Ini yang Harus Kamu Lakukan Ketika Terjadi Gempa di Tengah Trip Serumu!

Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Terjadi Gempa di Tengah Trip Seru

Enaknyakemana.comTravelling menjadi kegiatan favorit bagi sebagian besar masyarakat, selain untuk menghabiskan waktu liburan juga menjadi sarana menyegarkan pikiran dan mengembalikan stamina tubuh. Tidak heran jika banyak dari masyarakat yang memilih travelling dengan merencanakan jauh-jauh hari sebelumnya.

Perlu diingat bahwa saat liburan kamu juga perlu waspada terhadap sejumlah ancaman seperti keamanan diri dari penjahat, penipuan, hingga berbagai bencana seperti gempa bumi. Trip di wilayah Indonesia memang memiliki risiko tinggi akan gempa, terutama di sekitar wilayah yang dilewati ring of fire. Lalu apa saja yang perlu kamu lakukan jika terjadi gempa bumi di tengah travelling kamu?

Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Terjadi Gempa di Tengah Trip Seru

1. Saat berada di dalam hotel

Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Terjadi Gempa di Tengah Trip Seru

Apabila terjadi gempa bumi saat kamu di dalam hotel atau penginapan, segera berlindung di bawah meja atau benda lain yang kamu anggap bisa melindungi diri dari berbagai benda yang memungkinkan terjatuh. Jangan lupa untuk selalu melindungi kepala dengan benda-benda aman yang ada di sekitar kamu. Menutupi kepala dengan bantal atau helm jika ada menjadi salah satu pilihan.

Apabila gempa sudah selesai biasanya akan diikuti gempa susulan sehingga kamu perlu segera keluar hotel jika memungkinkan. Pergilah ke tempat terbuka yang jauh dari bangunan tinggi. Apabila kamu tidak sempat keluar hotel, pastikan kamu berada di tempat yang aman dengan kondisi sama di bawah meja.

2. Di Luar Hotel

Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Terjadi Gempa di Tengah Trip Seru

Jika terjadi gempa dan kamu berada di luar hotel, misalnya di tengah kota dengan kondisi sekitar berupa gedung-gedung tinggi maka kamu perlu mencari tempat yang aman. Jika gempa membuat kamu sulit untuk berpindah, pastikan kamu berdiam di tempat yang aman dengan menggunakan barang sekitar sebagai pelindung, misalnya meja atau benda lain yang kamu anggap kokoh.

Tidak ada salahnya untuk menjadikan tas sebagai alat pelindung kepala. Jika gempa telah meredam ada kemungkinan gempa susulan, maka dari itu segeralah mencari tempat terbuka yang jauh dari gedung-gedung untuk menghindari reruntuhan.

Baca juga : Tips Traveling Buat Para Jomblo yang Wajib Banget Dicoba

3. Di Dekat Laut

Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Terjadi Gempa di Tengah Trip Seru

Ketika kamu sedang melakukan trip di wilayah laut dan terjadi gempa, maka segeralah mencari tempat aman untuk berlindung. Pergi ke tempat yang jauh dari lautan dan memiliki topografi lebih tinggi karena gempa di wilayah laut bisa memungkinkan terjadinya tsunami. Selain topografi yang tinggi, pastikan juga tempat tersebut jauh dari gedung-gedung untuk menghindari reruntuhan.

4. Di Wilayah Gunung atau Bukit

Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Terjadi Gempa di Tengah Trip Seru

Gempa yang terjadi di wilayah gunung atau bukit bisa menimbulkan longsoran, oleh karena itu saat gempa berhenti kamu perlu segera menjauhi gunung atau bukit tersebut. Carilah tempat yang relatif datar dan jauh dari gedung-gedung tinggi untuk menghindari reruntuhan.

Baca juga : Tips Traveling Ala Backpacker – Simpel & Low Budget!

5. Di Dalam Kendaraan

Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Terjadi Gempa di Tengah Trip Seru

Jika gempa terjadi dan kamu masih dalam kendaraan, jangan mempercepat lalu kendaraan tetapi mintalah pengendara untuk berhenti. Setelah itu keluarlah dari dalam kendaraan dan mencari tempat lapang untuk mengamankan diri.

Itulah sejumlah skenario dan tindakan yang bisa kamu lakukan saat terjadi gempa di tengah trip serumu. Tak hanya perlu senantiasa waspada, kamu pun harus merancang liburan bersama agen travel terpercaya agar bisa menikmati liburanmu. Via Indonesia telah dipercaya selama bertahun-tahun sebagai partner perjalanan yang murah, terpercaya, serta memiliki ragam pilihan, mulai dari tiket pesawat, hotel, penginapan, hingga paket wisata.

Sudah saatnya kamu mengambil jeda untuk berlibur, dan siapa lagi yang mampu menawarkan harga terendah untuk liburan super berkesan, kalau bukan via.id. Install aplikasi Via Indonesia di ponselmu dan peroleh potongan harga IDR 25k untuk tiket penerbangan pertama yang kamu pesan. Menarik, bukan?

Sumber image : pixabay, unsplash

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password