Museum Tsunami, Pengukir Kisah Pilu di Tanah Rencong

Museum Tsunami, Pengukir Kisah Pilu di Tanah Rencong

Enaknyakemana.com – Bencana Alam di Aceh pada 2014 silam masih menyisakan pilu. Museum Tsunami menjadi saksi bisu atas segala perjuangan, kehilangan dan juga hikmah untuk lebih dihayati oleh masyarakat sekitar dan juga lainnya. Bangunan kokoh Museum Tsunami terlihat seperti gelombang tsunami apabila dipantau dari atas dan layaknya kapal yang luas saat dilihat dari bawah.

Anda yang berkunjung ke Museum Tsunami ini dapat menyaksikan kejadian pilu tsunami secara menyeluruh dengan terbagi ke dalam beberapa ruang. Ruang pertama yang dapat dikunjungi adalah Space of Fear dengan hiasan gemericik air sebagai tiruan tsunami di lorong sempit. Selanjutnya, Anda dapat memasuki ruang kenangan yang di dalamnya menampilkan gambar para korban, lengkap dengan lokasi bencana. Bagian ini sering dikenal dengan space of memory yang menjadi tempat perengungan agar dapat mengambil hikmah dari kejadian dahsyat tsunami.

Museum Tsunami, Pengukir Kisah Pilu di Tanah Rencong

Tsunami yang menelan hingga ratusan ribu korban, diabadikan dalam ruang Space of Sorrow atau Sumur Doa yang menampilkan nama-nama korban waktu itu. Di tempat ini, pengunjung dipersilakan untuk mendoakan para korban sesuai kepercayaannya masing-masing. Bagian selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Space of Confuse. Ruang ini melambangkan kebingungan, tetapi tetap memiliki harapan dengan adanya bantuan untuk pulih dari bencana.

Museum Tsunami, Pengukir Kisah Pilu di Tanah Rencong

Ruang terakhir untuk menghayati kejadian tsunami adalah jembatan harapan atau space of hope. Di bagian ini terdapat puluhan bendera dari 54 negara yang ketika itu ikut membantu Aceh pasca tsunami. Pada setiap bendera terdapat kata “damai” dengan bahasa masing-masing negara sebagai refleksi perdamaian Aceh dari peperangan dan konflik sebelum tsunami terjadi. Keberadaan bendera, menjadi kekuatan akan dukungan mereka yang datang ke Aceh untuk melihat kondisi secara langsung, serta turut andil dalam membangun kembali Aceh setelah bencana terjadi.

Museum Tsunami, Pengukir Kisah Pilu di Tanah Rencong

Perjalanan menyentuh hati ini dapat berlanjut ke beberapa tempat lainnya sesuai keinginan Anda. Situs via.com dapat membantu memberikan jadwal perjalanan dengan paket wisata yang memberikan kelengkapan informasi untuk Anda. Tidak ada harga yang disembunyikan. Seluruh anggaran disertakan keterangan fasilitas yang akan Anda dapatkan. Anda dapat menggunakan akses via.com untuk perjalanan lainnya yang akan memberi kemudahan dan kenyamanan serta kepuasan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password