5 Makanan Berkuah khas Spanyol ini Siap Manjakan Lidah di Liburan Musim Dingin

Makanan Berkuah khas Spanyol
Rate this post

Enaknyakemana.com – Kuliner selalu menjadi bagian dari agenda liburan yang tidak boleh terlewatkan. Jika mengunjungi suatu negara atau suatu daerah tidak lengkap rasanya bila hanya mendatangi destinasi wisata yang ada tanpa mencicipi kuliner khas yang ada.

Setiap wilayah selalu memiliki cita rasa yang berbeda satu sama lain dan disajikan dengan cara yang berbeda pula, tak terkecuali Spanyol. Negeri matador ini memiliki berjuta-juta makanan khas yang wajib kamu cicipi mulai dari kudapan sederhana, makanan berat hingga makanan berkuah yang nikmat.

Berbicara makanan berkuah khas Spanyol, pasti akan sangat cocok disantap ketika liburan ke Spanyol di musim dingin. Kuahnya yang disajikan hangat dan citarasa khas yang akan memanjakan lidahmu selama liburan di musim dingin ke Spanyol. Berikut ini via.id merangkum lima makanan berkuah khas Spanyol yang akan manjakan lidah saat liburan musim dingin.

Makanan Berkuah khas Spanyol yang Siap Manjakan Lidah

1. Escudella

Makanan Berkuah khas Spanyol

Escudella merupakan makanan berkuah khas Spanyol yang biasanya dihidangkan ketika natal tiba. Escudella sendiri memiliki arti ‘mangkuk’ yang terbuat dari kaldu tulang dan kaki sapi yang dihidangkan bersama kubis dan lobak. Makanan ini biasanya sangat umum ditemukan di pegunungan dan perbukitan atau ketika musim dingin. Kuahnya yang kental dan hangat memberikan rasa yang menghangatkan bagi tenggorokan di tengah dinginnya cuaca di luar.

Beberapa orang menyajikan santapan ini dengan tambahan pasta serta beberapa sayuran musim dingin seperti kacang putih, buncis dan lain-lain. Makanan ini biasanya disajikan dengan mangkuk yang cukup besar dan bisa disantap sendiri atau beramai-ramai.

Escudella pertama kali dikenal dari daerah Catalonia dan merupakan makanan orang tak mampu yang selalu menyantapnya beramai-ramai dalam satu mangkok besar. Hal inilah yang kemudian dikembangkan hingga saat ini dan banyak diminati bukan hanya oleh wisatawan lokal namun juga wisatawan asing. Rasa makanan ini hampir sama dengan sup daging sapi namun kaldunya lebih kental dan berwarna kuning.

2. Albondigas

Makanan Berkuah khas Spanyol

Kuliner yang selanjutnya adalah Albondigas yang hampir mirip dengan bakso karena makanan ini berisikan daging giling yang dibentuk bundar. Namun soal rasa, akan sangat berbeda karena makanan ini memiliki citarasa yang unik.

Terdapat potongan telur rebus di dalam sajian Albondigas, kemudian disajikan dengan tambahan bumbu saus yang akan sangat unik rasanya. Makanan ini akan sangat cocok disantap ketika musim dingin karena bumbunya yang kental dan pedas memberikan efek hangat di tenggorokan dan perut.

Baca juga : Deretan Kota di Spanyol yang Nggak Kalah Menggoda Dari Barcelona

3. Fabada Asturiana

Makanan Berkuah khas Spanyol

Fabada Asturiana atau sering hanya dikenal sebagai Fabada merupakan makanan khas Spanyol yang terbuat dari rebusan kacang spanyol yang melimpah dan dapat ditambahkan dengan irisan daging atau sosis sesuai selera. Makanan ini merupakan hidangan panas dan berat sehingga sangat cocok dimakan selama musim dingin.

Namun bagi muslim, makanan ini mungkin akan dihindari karena makanan ini mengandung bahan bahu babi yang digunakan sebagai campuran ketika memasak. Kamu bisa mengganti daging babi ini dengan daging sapi namun mungkin akan memiliki citarasa yang sedikit berbeda.

4. Rabo de Toro

Makanan Berkuah khas Spanyol

Rabo de Toro merupakan makanan khas spanyol lainnya yang terbuat dari rebusan khas Cordovan yang terdiri dari buntut sapi atau banteng. Rebusan daging tersebut kemudian ditambahkan dengan bumbu bawang putih, bawang bombay, lada, tomat, daun salam, wortel, garam, minyak zaitun dan segelas anggur putih jika menginginkan cita rasa yang yang kuat.

Bahan-bahan tersebut direbus secara bersamaan selama tiga hingga empat jam di dalam panci dan dihidangkan saat masih hangat, bisa ditambahkan dengan kacang atau sayuran sesuai selera.

Baca juga : Rekomendasi 4 Tempat Wisata Bersejarah di Spanyol

5. Atascaburras

Makanan Berkuah khas Spanyol

Atascaburras menjadi makanan wajib yang harus ada selama musim dingin di Spanyol. Makanan yang khas di Castilla La Mancha ini merupakan makanan yang cukup penting saat berada di Spanyol terutama ketika musim dingin. Makanan ini berisikan cod, kentang, minyak, bawang putih dan kacang-kacangan yang akan memberikan rasa hangat ketika disantap.

Kamu bisa menambahkan beberapa potongan telur rebus sebagai pelengkap dan sebagian orang justru menambahkan salju ke dalam mangkok mereka untuk sensasi yang berbeda.

Itulah lima makanan berkuah yang memanjakan lidahmu terutama ketika musim dingin tiba saat kamu liburan ke Spanyol. Tak hanya mempersiapkan daftar makanan berkuah khas Spanyol, kamu juga harus mempersiapkan penginapan selama travelling ke Eropa. Dapatkan berbagai promo menarik menginap di berbagai rekomendasi hotel yang sesuai di Spanyol.

Kunjungi via.id/hotels untuk dapatkan detail promo menarik seputar penginapan di Spanyol dan berbagai tempat menarik di dunia. Temukan juga promo penerbangan bersama maskapai Royal Brunei mulai dari IDR 2,6 jutaan hanya di via.id/promo. Yuk tunggu apalagi! Rencanakan liburanmu bersama via.id agar travelling ke Eropa menjadi lebih nyaman dan tenang tanpa takut adanya biaya tambahan selama berlibur.

 

Sumber image : lacrema, shbarcelona, hispanickitchen, wikimedia, canalcocina, ytimg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password