Waspada! 3 Hal ini Sering Jadi Modus Penipuan di Destinasi Wisata Eropa

Modus Penipuan di Destinasi Wisata Eropa

Enaknyakemana.com – Liburan memang menjadi momen berkesan bagi Anda yang mulai penat dengan rutinitas harian. Namun, bagaimana bila momen liburan justru berubah menjadi hal tidak menyenangkan? Seperti menjadi korban penipuan atau pencopetan di destinasi wisata pilihan Anda. Membayangkannya pun tentu membuat Anda bergidik ngeri, bukan? Maka dari itu, saat merancang momen liburan Anda, tak ada salahnya mencari informasi tentang modus penipuan yang sering terjadi di tempat wisata.

Eropa sebagai salah satu destinasi favorit bagi para pelancong ternyata juga tidak lepas dari modus-modus penipuan semacam ini. Anda tentunya harus ekstra harti-hati, terlebih apabila Anda tidak begitu mengenali kondisi wilayah tempat Anda berlibur. Berikut adalah ulasan mengenai tiga hal yang sering menjadi modus penipuan di destinasi wisata Eropa. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Modus Penipuan di Destinasi Wisata Eropa

1. Cincin yang Jatuh di Jalan

Modus Penipuan di Destinasi Wisata Eropa

Anda pasti tidak menduga bahwa cincin bisa menjadi umpan bagi para korban penipuan saat berwisata ke Eropa. Kenyataannya memang demikian. Benda ini sering digunakan untuk memancing wisatawan untuk selanjutnya dikelabuhi oleh kawanan pencopet.

Modus ini biasa terjadi di Perancis dan umumnya dilakukan oleh seorang wanita. Wanita ini biasanya akan menjatuhkan cincin tepat di depan Anda dan menanyakan apakah cincin tersebut milik Anda. Apabila Anda menggelengkan kepala, wanita tersebut akan pura-pura mengecek keaslian cincin tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ, si wanita akan memaksa Anda membeli cincin tersebut dengan harga yang mahal dan Anda akan dihadapkan pada pilihan yang sulit. Terlebih saat wanita tersebut menuduh Anda sebagai pencuri cincin. Komplotan lain pun beraksi dan siap mengambil dompet Anda saat Anda fokus berdebat dengan wanita tersebut.

Baca juga : Wisata ke 5 Kastil di Eropa Seperti Membawamu Ke Negeri Dongeng

2. Atraksi atau Pertunjukan Jalanan

Modus Penipuan di Destinasi Wisata Eropa

Pertunjukan jalanan tentu menjadi salah satu momen langka yang ingin Anda nikmati saat berlibur di Eropa. Kapan lagi bisa menikmati pertunjukan dan permainan jalanan yang unik dan menghibur? Eits, tapi Anda perlu berhati-hati, karena bisa jadi satu hal ini merupakan modus penipuan dan pencopetan barang-barang berharga milik Anda.

Perhatikan kondisi sekeliling, termasuk benda berharga yang Anda bawa, karena si pencuri siap beraksi saat Anda tengah fokus terhadap pertunjukan. Anda juga harus berhati-hati saat memungut benda yang jatuh, karena bisa saja seorang komplotan pencuri memanfaatkan momen tersebut untuk mencuri dompet di saku celana Anda.

Baca juga : Jangan Panik! Ini 4 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Kecopetan di Luar Negeri

3. Retribusi atau Tiket Masuk Berbayar

Modus Penipuan di Destinasi Wisata Eropa

Bagi Anda yang tidak pergi bersama rombongan, tentu akan menjadi mangsa utama para penipu ulung yang menggunakan modus ini. Hal ini tentu membuat Anda perlu mempersiapkan banyak informasi terkait destinasi wisata yang akan Anda kunjungi. Alih-alih berbuah kebahagiaan, penipuan jenis ini akan membuat liburan Anda menjadi berantakan.

Para penipu biasanya memalsukan identitasnya dan memungut retribusi atau tiket masuk saat Anda mengunjungi suatu kawasan wisata yang sebenarnya gratis. Meski sangat sulit mengabaikan modus penipuan ini, tak ada salahnya untuk senantiasa waspada dan tidak menyendiri meski sedang menjalankan misi solo travelling.

Itu lah tiga hal yang sering menjadi modus penipuan di destinasi wisata Eropa. Anda tentu bisa mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan dengan mengumpulkan banyak informasi seputar perjalanan, sekaligus akomodasi pendukung. Untuk melengkapi perjalanan Anda yang berkesan, tak ada salahnya mempersiapkan detail akomodasi liburan bersama via.com. Situs via.id menyediakan berbagai akomodasi pendukung, seperti tiket pesawat, kereta api, hotel, penginapan, hingga paket wisata.

Sempurnakan perjalanan Anda ke Eropa dengan promo penerbangan bersama Turkish Airlines mulai dari IDR 2,4 jutaan (PP) hanya di situs via.id. Menarik, bukan? Tunggu apalagi, segera rancang liburan berkesan Anda ke Eropa dan tempat-tempat wisata menarik lainnya hanya bersama via.com.

 

Sumber image : sportourism, ytimg, detik, reservasi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password