron, kamu bisa naik ke mercusuar untuk menyaksikan pesona laut, jajaran kapal nelayan, dan riuhnya hilir mudik para wisatawan. Pengalaman ini tidak akan kamu peroleh di obyek wisata pantai lainnya.

4. Spot foto kapal nelayan

Tak kalah menariknya para nelayan di pantai Baron telah mendesain kapal atau perahu mereka dengan begitu cantik sekaligus unik. Rasanya tak lengkap jika kamu belum mengambil foto instagramable di antara jajaran perahu tersebut.

5. Menikmati kuliner khas laut

Tak ada yang bisa memungkiri kelezatan makanan khas laut. Aneka sajian seperti, kepiting, kakap, udang windu, dan masih banyak lainnya, bisa kamu peroleh di rumah makan di sepanjang tepi pantai. Ini akan menjadi wisata bahari sekaligus kuliner terbaik kamu.

Baca juga: Sebelum ke Pantai Wediombo, Yuk Intip Keindahan, Harga Tiket, dan Rute Perjalanannya

Harga Tiket Masuk Pantai Baron

foto perahu dipantai baron

Kamu tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmati keindahan laut, sebab HTM pantai Baron hanya sebesar Rp 10.000 per orang. Sementara parkir dikenakan tarif Rp 2.000. Meski bertarif murah, kamu tak perlu khawatir terhadap keamanan dan kenyamanan kendaraan. Karena wisata di Yogyakarta ini menjadi pilihan terbaik wisata bahari menyenangkan dan hemat budget.

Baca juga: Pantai Sadranan Yogyakarta; Tempat Wisata Indah yang Murah Meriah

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Baron

foto sunset dipantai baron

Lokasi Pantai Baron berada di desa Kemadang, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 40 km dari pusat kota Yogyakarta. Pantai ini menjadi satu-satunya objek wisata di Gunung Kidul yang dapat dicapai dengan angkutan umum. Berasal dari manapun kamu, apabila menggunakan transportasi umum maka harus menuju terminal bus Wonosari, kemudian cari angkutan ke Pantai. Tarif angkutan berkisar Rp. 8.000- Rp. 10.000 dengan waktu perjalanan selama 40 menit.

Sementara itu, jika menggunakan kendaraan pribadi dari arah Kota Yogyakarta, maka rute yang harus kamu lewati adalah daerah Piyungan, Patuk, Sambipitu, Siyono, Wonosari, kemudian Jalan Baron. Lalu, rute arah Baron dari Solo yakni melewati daerah Sukoharjo, Tawangsari, Semin, Watukelir, Karangmojo dan Tanjungsari.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai Pantai Baron Gunung Kidul. Mari ajak orang-orang tercinta untuk mengunjungi destinasi ini. Kehadiran kamu adalah bentuk dukungan untuk memajukan pariwisata di Indonesia. Jangan lupa selalu menjaga keamanan diri dan kebersihan saat berada di pantai ini. Selamat menikmati waktu libur menyenangkan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password