12 Obyek Wisata yang Dilewati Tol Trans Jawa, Bisa Dikunjungi Saat Mudik!

Obyek Wisata yang Dilewati Tol Trans Jawa

Enaknyakemana.com – Mudik ke kampung halaman merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang biasa dilakukan setiap tahun saat lebaran untuk bersilaturahmi bersama keluarga dan sanak saudara. Untuk kamu yang mudik melewati jalur tol Trans Jawa, kamu juga bisa sambil berkunjung ke berbagai tempat wisata di kota yang dilewatinya. Berikut ini beberapa obyek wisata yang dilewati tol Trans Jawa yang bisa kamu kunjungi saat perjalanan mudik lebaran.

Obyek Wisata yang Dilewati Tol Trans Jawa yang Bisa Dikunjungi Saat Mudik

Kawasan Banten & Jakarta

1. Pantai Anyer (Serang)

Obyek Wisata yang Dilewati Tol Trans Jawa - Pantai Anyer
Foto: PegiPegi

Pantai ini merupakan pantai yang paling populer di Banten karena keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali, Sulawesi, dan Papua. Pantai Anyer bisa dijadikan alternatif tempat wisata saat mudik lebaran.

2. Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta)

Obyek Wisata yang Dilewati Tol Trans Jawa - Taman Mini Indonesia Indah
Foto: Wikimedia

Siapa sih yang tidak tahu TMII? Kawasan wisata bertema budaya Indonesia ini selalu menjadi salah satu tujuan wisata utama saat berkunjung ke Jakarta. Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

3. Kebun Binatang Ragunan (Jakarta)

Obyek Wisata yang Dilewati Tol Trans Jawa - Kebun Binatang Ragunan
Foto: Explore Wisata

Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang modern yang telah menjadi salah satu identitas kota Jakarta. Terdapat lebih dari 2.000 ekor satwa yang menghuni kebun binatang, sehingga tempat wisata ini bisa juga menjadi wisata edukasi untuk anak-anak.

Baca juga : 6 Tips Perbekalan Makanan Untuk Perjalanan Mudik Anda!

Kawasan Jawa Barat

4. Banyu Panas Gempol Palimanan (Cirebon)

Obyek Wisata yang Dilewati Tol Trans Jawa - Banyu Panas Gempol Palimanan
Foto: Jejak Piknik

Salah satu tempat wisata saat melewati kawasan Jawa Barat adalah wisata Banyu Panas Gempol Palimanan yang ada di Cirebon. Selain menikmati pemandian air panas, kamu juga akan disuguhi pemandangan alam berupa perbukitan dan pepohonan yang hijau dan sejuk.

5. Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani (Cirebon)

Obyek Wisata yang Dilewati Tol Trans Jawa - Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani
Foto: Piknik Asik

Jika kamu transit di Cirebon saat mudik melewati tol Trans Jawa, jangan lupa untuk mengunjungi Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. Letaknya ada di tepi pantai utara Kota Cirebon. Di sana terdapat berbagai wahana permainan air yang siap menghibur wisatawan.

6. Taman Sari Goa Sunyaragi (Cirebon)

Obyek Wisata yang Dilewati Tol Trans Jawa - Taman Sari Goa Sunyaragi
Foto: Tribunnews

Taman Sari Goa Sunyaragi merupakan obyek wisata sejarah yang ada di tengah kota Cirebon. Situs sejarah ini berupa gua dan lorong-lorong batu yang eksotis dengan material batu karang yang asalnya dari laut selatan.

Baca juga : Tips Mudik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor

Kawasan Jawa Tengah

7. Pemandian Air Panas Guci (Tegal)

Pemandian Air Panas Guci
Foto: Travels Promo

Pemandian air panas Guci terletak di desa Guci, Kabupaten Tegal, tepatnya di kaki Gunung Slamet. Di sini kamu bisa merasakan sensasi berendam di air panas yang jernih di tengah suasana dingin dan asri pegunungan. Pemandian air panas Guci juga menyediakan water park, kolam, dan wisma.

8. Saloka Theme Park (Semarang)

Saloka Theme Park
Foto: Tribunnews

Saloka Theme Park merupakan salah satu obyek wisata baru di Semarang. Saloka Theme Park bisa menjadi alternatif untuk tujuan wisata bersama keluarga karena terdapat banyak wahana permainan menarik yang ditawarkan. Terdapat 25 wahana rekreasi yang tentunya akan terus bertambah.

9. Pandawa Water World (Solo)

Pandawa Water World
Foto: Trip Jalan Jalan

Pandawa Water World merupakan tempat wisata keluarga yang bisa dikunjungi saat melewati tol Trans Jawa, tepatnya di kota Solo. Pandawa Water World memiliki arsitektur unik dengan tema etnik mahabarata. Di sini terdapat beragam wahana permainan air baik untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak.

Baca juga : Tanpa Ribet, Simak Tips Mudik Asyik dengan Mobil Pribadi

Kawasan Jawa Timur

10. Air Terjun Pengantin (Ngawi)

Air Terjun Pengantin
Foto: GoTravelly

Air Terjun Pengantin merupakan salah satu tempat wisata di Ngawi yang bisa dikunjungi saat mudik melewati to Trans Jawa. Di sini terdapat keindahan dua air terjun yang mengalir berdampingan secara alami. Ada juga jembatan selfie yang letaknya berhadapan dengan air terjun. Jembatan ini sering dijadikan spot untuk berfoto karena sangat instagramable.

11. Gunung Bromo (Probolinggo)

Gunung Bromo
Foto: Kemenko Kemaritiman RI

Siapa sih yang tidak mengenal gunung yang masih aktif ini? Gunung Bromo merupakan gunung paling populer di Jawa Timur yang selalu menjadi tujuan favorit para pendaki.

12. Pantai Pulau Merah (Banyuwangi)

Pantai Pulau Merah
Foto: Indonesia Tourism

Pantai Pulau Merah merupakan tempat wisata di Banyuwangi yang menjadi favorit para wisatawan domestik dan mancanegara. Di sini kamu akan disuguhi keindahan pesona pantai yang bersih. Ombak-ombak di pantai ini juga sering digunakan untuk olahraga surfing.

Nah, itu dia beberapa tempat wisata yang dilewati tol Trans Jawa yang terbentang dari Merak hingga Banyuwangi tanpa putus. Semoga bisa menjadi panduan wisata untuk kamu yang mudik sambil traveling bersama keluarga.

 

Featured image: Media Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password