17 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Bisa Dibawa Saat Mudik Lebaran

Oleh-Oleh Khas Jogja yang Bisa Dibawa Saat Mudik
Rate this post

Enaknyakemana.com – Lebaran akan segera tiba dan musim mudik pun sudah di depan mata. Untuk kamu yang tengah merantau tentu ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga dan sanak saudara di kampung halaman saat mudik nanti. Bagi kamu yang tengah merantau di Jogja, tim Enaknyakemana punya rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu bawa pulang. Oleh-oleh ini bisa kamu temukan di berbagai pusat oleh-oleh di Jogja.

Oleh-Oleh Khas Jogja yang Bisa Dibawa Saat Mudik Lebaran

1. Gudeg

Oleh-Oleh Khas Jogja - Gudeg kaleng Bagong
Foto: Lazada

Makanan ini memang identik dengan Jogja, sampai-sampai Jogja mendapat julukan Kota Gudeg. Ingin gudeg yang tahan lama untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh? Kamu bisa mencoba gudeg kaleng. Salah satu gudeg kaleng yang paling terkenal adalah Gudeg Bagong. Gudeg Bagong adalah Gudeg Yu Djum legendaris yang telah dikemas ke dalam kaleng dan diberi nama merk baru.

2. Bakpia

Bakpia khas Jogja
Foto: Shutterstock

Bakpia merupakan cemilan yang sangat identik dengan Jogja. Ada banyak merek bakpia khas Jogja yang menawarkan berbagai macam isian kacang hijau, mulai dari rasa original hingga rasa buah-buahan. Ada banyak merek bakpia di Jogja. Bakpia enak yang paling direkomendasikan adalah Bakpia Patuk 75, Bakpia Pathok 25, Bakpia Merlino, dan Bakpia Kencana.

3. Cokelat Monggo

Oleh-Oleh Khas Jogja - Cokelat Monggo
Foto: Net.z

Jogja punya cokelat mewah berkualitas tinggi yang wajib kamu coba, yaitu Cokelat Monggo. Kamu bisa melihat pembuatannya secara langsung di pabriknya. Namun selain bisa dibeli di pabriknya, cokelat ini juga sudah dijual di berbagai toko dan supermaket di Jogja.

4. Geplak

Geplak Khas Jogja
Foto: Shutterstock

Untuk kamu yang mencari oleh-oleh makanan khas jogja selain bakpia dan gudeg, kamu bisa mencoba geplak. Geplak merupakan cemilan khas kota Bantul yang terbuat dari parutan kelapa dan gula jawa. Geplak aneka warna yang paling terkenal di Jogja adalah Geplak Mbok Tumpuk.

5. Yangko

Yangko khas Jogja
Foto: Twitter Gethuk Eco

Yangko merupakan makanan khas Kotagede Jogja yang terbuat dari tepung ketan yang berbentuk kotak dan teksturnya kenyal. Salah satu Yangko yang paling terkenal di Jogja adalah Yangko Pak Prapto.

6. Jogja Scrummy

Jogja Scrummy
Foto: Shopee

Jogja Scrummy merupakan oleh-oleh kekinian khas Jogja milik aktor Dude Harlino. Jogja Scrummy merupakan kue perpaduan antara brownies dan puff pastry. Ada berbagai macam rasa yang ditawarkan, seperti rasa coklat, keju, taro, karamel, srikaya, dan mangga.

Baca juga : 5 Pusat Bakpia Jogja yang Paling Laris dan Melegenda

7. Mamahke Jogja

Mamahke Jogja
Foto: Makan Keliling

Mamahke merupakan kue milik artis Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo yang menjelma menjadi oleh-oleh kekinian khas Jogja. Mamahke Jogja memiliki beragam pilihan rasa, yaitu coklat, keju, tiramisu, green tea, choco banana, dan red velvet.

8. Belalang Goreng

Oleh-Oleh Khas Jogja - Belalang Goreng atau Walang Goreng
Foto: KlikOlehOleh

Belalang Goreng atau walang goreng merupakan kuliner ekstrim yang berasal dari Gunung Kidul, Jogja. Belalang memiliki kandungan protein yang tinggi dan jika digoreng rasanya gurih nan lezat. 

