Lezat, Ini 5 Makanan khas Maluku yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

makanan khas maluku
Rate this post

Enaknyakemana.com – Kepulauan Maluku yang terletak di bagian timur Indonesia menyimpan beragam kekayaan alam, seperti rempah-rempah, palawija, dan hasil laut. Tidak heran apabila pada abad ke-13, Spanyol dan Portugis membidik wilayah itu sebagai negeri jajahan, diikuti dengan Belanda yang menginjakkan kaki di sana pada abad selanjutnya. Hasil laut dan aneka rempah itu kemudian diolah menjadi makanan khas Maluku yang tidak boleh kamu lewatkan. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

Papeda

19-instagram-@ochim1405.jpg(Sumber foto: Instagram/@ochim1405)

Papeda bukan istilah yang asing bagi sebagian besar masyarakat Maluku dan Papua. Tentu saja, papeda merupakan makanan pokok bagi mereka, menggantikan nasi yang biasa dinikmati oleh masyarakat di wilayah Barat Indonesia. Papeda terbuat dari sagu yang banyak tumbuh di kawasan Maluku dan Papua.

Cara pembuatan papeda cukup mudah, yakni dengan melarutkan tepung sagu ke dalam sedikit air, lalu diberi air panas yang mendidih. Papeda harus terus menerus diaduk selama proses penuangan air panas. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan tekstur lembut pada papeda. Setelah benar-benar kental, papeda baru bisa disajikan.

Papeda biasanya disajikan bersama olahan ikan yang tidak kalah lezat. Cara menikmati papeda juga cukup unik. Tekstur lembutnya itu memang tidak memungkinkan untuk dinikmati dengan cara disendok. Ada alat khusus semacam sumpit yang digunakan untuk mengambil papeda dari piring. Alat khusus ini akan memilin papeda, sehingga bisa dinikmati bersama lauk yang lezat.

Gohu Ikan

19-instagram-@raissanadia11.jpg(Sumber foto : Instagram/@raissanadia11)

Baca juga : Rekomendasi Wisata Alam Maluku, Nggak Kalah Dari Maladewa

Nah, menikmati papeda tidak lengkap rasanya tanpa gohu ikan. Makanan khas Maluku ini merupakan salah satu olahan ikan yang lezat. Saat melihat tampilannya, kamu pasti akan mengira bahwa gohu ikan hampir mirip dengan sushi khas Jepang. Kesegaran yang dihadirkan dari perasan lemon dan taburan garam akan membuat mata penikmatnya langsung melek.

Olahan ikan mentah ini biasanya menggunakan bahan dasar berupa ikan cakalang atau tuna mentah. Daging ikan dipotong menyerupai dadu, lalu diberi perasan lemon dan taburan garam, setelah itu didiamkan beberapa saat. Teknik seperti ini lah yang membuat gohu ikan memiliki cita rasa menyegarkan. Warga Maluku biasanya menambahkan bumbu berupa tumisan cabe rawit dan bawang merah. Bisa membayangkan kan bagaimana kesegaran ikan berpadu dengan gurihnya bumbu tumis?

Nasi Jaha

19-instagram-@ursandnic.jpg(Sumber foto: Instagram/@ursandnic)

Baca juga : Oleh-Oleh Khas Maluku yang Harus Dibawa Pulang

Nasi Jaha tidak hanya bisa ditemukan di kawasan Maluku, tetapi juga Manado. Makanan khas Maluku ini biasa disajikan pada perayaan tertentu, seperti upacara ucap syukur atau thanksgiving ala Minahasa dan Maluku. Rempahnya cukup kuat berpadu dengan tekstur lembut nasi.

Harumnya aroma dari daun pisang juga akan memanjakan indera penciuman sang penikmat makanan khas Maluku ini. Hal ini dikarenakan nasi jaha harus melewati proses pengukusan dan pembakaran di dalam longsongan bambu. Penasaran terhadap cita rasanya yang didominasi rempah-rempahan itu bukan?

Ikan Kuah Pala Banda

19-instagram-@nisasukarso.jpg(Sumber foto: Instagram/@nisasukarso)

Baca juga : Rasakan Ketenangan dan Indahnya Pemandangan Pulau Buru, Maluku

Selain Gohu Ikan, salah satu makanan khas Maluku yang wajib hadir menemani papeda di meja makan adalah Ikan Kuah Pala Banda. Makanan khas Maluku ini berasal dari pulau Banda, salah satu spot terbaik menikmati keindahan Maluku.

Dahulu, sajian kuliner khas Maluku ini hanya disajikan untuk para pejabat Belanda. Namun kini, kamu bisa menemukannya hampir di setiap tempat makan yang ada di Banda. Ikan Kuah Pala Banda menggunakan bahan dasar berupa ikan kakap atau kerapu. Bumbu yang digunakan antara lain merica, pala, dan asam. Sehingga tidak heran bila santapan kuliner ini memiliki citarasa asam bercampur pedas. Dijamin siap menggelitik lidahmu!

Gogos Ikan

19-instagram-@irwanbaharuddin.jpg(Sumber foto: Instagram/@irwanbaharuddin)

Ingin menikmati cemilan khas Maluku? Gogos Ikan bisa jadi pilihan untukmu. Kamu bisa menemukan isian berupa suwiran daging ayam atau ikan. Hampir mirip dengan lemper. Hanya saja, Gogos Ikan dimasak dengan cara dibakar, bukan dikukus seperti lemper.

Kamu bisa menikmati Gogos Ikan sembari menyeruput kopi di sore hari. Keindahan khas kepulauan Maluku tentu mampu menyempurnakan kegiatan menikmati makanan khas Maluku ini.

Nah, itulah lima makanan khas Maluku yang tidak boleh kamu lewatkan. Selain menjelajah alam khas Maluku, tidak ada salahnya untuk berwisata kuliner di Maluku. Dijamin tidak akan menyesal! Bagaimana? Sudah siap mengisi liburan mendatang dengan mengunjungi kepulauan Maluku?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password