Kerajinan Tangan Khas Sulawesi Selatan yang Harus Dijadikan Oleh – Oleh

Kerajinan Tangan Khas Sulawesi Selatan

EnaknyaKemana.com – Kerajinan tangan selalu punya pesona sendiri untuk wisatawan yang berkunjung. Kebanyakan wisatawan ketika berkunjung ke suatu tempat wisata, selain berusaha menikmati sajian pemandangan yang ditawarkan juga mencari oleh – oleh untuk dibawa pulang. Jika Anda sedang bertandang ke Sulawesi Selatan dan sedang mencari kerajinan tangan khas Sulawesi Selatan untuk dibawa sebagai oleh – oleh untuk pulang, Sulawesi Selatan punya banyak kerajinan tangan yang bisa jadi oleh – oleh Anda.

Tentunya kerajinan tangan tersebut memiliki ciri khas dan sisi keunikan tersendiri. Berikut apa saja kerajinan tangan khas Sulawesi Selatan yang harus dijadikan oleh – oleh untuk dibawa pulang. Dengan membawa pulang kerajinan ini tentu Anda tak akan lupa dengan indah dan menariknya Sulawesi Selatan.

Kerajinan Tangan Khas Sulawesi Selatan

Miniatur tongkonan

Kerajinan Tangan Khas Sulawesi Selatan - Miniatur tongkonan

Tongkonan adalah rumah adat asal Toraja dengan bentuk atap yang seperti perahu dan terdiri atas susunan bambu. Walau sekarang ini sebagian Tongkonan sudah menggunakan atap seng akan tetapi konon katanya rumah adat Tongkonan sudah sejak dulu ada. Yang lebih istimewa bahwa dalam pembangunan tidak ada unsur logam. Di bagian atapnya terdapat deretan kepala kerbau yang menggambarkan strata sosial pemilik tongkonan. Anda bisa dapatkan miniatur ini sebagai oleh – oleh dari Sulawesi Selatan.

Baca juga : Wisata Alam Sulawesi Selatan yang Harus Masuk Ke Daftar Kunjungan Anda

Miniatur tau – tau

Kerajinan Tangan Khas Sulawesi Selatan - Miniatur tau - tau

Jika berkunjung ke pekuburan di Tana Toraja atau di Toraja Utara, Anda akan temukan patung di area pekuburan tersebut. Ini juga yang sering disebut dengan istilah Tau Tau yang artinya orang – orangan atau patung. Dalam adat istiadat dan budaya Toraja memang setiap orang kaya atau bangsawan yang meninggal akan dibuatkan Tau – Tau dan biasanya diletakkan di sekitar tempat jenazah yang dimakamkan. Didalam pembuatannya tak boleh dikerjakan oleh sembarang orang melainkan oleh para pengrajin khusus.

Kain tenun

Kerajinan Tangan Khas Sulawesi Selatan - kain tenun Toraja

Sulawesi Selatan juga memiliki sebuah kain tradisional dengan perpaduan warna dan corak yang khas. Untuk mengenali kain tenun Toraja Anda bisa lihat di bagian motifnya, warna dan teksturnya. Tentu semakin rumit motifnya waktu pengerjaan akan semakin lama dan harganya juga semakin mahal. Untuk kain sutera Sengkang sendiri, umumnya mengkilap dan tidak mudah kusut. Motifnya beragam dan jenis kainnya juga bervariasi. Anda bisa jadikan oleh – oleh untuk pulang.

Anda yang sedang jalan – jalan di Sulawesi Selatan, itulah apa saja benda kerajinan tangan khas Sulawesi Selatan yang harus dijadikan sebagai oleh – oleh. Selamat berlibur dan berburu oleh – oleh.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password