9. Salak Pondoh

Salak Pondoh
Foto: Tribunnews

Salak pondoh merupakan salah satu varian buah salak yang banyak tumbuh di lereng gunung Merapi, tepatnya di Kabupaten Sleman. Ciri khas rasa salah pondoh adalah manis dan tidak sepet, meskipun saat buahnya masih muda. Salak pondoh yang dibudidayakan antara lain salak pondoh super, salak pondoh merah, salak pondoh kuning, dan salak pondoh hitam.

10. Keripik Belut

Keripik Belut
Foto: Tokopedia

Keripik belut adalah salah satu cemilan khas Jogja yang bisa dijadikan oleh-oleh. Keripik biasanya berupa belut yang digorengan dengan tepung. Keripik belut banyak dijual di Pasar Godean, Sleman.

11. Tahu Susu Bakso

Tahu Susu Bakso
Foto: IDN Times

Tahu susu bakso atau yang disingkat Tasuba merupakan oleh-oleh khas Sleman, Jogja yang enak dan tidak boleh kamu lewatkan. Tasuba merupakan tahu bakso yang dipadukan dengan susu sapi murni. Ada banyak pilihan rasa yang ditawarkan, yaitu tahu isi daging sapi, ayam, udang, dan ikan.

12. Batik

Batik Khas Jogja
Foto: Shutterstock

Untuk kamu yang mencari oleh-oleh khas Jogja selain makanan, batik bisa menjadi pilihan. Batik merupakan oleh-oleh yang paling dicari oleh para wisatawan, baik berupa kain maupun busana. Tempat yang biasanya menjadi tujuan untuk mencari batik adalah kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo.

Baca juga : 5 Rekomendasi Toko Batik di Malioboro Paling Diburu Wisatawan

13. Kaos Dagadu

Kaos Dagadu Khas Jogja
Foto: KSMTour

Untuk kamu yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas Jogja yang unik, kamu bisa membeli Kaos Dagadu. Kaos-kaos dari brand legendaris ini biasanya memiliki tulisan-tulisan atau motif-motif yang lucu dan cenderung nyeleneh.

14. Dowa Bag

Dowa Bag Jogja
Foto: Shutterstock

Dowa Bag merupakan produk tas rajut asli Jogja yang telah diekspor hingga ke benua Amerika dan Eropa. Brand premium ini juga menjual produk aksesoris rajut lainnya, seperti dompet, scarf, clutch, tas laptop, sandal, dan lain sebagainya. Showroom utama Dowa Bag letaknya di Jalan Godean, Yogyakarta.

15. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak Kotagede
Foto: Detik Travel

Kotagede, Yogyakarta memang terkenal dengan kerajinan peraknya. Hampir di setiap sudut Kotagede terdapat pengrajin perak. Kerajinan perak dari Kotagede bahkan sudah diekspor ke mancanegara seperti Eropa. Kerajinan perak yang dihasilkan antara lain aksesoris perhiasan, perabot makan dan minum, pajangan rumah, tempat lilin, dan lain sebagainya.

16. Kerajinan Kulit

Kerajinan Kulit Manding
Foto: Tribunnews

Untuk kamu yang tengah mencari fashion item yang terbuat dari kulit, kamu bisa ke Sentra Industri Kerajinan Kulit Manding andalan Kota Jogja yang juga sudah terkenal sampai mancanegara. Kerajinan yang dihasilkan antara lain aneka jenis tas, dompet, aksesoris, sandal, sepatu, jaket, dan lain sebagainya.

17. Kerajinan Gerabah

Kerajinan Gerabah Kasongan
Foto: Kompasiana

Kerajinan lain yang juga merupakan oleh-oleh khas Jogja adalah kerajinan gerabah. Sentra kerajinan gerabah di Jogja adalah di Kasongan, Bantul. Kasongan memang identik sebagai pusat kerajinan tanah liat seperti gerabah dan keramik. Produk kerajinan yang dihasilkan merupakan barang-barang berseni tinggi seperti patung, guci, kendi, gentong, vas bunga, cobek, dan patung Loro Blonyo.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu bawa pulang saat mudik lebaran nanti. Semoga bisa menjadi hadiah yang berkesan untuk keluarga dan saudara di rumah.

 

*** Featured image: Shutterstock

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password