Yuk Piknik Sambil Belajar di Museum Batak Balige Sumatera Utara!

Yuk Piknik Sambil Belajar di Museum Batak Balige Sumatera Utara

Enaknyakemana.com – Museum Batak Balige yang juga dikenal sebagai Museum T.B.Silalahi atau Museum Jejak Langkah dan Sejarah T.B Silalahi merupakan destinasi wisata edukasi sejarah dan budaya yang wajib didatangi saat mengunjungi Danau Toba. Berjarak 250 km atau 6-7 jam perjalanan dari Medan atau 1,5 jam dari Prapat, Anda dapat mengarahkan kemudi ke kompleks T.B.Silalahi Center di Desa Soposurung, Balige, untuk menikmati sajian wisata sarat nilai pendidikan ini.

Piknik Sambil Belajar di Museum Batak Balige Sumatera Utara

Museum ini memiliki koleksi adat dan budaya Batak yang lengkap dari ke-enam etnis yang tersebar di seluruh penjuru Sumatera Utara, yakni Angkola, Karo, Mandailing, Pakpak, Simalungun dan Toba. Museum yang didirikan oleh Letjen TNI (Purn) Dr. (HC) Tiopan Bernhard Silalahi ini mengoleksi aneka artefak leluhur; senjata khas Batak, seperti hujur (tombak), podang (pedang), piso (pisau), sior (panah dan busur), utop (sumpit) dan bodil (senapan); koleksi pakaian dari keenam etnis Batak; miniatur Huta Batak yang berisi rumah tradisional Batak Toba yang telah berusia ratusan tahun; hingga miniatur gale-gale atau patung khas Batak yang dapat menari. Anda juga dapat mempelajari aksara Batak Toba yang merupakan tata bahasa pertama di Hindia Belanda yang disusun secara ilmiah.

Menempati areal seluas lima hektar, museum dengan luas lantai bangunan 3.356 m2 ini dibagi menjadi empat level lantai. Lantai pertama difungsikan sebagai outdoor museum dan kantor, serta ruang pemantau CCTV dan aneka fasilitas penunjang museum lainnya. Lantai kedua merupakan ruang penerimaan tamu dan ruang pamer temporer.

Baca juga : Pesona Indah Sumatera Utara untuk Jepretan Ciamik-mu

Lantai ketiga juga difungsikan sebagai ruang pameran indoor, sekaligus penunjang koleksi. Di lantai ini, Anda dapat menikmati berbagai koleksi museum yang dipajang sesuai karakteristiknya. Pada bagian atap terdapat sebuah sky restaurant dan viewing pick, di mana Anda dapat menikmati eksotisme alam Danau Toba dari kejauhan. Pemandangan aneka perahu warna-warni yang menghiasi permukaan danau yang biru mampu menjadi magnet bagi Anda yang datang berkunjung.

Yuk Piknik Sambil Belajar di Museum Batak Balige Sumatera Utara

Selama berkunjung, wisatawan akan disuguhi dengan petuah-petuah leluhur Batak yang terpajang di dinding-dinding museum. Beberapa pepatah itu antara lain, Paias Rohamu (Bersihkan Hatimu), Paias Pamatanganmu (Bersihkan Tubuhmu), Paias Peheanmu (Bersihkan Pakaianmu), Paias Jabumu (Bersihkan Rumahmu), dan Paias Alamanmu (Bersihkan Halamanmu). Selain petuah-petuah tersebut, terpajang pula nasehat yang berkaitan dengan kerja keras dan kerja cerdas a la leluhur batak, yaitu Hamoraon (carilah rezeki dan keberuntungan); Hagabeon (carilah kesempurnaan hidup); dan Hasangapon (carilah kehormatan dan kemuliaan).

Yuk Piknik Sambil Belajar di Museum Batak Balige Sumatera Utara

Selain aneka warisan leluhur, museum yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 18 Januari 2011 ini juga memiliki sebuah ruang khusus koleksi pribadi milik pendirinya, T.B.Silalahi yang menyimpan seragam dan pangkat-pangkat ketika berada di militer, ijazah, pakaian ketika menjadi menteri, bangku sekolah saat di SR (Sekolah Rakjat), hingga mobil dinas saat menjabat sebagai Menpan pada Kabinet Pembangunan IV.

Melalui ruangan jejak langkah dan sejarah T.B.Silalahi ini, pendiri ingin menumbuhkan motivasi generasi muda untuk meraih cita-cita, mengingat pada saat masih kanak-kanak dahulu, T.B.Silalahi adalah anak seorang penggembala kerbau. Namun, berkat kerja keras yang selama ini menjadi poros kekuatannya membangun mimpi, T.B.Silalahi mampu menjadi orang yang tersohor, bahkan di luar jagad Balige.

Baca juga : Rekomendasi 4 Tempat Wisata di Pulau Sumatera yang Paling Ramai Pengunjungnya

Wisatawan yang berminat mengunjungi museum ini bisa membayar harga tiket masuk di loket, yang dipatok harga Rp.5.000,00 untuk dewasa, Rp.3.000,00 untuk anak-anak dan Rp.50.000,00 untuk wisatawan asing. Museum dibuka sejak pukul 08.00-17.00 di hari Senin-Jum’at; 08.00-18.00 di hari Sabtu-Minggu dan Hari Libur Nasional. Tentu, dengan semua kelengkapan fasilitas serta panorama Danau Toba berikut Pulau Samosir yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, museum ini layak dicatat dalam agenda perjalanan wisata akhir pekan ini.

Yuk Piknik Sambil Belajar di Museum Batak Balige Sumatera Utara

Tertarik mengunjungi Museum Batak Balige dan ratusan destinasi wisata menarik lainnya di Sumatera Utara? Yuk segera rancang perjalanan Anda bersama via.com. Kunjungi situs via.id untuk memperoleh berbagai penawaran menarik seputar penerbangan dan penginapan selama travelling ke Medan dan sekitarnya. Dapatkan pula promo penerbangan bersama maskapai Citilink hanya di situs via.id. Tunggu apalagi, segera rancang liburan berkesan Anda hanya bersama via.com.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password