Kunjungi Ubud Writers & Readers Festival, Wajib Cicipi 3 Kuliner khas Bali Ini!

Kuliner khas Bali

Enaknyakemana.com – Liburan merupakan salah satu aktivitas yang paling dinanti di tengah kesibukkan jadwal setiap harinya. Jika kamu berniat liburan ke Bali bulan Oktober ini, jangan lupa untuk mengunjungi Ubud Writers & Readers Festival 2018 yang akan diselenggarakan pada 24-28 Oktober 2018 di Ubud, Bali.

Festival ini sangat cocok bagi kamu pecinta sastra karena di sini kamu akan bertemu dengan banyak penulis bertalenta dengan berbagai karya sastranya mulai dari puisi, novel, cerpen dan karya sastra lainnya.

Festival ini pertama kali digelar pada tahun 2004 untuk membangkitkan semangat pasca pengeboman Bali I yang pernah meluluhlantahkan Bali, kemudian festival ini berkembang dan selalu konsisten berlangsung hingga dikenal menjadi Festival Sastra terbesar di Asia Tenggara. Kamu akan menemukan penulis dan pecinta sastra yang bukan hanya berasal dari Indonesia saja namun juga dari mancanegara.

Sembari menikmati keseruan Ubud Writers & Readers Festival 2018, jangan lupakan untuk menikmati wisata kuliner yang ada di Bali. Berikut ini tiga kuliner khas Bali yang bisa kamu nikmati selama berada di Bali.

Kuliner khas Bali yang Wajib Dicicipi Saat Mengunjungi Ubud Writers & Readers Festival

1. Ayam Betutu

Kuliner khas Bali

Ayam betutu merupakan salah satu kuliner khas Bali yang akan dengan mudah kita temui di seluruh penjuru negeri ini. Makanan yang berbahan dasar ayam utuh yang dibumbui dan kemudian dipanggang dalam api sekam ini menjadi idaman wisatawan ketika berkunjung ke Bali.

Bukan hanya ayam, betutu ini juga bisa menggunakan daging bebek sebagai bahan dasar. Kita bisa menemukan makanan ini di berbagai kedai makanan yang ada di Bali. Biasanya makanan ini akan didampingi dengan sambal matah yang segar dan menjadi sambal khas dari Bali.

Makanan ini awalnya merupakan makanan sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat kemudian mulai berkembang sebagai santapan makanan rumahan. Sebagai sajian khas Bali, makanan ini menjadi salah satu kuliner utama yang dicari oleh wisatawan domestic maupun manca negara yang datang ke Bali.

Baca juga : Ingin Nikmati Sisi Lain Pulau Bali? Kunjungi 4 Pura Ini

2. Sate Lilit Bali

Kuliner khas Bali

Selain Betutu, Bali juga memiliki makanan khas lain yaitu sate lilit yang merupakan sebuah varian sate yang berbahan dasar daging babi, ikan, ayam, sapi hingga kura-kura yang dicincang kemudian dicampur dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, bawang merah dan merica.

Daging tersebut kemudian dilekatkan atau dililitkan pada sebuah batang serai, tebu atau bumbu dan kemudian dipanggang di atas arang. Sate lilit biasa disantap dengan nasi hangat dan sambal kecap atau sambal matah sesuai selera masing-masing.

Baca juga : Pilihan Hotel di Bali yang Ditawarkan Dengan Harga Miring

3. Rujak Kuah Pindang

Kuliner khas Bali

Selain makanan berat, kamu juga bisa mencicipi rujak kuah pindang, kudapan nikmat khas Bali satu ini. Kudapan dari buah-buahan segar seperti bengkoang, pepaya, kedondong, mentimun, belimbing dan lain-lain yang kemudian disiram dengan kaldu ikan pindang yang diberi bumbu garam, terasi dan cabai ini bisa menjadi santapan yang nikmat ketika terik matahari.

Rasa manis dan segar dari kudapan ini akan manjakan lidahmu selama berada di Bali. Biasanya rujak kuah pindang ini disajikan di mangkok atau piring dan disantap bersama kerupuk yang gurih.

Bagaimana? Kuliner mana yang ingin kamu cicipi terlebih dahulu begitu menginjakkan kaki di Bali? Tak hanya mempersiapkan daftar kuliner khas Bali, kamu juga perlu memilih agen wisata yang mampu memenuhi semua kebutuhanmu. Pilih via.id sebagai agen travel terbaik yang menyediakan penawaran harga terbaik dibandingkan agen travel lainnya.

Apabila tidak mampu merancang liburan bersama teman-teman secara mandiri, serahkan perencanaan liburanmu bersama via.id/holidays. Kamu bisa menikmati liburan melalui paket wisata yang ditawarkan via.id dan merancang liburan yang berkesan bersama teman-teman dengan harga terjangkau!

Situs via.id menampilkan harga final, sehingga tidak perlu takut ada biaya tambahan ketika liburan. Harga yang ditampilkan pun adalah harga termurah dibandingkan agen travel lainnya! Tunggu apalagi, segera rancang liburan berkesanmu ke Ubud Writers & Readers Festival 2018 hanya bersama via.com.

 

Sumber image : blogspot, saliha, resephariini, ytimg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password