Objek Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon

Objek Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon

Enaknyakemana.com – Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) adalah sebuah kawasan wisata yang letaknya di ujung barat pulau jawa, tepatnya di kecamatan Sumur, Cimanggu kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Komisi warisan dunia UNESCO bahkan telah menetapkan Taman Nasional ini sebagai situs warisan dunia untuk kategori Alam pada 1 Februari 1992 loh.

Harga tiket masuk ke Taman Nasional ini Rp.5000 saja per orang untuk pengunjung lokal ataupun dalam negeri, serta Rp.150.000 per orang untuk wisatawan asing. Dengan luas area yang mencapai 122.956 Hektare membuat Taman Nasional ini sangatlah menarik untuk dijelajahi. Penasaran apa saja objek wisata menarik yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon? berikut ulasan lengkapnya.

Objek Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon

1. Pulau Handeuleum

Objek Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon

Satu lagi kawasan wisata di Taman Nasional Ujung Kulon yang paling popular yakni pulau Handeuleum. Pulau ini sering dijadikan tujuan wisata para traveler yang hobi dengan petualangan karena salah satu kegiatan yang ditawarkan di pulau ini adalah wisata adventure. Keunikan pulau ini adalah terdapat sungai yang membelah pulau dimana sering dimanfaatkan untuk canaoing alias bersampan.

2. Pulau peucang

Objek Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon

Salah satu tempat wisata terpopuler di Taman Nasional Ujung Kulon selanjutnya adalah pulau Peucang. Pantai ini memiliki karakteristik berpasir putih yang lapang dengan perairan yang jernih dan terang. Kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini adalah trekking ke karang Copong untuk menyaksikan matahari terbenam, berenang dan juga snorkeling di perairan dangkal hingga menyelam ke bawah laut yang indah.

Baca juga : Menilik Pesona Cantik Pulau Gili Lawa, Pintu Gerbang Ke Taman Nasional Komodo

3. Gunung Honje

Objek Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon

Luas wilayah gunung ini sekitar 19.500 Hektare, dimana dikelilingi oleh 19 desa penyangga, salah satu yang menjadi pintu gerangnya adalah desa Tamanjaya. Di gunung ini terdapat desa nelayan Cibanua, Curug Pipanis, sumber air panas Cibiuk dan juga wildlife.

4. Pulau oar

Objek Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon

Pulau mini dengan maksi ini merupakan pulau yang sangat kecil, ukurannya hanya seukuran dengan lapagan basket. Pulau ini termasuk dalam Taman Nasional Ujung Kulon dan dapat diakses dengan menyeberang dari desa Sumur, yaitu hanya membutuhkan waktu 10 menit. Ombak dipantai ini sangat landau dan jika penasaran dengan isi pulau ini, Anda bisa mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki dan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja.

Baca juga : Berencana ke Taman Nasional Meru Betiri? Ini Spot Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi

5. Padang rumput Cidaon

Objek Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon

Anda dapat menikmati sensasi berada dekat dengan hewan liar di Taman Nasional Ujung Kulon ini. Kegiatan wild watching bisa dilakukan dengan mengunjungi padang rumput Cidaon, disinilah banyak banyak hewan liar yang hidup untuk mencari makan. Beberapa jenis hewan yang liar yang kerap terlihat di padang rumput ini diantaranya adalah sapi, banteng, kerbau dan burung merak.

Hanya saja kalau datang ke tempat ini disarankan untuk bersama pemandu karena mereka akan mengarahkan ke tempat yang aman untuk melihat hewan liar tersebut

6. Pantai ciputih

Objek Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon

Pantai perawan di ujung barat pulau Jawa merupakan salah satu objek wisata di taman Taman Nasional Ujung Kulon. Pantai ini bisa jadi memiliki akses jalan yang paling mudah dan memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Di pesisir pantai telah ada Ciputih beach resort megah dengan berbagai fasilitas yang lengkap.

Pantai ini bisa diakses dari Jakarta dengan memakan waktu sekitar 6 jam dengan rute perjalanan Jakarta- Serang- Pandeglang- Panimbang- Sumur- Pantai ciputih. Pantai ini di anugerahi pemandangan yang sangat indah serta ombak yang landau.

Nah, itulah beberapa rekomendasi dari Objek Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon yang bisa Anda kunjungi. Ternyata keindahan alam Indonesia sangat beragam bukan? Jangan lupa untuk selalu menjaga keragaman hayati sebagai bukti dari kekayaan Indonesia. Selamat melancong!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password