Macam-macam Visa Beserta Kegunaannya yang Harus Kamu Tahu

Macam-macam Visa Beserta Kegunaannya yang Harus Kamu Tahu

EnaknyaKemana.com – Visa menjadi salah satu persyaratan paling penting ketika seseorang ingin pergi ke luar negeri. Tanpa adanya visa, tentu aktivitas tersebut tidak bisa dilaksanakan karena ini memang sebuah kewajiban. Visa ini sendiri terdiri dari beberapa macam yang dibedakan sesuai kegunannya. Misalnya saja visa untuk pendidikan, berarti visa jenis ini hanya bisa digunakan untuk tujuan seseorang yang ingin mengenyam pendidikan di luar negeri. Selain itu, masih ada beberapa lagi jenis visa yang ada sesuai kegunaannya.

Dan pada artikel kali ini akan dibahas mengenai macam-macam visa tersebut lengkap dengan penjelasan kegunaannya. Untuk informasi lebih lengkapnya, yuk simak ulasan di bawah ini!

Macam-macam Visa Beserta Kegunaannya

Macam-macam Visa Beserta Kegunaannya

Visa Turis

Macam-macam visa yang pertama adalah Visa Turis. Jenis visa satu ini bisa digunakan seseorang untuk pergi ke luar negeri untuk tujuan liburan atau sekedar berkunjung. Dengan visa satu ini, kamu diperbolehkan masuk ke berbagai negara yang menjadi impian kunjunganmu. Sebelumnya kamu harus membuat visa ini jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan yang sudah ditentukan. Biaya pembuatannya pun tidak terlalu mahal sehingga tidak akan membebani pembuatnya.

Baca juga : 5 Hal yang Bisa Buat Permohonan Visa Ditolak

Visa Student

Selanjutnya adalah Visa Student yang juga tidak kalah peting. Sesuai dengan namanya, visa jenis ini diperuntukkan bagi para pelajar yang ingin mengenyam pendidikan di negara tertentu. Misalnya saja bagi kamu yang ingin kuliah di Amerika, Jepang atau negara elite lainnya. Masa berlaku Visa Student ini sendiri adalah selama waktu pendidikan.

Macam-macam Visa Beserta Kegunaannya

Visa kerja

Lain lagi dengan Visa Kerja, yang mana guna dari jenis visa satu ini dikhususkan bagi seseorang yang ingin menjadi TKI di luar negeri. Masih sama seperti jenis visa lainnya, Visa Kerja ini memiliki masa berlaku tertentu. Jika masa berlaku visa sudah habis, maka pemilik visa diharuskan untuk kembali lagi ke negaranya. Untuk bisa kembali lagi ke negara tujuan, maka pemilik harus mengajukan pembuatan ulang.

Visa Bisnis

Macam-macam visa selanjutnya adalah Visa Bisnis yang ditujukan bagi seseorang yang ingin membangun sebuah bisnis di luar negeri dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Masa berlaku dari visa jenis ini lebih lama dibandingkan dengan Visa Kerja. Ini dikarenakan membangun sebuah bisnis biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca juga : Ini Dia 5 Tips Ampuh Hadapi Wawancara Visa

Visa Kunjungan Bisnis

Lain lagi dengan jenis visa satu ini, dimana ini hanya berguna untuk seseorang yang ingin melakukan kunjungan untuk sekedar keperluan bisnis. Misalnya saja seperti mengunjungi seminar bisnis, meeting, dan lain sebagainya. Jadi, menggunakan visa jenis ini pemilik tidak diperbolehkan tinggal di negara tertentu dalam jangka waktu yang lama.

Macam-macam Visa Beserta Kegunaannya

Visa Pertukaran Pelajar

Program pertukaran pelajar memang sering diterapkan diberbagai sekolah dalam negeri. Namun jika pertukaran pelajar ini mengharuskan para pelajar pergi ke luar negeri, maka mereka perlu membuat visa jenis ini. Seperti namanya, visa jenis ini hanya bisa digunakan untuk program pertukaran pelajar.

Baca juga : Negara Bebas Visa Ini Cocok Banget Jadi Tujuan Wisata WNI, Cek Dulu Yuk!

Visa on Arrival

Dan macam-macam visa yang terakhir adalah Visa on Arrival. Visa jenis ini biasanya bisa dibuat dengan mudah dan cepat pada saat seseorang sudah sampai di negara tertentu. Jadi, kita tidak perlu direpotkan dengan pembuatan visa jauh-jauh hari sebelum keberangkatan ke luar negeri. Tapi demikian, jenis visa ini tidak berlaku untuk semua negara. Hanya beberapa negara yang memiliki hubungan baiklah yang membolehkan pembuatan visa jenis ini.

Itulah tadi macam-macam visa beserta kegunaannya yang perlu kamu tahu. Jadi jika kamu ingin keluar negeri, sesuaikan jenis visa yang akan dibuat dengan tujuanmu pergi ke luar negeri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password