6 Makanan Ekstrim Dari Hewan yang Disajikan Mentah di Asia, Berani Coba?

Makanan Ekstrim Dari Hewan yang Disajikan Mentah di Asia

Enaknyakemana.com – Kuliner menjadi salah satu daya tarik untuk wisatawan datang ke suatu negara selain dari destinasi wisata yang disajikan. Setiap negara memiliki kuliner khas yang mungkin hanya akan ditemui di negara tersebut. Namun ada juga negara yang menyediakan kuliner – kuliner unik yang disajikan dengan cara tak biasa. Bila kamu berkunjung ke negara – negara di bawah ini, berani coba makanan ekstrim dari hewan yang disajikan mentah ini?

Makanan Ekstrim Dari Hewan yang Disajikan Mentah di Asia

1. Sannakji – Korea Selatan

Jika kamu berkesempatan mengunjungi Korea Selatan, cobalah salah satu makanan ekstrim satu ini. Sannakji merupakan hidangan dari gurita berukuran sedang atau kecil yang disajikan hidup – hidup dengan dibubui wijen, serutan daun bawang dan siraman saus ringan. Sannakji bisa disajikan dengan dipotong – potong atau utuh bila gurita berukuran kecil. Karena tentakel gurita ini masih aktif, dalam memakannya perlu teknik khusus. Tentakel ini bisa menempel dan menghisap dinding tenggorokan, sehingga perlu mengunyah dengan sempurna hingga lembut sebelum menelannya.

Baca juga : Datangi Kota Ini Jika Ingin Wisata Kuliner Di China

2. Odori Don – Jepang

Jika korea memiliki Sannakji, maka tak jauh berbeda dengan Jepang yang memiliki Odori Don atau cumi yang telah dipenggal kepalanya kemudian disajikan di atas semangkuk nasi sushi dan ditambah dengan potongan kepala cumi yang terpenggal. Cumi akan bergerak seperti menari – nari setelah dituangi kecap khas Jepang di atasnya.

3. Century Egg – China

Century Egg atau Telur bitan adalah makanan khas China yang dibuat dari telur ayam atau itik yang telah diawetkan selama beberapa minggu hingga beberapa bulan dalam campuran lempung, abu, garam, kapur tohor dan sekam padi. Selama pengawetan kuning telur akan berubah menjadi hijau gelap dan berbentuk krim dengan bau belerang dan amonia sementara putih telur menjadi berwarna kecokelatan dan sedikit transparan. Telur dapat disantap langsung atau dengan dicampur bahan makanan lain seperti digoreng dengan tepung.

Baca juga : Sajian Khas Shanghai, Makanan Unik Untuk Konsumen Pecinta Kuliner

4. Tamilok – Philipina

Tamilok adalah makanan ekstrim dari Palawan, Filipina yang terbuat dari cacing laut besar yang disajikan mentah kemudian dipotong dan direndam ke dalam cuka cabai dan bawang merah. Tamilok mengandung zat besi, kalsium, zinc, vitamin A dan juga B1. Panjang cacing laut yang digunakan bisa mencapai 12 inchi atau sekitar 30 cm. Saat menyantapnya bagian kepala dan kaki akan dilepas kemudian dicelupkan ke dalam perasaan jeruk nipis atau lemon dan langsung dimakan.

5. Goong Ten – Thailand

Makanan Ekstrim Dari Hewan yang Disajikan Mentah di Asia

Bila Jepang memiliki Odori Don dan Korea memiliki Sannakji, maka bila ke Thailand kamu bisa mencoba Goong Ten. Goong Ten merupakan udang yang disajikan dalam keadaan masih hidup. Penyajiannya dengan semangkuk salad sayur yang dicampuri udang – udang kecil transparan yang masih hidup dan berusaha untuk membebaskan diri di dalam mangkuk logam. Saat digigit udang akan mengeluarkan rasa asin dengan kerenyahan kulitnya.

Baca juga : Kuliner Asli Indonesia yang Mendunia

6. Ulat Sagu – Indonesia

Indonesia juga memiliki makanan ekstrim nan unik yang disajikan mentah ataupun dapat disajikan dengan diolah. Sajian ini merupakan sajian dari Papua Barat berupa ulat sagu. Ulat ini mengandung banyak protein. Ulat sagu disajikan di atas nampan atau piring kemudian ditaburi sagu agar ulat dapat tetap hidup dan makan. Ukuran ulat sagu lumayan besar yaitu seukuran jempol orang dewasa. Untuk menyantapnya kita dianjurkan untuk mangambil bagian kepala supaya mudah untuk melahapnya. Ulat sagu merupakan larva dari kumbang merah kelapa yang bertahan hidup di batang sagu yang membusuk. Ulat sagu juga dapat dikonsumsi dengan cara dibakar dan dijadikan sate. Bila dijadikan sate, ulat sagu ini akan lebih kenyal sehingga butuh waktu lebih lama untuk mengunyahnya.

Jadi, makanan mana yang ingin kamu coba?

 

Mau dapat info lengkap seputar promo hotel & tiket perjalanan ke destinasi wisata favorit?

Caranya gampang! Isi formulir di bawah ini secara lengkap! *S&K berlaku

*
*
*

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password