Mudik 2018 Sebentar Lagi, 6 Hal Ini Harus Anda Perhatikan

Mudik 2018

Enaknyakemana.com – Mudik adalah tradisi tahunan yang hanya ada di Indonesia, dimana para warga yang merantau di luar kota kembali ke kampung halamannya. Mudik 2018 sudah didepan mata dan tinggal hitungan minggu. Meski masih lebih dari satu bulan lagi, yang namanya mudik harus dipersiapkan sedini mungkin. Apalagi bagi anda yang mudik menggunakan transportasi umum, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Simak 6 hal berikut ini, agar mudik 2018 nanti aman dan tak perlu repot.

 

1. Rencanakan Jadwal Keberangkatan dan Pulang

Mudik 2018

 

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan tanggal kepulangan. Tentu ini berbeda bagi masing-masing orang karena kepentingannya juga berbeda. Arus mudik akan semakin padat jika mendekati hari raya, jadi alangkah baiknya jika anda merencanakan jauh-jauh hari sebelum hari H. Selain itu, hal ini tentu dapat menghemat biaya dan waktu di perjalanan yang macet. Merencanakan tanggal mudik ini berlaku bagi anda yang mudik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

 

2. Memesan Tiket

Mudik 2018

 

Setelah anda merencanakan kapan mudik ke kampung halaman, selanjutnya adalah memesan tiket. Bagi anda yang mudik menggunakan transportasi umum harus memperhatikan waktu pemesanan tiket. Jika anda menggunakan kereta api, maka harus memesan tiket 90 hari sebelum hari H. Hal ini untuk mengantisipasi system yang down dan error. Pemesanan tiket kini telah menggunakan fasilitas online, jadi anda tidak perlu repot antri di stasiun. Cek juga website PT.KAI mulai sekarang, karena biasanya ada program mudik gratis dari pemerintah. Atau paling tidak anda bisa mendapatkan tiket yang lebih murah saat memesan jauh-jauh hari.

 

3. Persiapkan Barang Yang Akan Dibawa

 

Pemudik biasanya membawa beraneka ragam barang saat mudik. Mereka membawa baju, oleh-oleh bahkan beberapa perabot rumah yang mungkin akan diberikan ke keluarganya. Tapi sebaiknya cukup bawa sedikit barang saja. Hal ini karena anda akan mudik menggunakan transportasi umum, sehingga kalau terlalu banyak barang akan merepotkan dan bisa membahayakan bagi anda. Anda juga mulai persiapkan oleh-oleh apa yang akan dibawa untuk saudara di kampung halaman. Barang pribadi dan oleh-oleh usahakan jangan terlalu banyak. Karena di kereta juga ada batas maksimal beban yang dibawa.

 

4. Bawa 2 Tas Saja

 

Saat mudik tentunya anda tidak sendirian, ada banyak sekali orang yang melakukan perjalanan yang sama. Barang yang dibawa juga banyak banyak. Usahakan jangan membawa lebih dari 2 tas, yaitu ransel dan tas jinjing/koper saja. Kalau anda hanya membawa 2 tas saja, tentunya akan memudahkan dalam menjaga barang-barang di kereta

 

5. Pastikan Rumah Yang Ditinggalkan Dalam Kondisi Aman

 

Mulai sekarang anda juga harus memikirkan rumah atau tempat yang akan anda tinggalkan sementara waktu. Anda harus memastikan bahwa rumah anda aman, gunakan kamera CCTV atau titipkan pada orang kepercayaan anda. Begitu pula untuk kendaraan dan hewan peliharaan. Anda juga harus memikirkan mulai sekarang untuk dititipkan kemana dan jangan sampai menelantarkannya.

 

6. Bawa Makanan Atau Cemilan Saat Di Kereta

 

Perjalanan mudik yang anda tempuh mungkin memakan waktu berjam-jam hingga berhari-hari. Maka jangan lupa bawa bekal makanan dan juga snack. Sebenarnya anda bisa membeli di kereta, tapi untuk menghemat pengeluaran lebih baik bawa sendiri.

Persiapkan Mudik 2018 mulai sekarang. Pesan tiket sebelum kehabisan di www.via.com. Mudik aman tanpa repot dengan menggunakan kereta api.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password