Membuka Bisnis Travel Agent? Siapkan 5 Syaratnya Sekarang

Membuka Bisnis Travel Agent

Enaknyakemana.com – Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai berbisnis. Kunci utamanya memang niat dan kemauan yang keras. Setelah itu, baru Anda mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk bisnis Anda. Untuk berbisnis travel agent misalnya, Anda paling tidak harus menyukai dunia travelling, karena pekerjaan yang dilakukan atas dasar rasa suka akan jauh lebih mudah dijalani. Tentunya harus ada ilmu-ilmu yang wajib Anda miiliki juga untuk dapat melaksanakan bisnis travel agent ini. Kemudian langkah kedua, setelah niat dan kemauan, inilah hal-hal yang harus Anda persiapkan sebelum memulai bisnis travel agent.

 

1. Siapkan Surat Ijin Usaha

Membuka Bisnis Travel Agent

 

Anda tentu harus memiliki ijin resmi atau ijin berbadan hukum atas usaha yang Anda lakukan. Hal ini demi menaati peraturan dan keamanan Anda ketika sedang menjalankan bisnis. Ijin resmi kepada pemerintah terkait, untuk bisnis travel agent ini bisa Anda daftarkan ke dinas pariwisata setempat, harus Anda lakukan. Legalitas hukum ini akan melindungi Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika dalam kondisi yang terdesak. Client Anda juga akan merasa aman ketika menggunakan jasa anda.

2. Miliki Hardware Pribadi Untuk Menunjang Administrasi

Membuka Bisnis Travel Agent

Setelah mendapat ijin resmi dari pemerintah setempat, yang harus Anda persiapkan adalah perangkat keras atau hardware. Komponen utama untuk menjalankan bisnis Anda ini sangat penting untuk dimiliki. Paling tidak Anda harus memiliki perangkat computer monitor, keyboard, dan CPU serta printer. Karena semua proses transaksi Anda nantinya juga berlangsung melalui perangkat ini. Jadi akan sulit jika Anda hanya mengandalkan perangkat pintar atau bahkan buku catatan saja.

3. Buat Software Agar Transaksi Lebih Mudah  

Membuka Bisnis Travel Agent

Persyaratan yang tidak kalah pentingnya adalah software. Setelah Anda memiliki perangkat computer, Anda harus membuat software atau aplikasi yang memudahkan Anda untuk berbisnis travel agent. Anda bisa membuat website tentang travel agent yang akan Anda kelola. Sehingga client yang akan menggunakan jasa Anda dapat dengan mudah melihat produk-produk yang ditawarkan. Anda jangan sampai ketinggalan jaman untuk tidak berbisnis dengan cara digital. Bisnis semacam ini jauh lebih memudahkan dan menguntungkan Anda di masa depan.

 

4. Cari Lokasi Kantor Pemasaran Yang Strategis

Membuka Bisnis Travel Agent

 

Nah, setelah ada ijin, perangkat computer dan software sebenarnya Anda sudah bisa langsung membuka bisnis Anda. Tapi yang namanya membuka usaha, alangkah baiknya jika memiliki kantor pemasaran. Paling tidak Anda memiliki ruangan khusus untuk menjalankan bisnis ini. Jika Anda ingin membuka kantor, pilih lokasi yang strategis. Lokasi yang mudah dicari akan memudahkan client Anda jika ingin datang berkunjung. Orang-orang yang kebetulan lewat juga akan dengan mudah melihatnya kemudian pada suatu hari mungkin saja ingin menggunakan jasa Anda.

 

5. Kuasai Ilmu Marketing dan/atau Hire Orang Marketing

Membuka Bisnis Travel Agent

 

Demi berlangsungnya bisnis yang anda jalani, anda harus memikirkan bagaimana usaha anda dapat berkembang dan diketahui orang banyak. Salah satu caranya adalah dengan mencari orang yang ahli dalam marketing. Atau paling tidak anda mengetahui ilmu marketing. Sehingga produk dan jasa yang anda tawarkan dapat sampai ke sasaran yaitu masyarakat luas yang tidak terbatas ruang dan waktu. System marketing ini sangat penting demi berlangsunnya bisnis anda.

Oleh karena itu, persiapkan syarat-syarat di atas untuk awal membuka usaha travel agent Anda. Lalu permudah urusan bisnis Anda dengan menjadi mitra Via Indonesia. Kemudahan akses dan fitur yang lengkap seperti menyediakan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, hotel dan pulsa sudah tersedia di website www.via.com. Daftarkan segera dan nikmati kemudahan berbisnis untuk travel agent Anda.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password