5 Langkah Mudah Membuat Paket Wisata untuk Agen Perjalanan Anda

5 Langkah Mudah Membuat Paket Wisata untuk Agen Perjalanan Anda

Enaknyakemana.com – Sebagai pelaku bisnis agen perjalanan, Anda mesti terus melakukan inovasi supaya mampu bertahan di tengah persaingan yang semakin hari semakin ketat. Salah satunya adalah dengan membuat paket wisata yang tidak hanya menarik, tetapi juga cocok untuk segmen konsumen Anda. Membuat paket wisata sebenarnya tidak sulit. Berikut adalah lima langkah mudah membuat paket wisata untuk agen perjalanan Anda.

Langkah Mudah Membuat Paket Wisata untuk Agen Perjalanan

1. Tentukan Tujuan Wisata

5 Langkah Mudah Membuat Paket Wisata untuk Agen Perjalanan Anda

Langkah pertama membuat paket wisata adalah menentukan tujuannya. Pilihlah lokasi yang eksotis, menarik, dan menggugah rasa ingin tahu orang. Selain itu, pertimbangkan pula lokasi yang tengah tren di kalangan wisatawan.

Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang lokasi wisata. Catat hal-hal menarik yang ada di sana. Setelah itu, bandingkan antara satu lokasi dengan lokasi lainnya. Di antara lokasi-lokasi tersebut, pilihlah yang menurut Anda paling menarik.

Baca juga : Terungkap, 3 Kiat Mengenalkan Produk Bisnis Agen Travel untuk Pemula!

2. Cari Informasi Sarana Kenyamanan

5 Langkah Mudah Membuat Paket Wisata untuk Agen Perjalanan Anda

Setelah menentukan lokasi yang akan Anda jadikan tujuan paket wisata, lakukan langkah kedua, yakni mencari informasi tentang fasilitas yang ada di sana, misalnya hotel, restoran, warung, toko, dan lain-lain.

Anda bisa mencari informasi tersebut di internet. Namun, akan lebih baik jika Anda mengunjungi sendiri lokasi tersebut dan melihat langsung fasilitas yang tersedia dengan saksama. Semakin detail informasi yang Anda dapatkan akan semakin baik. Pasalnya, konsumen perlu tahu fasilitas apa yang bisa mereka dapatkan ketika berwisata ke suatu tempat.

3. Jaring Opini Orang yang Pernah Berwisata ke Sana

5 Langkah Mudah Membuat Paket Wisata untuk Agen Perjalanan Anda

Langkah ketiga adalah menjaring opini orang-orang yang pernah berwisata ke lokasi tujuan wisata Anda untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif. Untuk mendapatkan opini orang-orang yang pernah mengunjungi sebuah tempat wisata, Anda tidak harus menemui mereka secara langsung atau membuat angket khusus. Anda bisa mendapatkan opini-opini tersebut misalnya dari situs-situs perjalanan yang tersebar di internet.

Adapun  opini-opini tersebut biasanya tidak selalu positif. Jika ada tanggapan yang bernuansa negatif, misalnya tentang kekurangan lokasi yang akan menjadi tujuan paket wisata Anda, carilah solusinya. Cari cara supaya kekurangan tersebut tidak akan mengganggu konsumen Anda.

Baca juga : Wow! Ini Dia 4 Tips Gaet Konsumen Baru Agen Perjalanan

4. Pilih Target Pasar

5 Langkah Mudah Membuat Paket Wisata untuk Agen Perjalanan Anda

Langkah keempat adalah menentukan kelompok demografis mana yang kira-kira paling tertarik dengan paket wisata Anda. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah menentukan perjalanan seperti apa yang akan Anda buat. Hal ini berkaitan dengan jenis transportasi dan akomodasi yang akan digunakan di lokasi wisata.

Lokasi wisata dengan medan yang mudah ditempuh dan kaya fasilitas biasanya cocok untuk konsumen lanjut usia. Sementara lokasi wisata yang dengan medan yang menantang biasanya lebih cocok untuk konsumen muda. Selain itu, pikirkan pula tentang kebutuhan konsumen yang berlibur bersama keluarga.

5. Tentukan Harga

5 Langkah Mudah Membuat Paket Wisata untuk Agen Perjalanan Anda

Menentukan harga adalah langkah kelima dalam membuat paket wisata. Anda tentu harus memikirkan keuntungan, tetapi paket wisata Anda juga harus laku. Untuk itu, patoklah harga yang realistis.

Saat menentukan harga, pertimbangkanlah target pasar yang hendak disasar. Patoklah harga yang murah jika calon konsumen Anda adalah pelajar atau mahasiswa, patoklah harga yang tidak terlalu tinggi. Sebaliknya, jika calon konsumen Anda adalah orang-orang yang telah bekerja, patoklah harga yang lebih tinggi, tetapi imbangi dengan fasilitas yang lebih memadai.

Itulah lima langkah mudah membuat paket wisata untuk agen perjalanan Anda. Apabila Anda ingin mengembangkan paket wisata dari agen perjalanan Anda, kunjungi segera via.com. Daftarkan diri sebagai mitra di id.via.com, dan raih keuntungan maksimal dari setiap transaksi yang berhasil Anda jalankan. Anda juga bisa mengatur kustomisasi kebutuhan konsumen di situs via.id, dan raih komisi sebesar IDR 60.000 hingga IDR 240.000 per pax.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password