Kastil Vajdahunyad, Pameran yang Berubah Menjadi Kastil Indah yang Wajib Dikunjungi Saat Ke Hungaria

Kastil Vajdahunyad

Enaknyakemana.com – Hungaria adalah salah satu negara yang berada di Eropa tengah yang beribukota di Budapest. Hungaria juga selalu ramai oleh pengunjung baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Baik obyek wisata yang terkenal di Hungaria ini antara lain gua air panas, Danau Heviz yang merupakan danau air panas terbesar di dunia, Danau Balaton yang menjadi danau terbesar di Eropa Tengah, wisata – wisata bersejarah yang banyak terdapat di pusat kota Budapest.

Berbicara tentang wisata sejarah, Hungaria memiliki salah satu kastil yang ada di Taman Kota, Budapest yaitu Kastil Vajdahunyad. Kastil ini dibangun pada tahun 1896 hingga 1908 oleh perancang Ignac Alpar. Kastil ini dahulunya hanyalah sebuah salinan dari kastil Transilvania, Rumania yang dibangun dari kardus dan kayu yang digunakan sebagai pameran milenial untuk merayakan 1000 tahun keberadaan Hungaria sejak adanya Hungarian Conquest of tthe Carpathian basin yang berlangsung tahun 895. Peristiwa tersebut merupakan peristiwa sejarah dimana berakhirnya era yang menjadi awal masuknya orang Hungaria ke Eropa Tengah setelah sebelumnya dikuasai oleh bangsa lain. Pameran ini kemudian menjadi sangat populer sehingga dibangun kembali dengan batu dan bata pada tahun 1904 hingga 1908. Kastil Vajdahunyad bukanlah kastil yang dihuni oleh keluarga kerajaan. Kastil ini justru digunakan untuk menaungi museum pertanian terbesar di Eropa.

Baca juga : Wisata ke 5 Kastil di Eropa Seperti Membawamu Ke Negeri Dongeng

Di dalam kastil ini menjelaskan tentang sejarah awal pertanian Hungaria hingga tahun 1945, mencakup tentang aktivitas dan alat pertanian yang digunakan pada zaman Neolitikum hingga pertanian modern. Terdapat pula perkembangan kehidupan Hungaria mulai dari perburuan, perikanan, kehutanan dan perdagangan Hungaria serta perkembangan hewan setempat. Pengunjung juga dapat mempelajari bagaimana penanaman buah anggur hingga pembuatan menjadi minuman anggur.

Bukan hanya pameran pertanian, di dalam Kastil Vajdahunyad juga terdapat 40 koleksi museum seperti perangko, miniatur kendaraan, patung – patung dan kereta api uap. Di dalam kastil ini terdapat desain anak tangga dengan bahan batuan marmer dengan pilar yang dipahat dan lampu – lampu gantung kristal.

Baca juga : Yuk Selami Perbedaan 5 Kastil Disneyland ini untuk Tingkatkan Jumlah Kunjungan

Di halaman depan kastil terdapat sebuah danau buatan yang apabila musim panas pengunjung bisa menggunakan danau ini untuk diarungi menggunakan perahu dayung dan bila musim dingin danau ini berubah menjadi gelanggang seluncur es raksasa yang digunakan pengunjung untuk ice skating. Keindahan kastil ini akan semakin menarik dengan melihatnya dari atas perahu yang bisa anda sewa dari tepian danau. Saat musim panas kastil ini juga kerap mengadakan konser musik klasik yang menambah keromantisan kastil ini.

Baca juga : Ingin Menikmati Nuansa Kejayaan Islam Masa Lampau di Eropa? 3 Kota ini Wajib Anda Kunjungi

Di halaman depan Kastil Vajdahunyad juga terdapat sebuah patung Anonymus, seorang penulis kronik abad ke 12. Kono katanya jika menyentuh pena miliknya maka keberuntungan akan berpihak pada orang yang menyentuhnya. Kastil ini dibangun dengan perpaduan antara gaya Romanes, Gothic, Renaissance dan Barok. Terdapat pula sebuah rekontruksi Gereja Benediktin.

Kastil Vajdahunyad dibuka setiap Senin hingga Jumat setiap pukul 10.00 hingga 16.00 waktu setempat pada musim dingin dan 10.00 hingga 17.00 waktu setempat pada musim panas, jika berkunjung dihari sabtu dan minggu maka kastil ini dibuka setiap pukul 10.00 hingga 17.00 waktu setempat. Untuk menikmati keindahan kastil pengunjung cukup membayar 1100 Ft (4€ approx). Karena kastil ini berada di taman kota tentu kita tidak akan susah menemukan kastil ini. Kastil ini berada di pusat kota Budhapest dan berada di jantung kota.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password