Makanan khas Minangkabau yang Wajib Anda Coba

Makanan khas Minangkabau

Enaknyakemana.com – Siapa yang tidak kenal dengan suku Minangkabau? Sebuah suku yang berasal dari daerah Sumatera Barat ini memiliki beragam kuliner yang unik, khas, dan wajib Anda coba. Bukan hanya rendang saja, daftar kuliner khas Minangkabau ini pasti masih asing di telinga Anda. Jika suatu saat Anda singgah ke Sumatera Barat, tak ada salahnya untuk mencicipi salah satu makanan khas Minangkabau ini. Lalu apa saja makanan tersebut? Simak ulasanya dibawah ini.

1. Palai Bada

Makanan khas Minangkabau

Makanan khas Minangkabau yang bahan utamanya adalah bada atau ikan teri ini sangat nikmat bila dinikmati sewaktu masih hangat. Teri yang sudah dicuci bersih kemudian ditambahkan parutan kelapa dan bumbu lainya lalu dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Kemudian dibakar di atas bara dari tempurung kelapa sampai matang. Rasanya yang gurih sangat cocok sebagai pelengkap makan siang Anda.

2. Cancang

Makanan khas Minangkabau - Cancang

Makanan yang berbahan dasar daging ini sangatlah menggugah selera makan Anda. Rasanya yang pedas dan gurih akan membuat nafsu makan Anda bertambah. Daging yang biasa digunakan dalam makanan ini adalah daging kambing. Daging kambing yang sudah dipotong dalam ukuran kecil kemudian dipadukan dengan santan dan cabai merah. Aroma khas akan tercium setelah masakannya matang. Cancang biasa dihidangkan saat perayaan adat Minang. Tetapi Anda tidak perlu risau, sudah banyak warung-warung makan yang menyediakan makanan ini.

3. Dadiah

Makanan khas Minangkabau

Dadiah adalah makanan yang berasal dari susu kerbau yang difermentasikan secara alami dalam sebuah ruas atau batang bambu. Proses fermentasi biasanya berlangsung selama seharian penuh. Setelah seharian biasanya tekstur susu menjadi agak keras. Semakin lama proses fermentasi, akan semakin keras juga tekstur yang didapat. Biasanya, orang-orang minang memakan Dandiah dengan ditemani emping beras. Makanan ini bercitarasa unik dan sekarang merupakan makanan yang cukup sulit ditemukan.

Masih ada banyak lagi kuliner khas Minangkabau yang wajib Anda coba. Pastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam perburuan kuliner ini memiliki peforma yang tangguh seperti Toyota Fortuner. Dengan design interior yang mewah, tentu akan menambah kenyamanan Anda saat berburu kuliner unik yang terdapat di Minangkabau.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password