Mencicipi Segarnya Asinan Jagung Bakar dari Bogor

Asinan Jagung Bakar dari Bogor

Enaknyakemana.com – Bagi Anda pencinta Kuliner atau yang tentunya hobi makan, coba cicipi makanan yang satu ini, Asinan Jagung Bakar dari Bogor. Bogor memang dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki banyak kekayaan kuliner yang nikmat. Eksistensinya tak pernah kehilangan pelanggan, dikarenakan kuliner khas Bogor ini dikategorikan istimewa dan wajib untuk dicicipi

Apalagi Asinan Jagung Bakar dari Bogor, yang hanya merupakan salah satu dari banyak kuliner yang berada di kota hujan tersebut. Semangkuk Asinan dengan jagung bakar lengkap dengan kerupuk, mie dan bumbu serta sambal cuka, tentunya akan membuat Anda tak sabar untuk melahapnya. Lazimnya, Asinan terbuat dari campuran sayur-mayur dan buah-buahan seperti Pepaya muda, Sawi, Kol, Tauge, Kedondong, dan sebagainya. Nah di Bogor, terutama di kawasan Pecinan, ada Asinan unik yang berbahan utama Jagung Bakar.

Asinan Jagung Bakar dari Bogor

Salah satu resep andalannya yaitu memakai cuka buatan sendiri, dari Aren yang difermentasi. Membuatnya juga tidak memakai cuka biasa di pasar karena dianggap terlalu keras. Oleh karena itu kesegaran dari Aren membuat Asinan Jagung Bakar ini beda dengan Asinan lain. Apalagi, asinan ini tidak menggunakan banyak buah atau sayuran, jadi campuran cukanya harus jadi kunci kenikmatan.

Cara pembuatannya, jagung manis dibakar hingga masak dan gosong di beberapa titik oleh panas arang. Kemudian, disisir hingga bijinya berjatuhan. Untuk satu porsi asinan jagung bakar biasanya menghabiskan setengah jagung. Setelah disisir ke dalam mangkuk, jagung tersebut diberi irisan timun, gula, dan garam. Untuk takaran gula dan garam yakni dua sendok gula dengan satu sendok garam sebagai penyedap. Sebelum dituangkan kuah cukanya, biasanya akan ditawari sambal dari cabai hijau.

Baca juga

Ketika pertama menikmati kuah asinan beserta jagungnya, ada sensasi rasa segar di lidah. Manisnya jagung berpadu dengan asam dan sedikit hentakan pedas dari cuka. Walaupun asam, cuka ini tidak terlalu keras rasanya, sedikit diredam oleh irisan mentimun. Semangkuk asinan ini sangat cocok dinikmati bersama kerupuk Mie. Jangan lupa, kerupuk Mie di sini bukan yang terbuat dari Sagu atau berwarna kekuningan. Kerupuk Mie ini menggunakan berbahan Tepung Terigu, yang berwarna cokelat berdiameter 25 centimeter.

Untuk satu porsi Asinan Jagung Bakar dari Bogor ini dibanderol hanya Rp 12.500 per porsi. Tapi, jika Anda ingin menambah kerupuk Mie dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 7.500. Jadi, hanya dengan merogoh kantong sebanyak Rp 20.000 saja, Anda sudah bisa menikmati lezatnya Asinan Jagung Bakar dari Bogor yang tiada tandingnya. Nah, selain harganya terjangkau Asinan Jagung Bakar ini sangat bisa menemani kita saat berkumpul bersama keluarga, teman, dan juga pasangan Anda.

Tentunya, akan semakin enak bila Anda langsung ke kawasan Pecinan, Bogor untuk menikmati kuliner unik satu ini. Jangan lupa, Anda bisa mengunduh aplikasi Akulaku, yakni aplikasi kredit tanpa kartu kredit yang bisa Anda gunakan untuk membeli tiket pesawat dengan pembayaran kredit tentunya. Jadinya, Anda bisa memesan pesawat untuk perjalanan ke Bogor, dengan hemat dan bisa menikmati asinan Bogor yang legendaris itu, bersama orang terkasih.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password