Kuliner yang Sayang untuk Dilewatkan Saat Berkunjung ke Korea Selatan

Kuliner Korea Selatan yang Sayang untuk Dilewatkan

Enaknyakemana.com – Drama korea saat ini tengah menjadi trend terutama di kalangan anak muda. Drama korea memang menyajikan romantisme kehidupan dengan segala macam konfliknya. Trend – trend yang diciptakan dalam drama ini cukup menarik perhatian penontonnya. Tak jarang anak muda sekarang mulai mengadopsi segala hal yang berbau korea, seperti musik, bahasa, gaya busana ataupun makanan. Nah, jika kamu berkesempatan untuk berkunjung ke korea, sayang untuk melewatkan kuliner Korea Selatan di bawah ini.

Kuliner Korea Selatan yang Sayang untuk Dilewatkan

1. Kimchi

Kimchi merupakan makanan tradisional dari korea yang terbuat dari sayuran yang difermentasikan dengan bumbu pedas. Sayuran yang digunakan dalam pembuatan kimchi umumnya adalah lobak dan sawi putih. Kimchi mengandung vitamin A, B1, B2, zat besi, kalsium dan bakteri asam laktat yang baik untuk pencernaan. Dahulu sebelum cabai masuk ke Korea, kimchi hanya dicuci kemudian dilumuri garam dan dimasukkan ke dalam guci tanah liat yang dipendam di dalam tanah. Kimchi awalnya digunakan untuk mengawetkan sayuran segar agar tetap tersedia saat musim dingin.

Baca juga : Destinasi Wisata Alam di Korea Selatan Yang Harus Dikunjungi Saat Liburan

2. Tteokbokki

Tteokbokki merupakan jajanan pasar Korea yang merupakan tteok dari tepung beras yang dimasak dengan bumbu gochujang pedas dan manis. Kue beras ini berbentuk batang atau silinder dan banyak dapat kita temui di pojangmacha atau gerobak – gerobak penjaja makanan. Sindang-dong di Seoul merupakan kawasan yang banyak akan kita jumpai penjaja tteokbokki. Tteokbokki memiliki banyak variasi seperti Haemul tteokbokki (tteokbokki makanan laut), Gungjung ttaekbokki (tteokbokki berbumbu kecap asin), Tteokbokki keju dan Tteok kkochi (tteokbokki yang ditusuk dengan bambu).

3. Maeun Dakbal

Maeun Dakbal merupakan kuliner Korea Selatan yang terbuat dari ceker (kaki) ayam yang dibumbu pedas. Makanan ini banyak kita temui di pedagang – pedagang makanan dengan gerobak. Maeun Dakbal banyak diminati oleh remaja hingga dewasa Korea Selatan terutama para wanita.

Baca juga : Lokasi Wisata Paling Hits di Korea Selatan, Yuk Berkunjung!

4. Jjajangmyeon

Jjajangmyeon adalah kuliner Korea Selatan yang merupakan jenis mie yang diberi saus pasta kacang kedelai hitam. Mie yang digunakan terbuat dari tepung gandum dengan ukuran yang cukup tebal dibandingkan ramyeon. Mie yang telah dimasak akan ditambahkan saus jjajangmyeon atau disebut chunjang (saus pasta kacang kedelainya terbuat dari kedelai yang dibakar atau dipanggang) kemudian ditambahkan bawang merah cincang, daging merah atau makanan laut dan zucchini. Makanan ini sendiri sebenarnya berasal dari kuliner Tionghoa dengan menggunakan daging babi, namun di Korea rasa jjajangmyeon ini berubah dengan diganti banyak menggunakan isi dari makanan laut sehingga rasanya akan berbeda dengan jjajangmyeon yang berasal dari Tionghoa.

5. Miyeok Guk

Miyeok Guk merupakan sup rumput laut coklat yang berkuahkan kaldu tulang sapi dan kecap. Dalam tradisi korea, miyeok guk ini disajikan kepada ibu yang baru melahirkan untuk meningkatkan produksi asi. Selain itu miyeok guk sering disajikan pada hari ulangtahun. Nutrisi yang terkandung dalam sup ini dipercaya mampu memperpanjang umur manusia.

Baca juga : Daya Tarik Objek Wisata Alam Pulau Jeju Korea Selatan

6. Gimbap

Gimbap merupakan kuliner Korea Selatan yang terdiri dari nasi yang dibungkus dan digulung dengan rumput laut. Sekilas gimbap ini hampir sama dengan sushi dari Jepang. Perbedaannya adalah jika sushi menggunakan cuka beras untuk dibumbui ke nasi yang digunakan, gimbap justru menggunakan minyak wijen. Gimbap bisa diisi dengan sumber protein seperti daging kepiting, daging ikan, telur atau daging sapi dan bisa juga diisi dengan sayuran seperti mentimum, bayam, acar lobak atau wortel. Hal ini pula yang membedakan dengan sushi yang identik dengan isian daging mentah. Gimbab biasa disajikan untuk piknik dan dipotong kecil – kecil untuk sekali suap.

 

Mau dapat info lengkap seputar promo hotel & tiket perjalanan ke destinasi wisata favorit?

Caranya gampang! Isi formulir di bawah ini secara lengkap! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password