Jenis-jenis Sistem Tiket Kereta yang Pernah Ada dari Masa ke Masa

Sistem Tiket Kereta

Enaknyakemana.com – Sebagaimana teknologi perkeretaapian selalu berubah dari masa ke masa, begitu juga dengan sistem ticketing kereta api. Tidak jarang perubahan sistem ini juga mengakibatkan berubahnya bentuk tiket dan jenis-jenisnya. Ada tiket kereta yang berubah mengikuti perkembangan zaman dan ada tiket kereta yang berubah karena menyesuaikan dengan fungsinya saat ini. Tulisan ini akan mengupas seperti apa gambaran perkembangan dan perubahan tiket dari masa ke masa.

Tiket Tertulis

Sistem Tiket Kereta

Pada masa awal-awal perkembangan kereta api, tiket kereta api memiliki bentuk formulir tertulis yang dikeluarkan oleh perusahaan kereta api. Tiket ini diperiksa oleh kondektur pada saat perjalanan dan di audit oleh perusahaan untuk mencocokkan kesesuaian antara pendapatan dengan tiket yang terkumpul. Tiket jenis ini memiliki kelemahan pada saat jumlah penumpang kereta  semakin banyak. Di mana pada saat itu petugas tiket akan menjadi sangat sibuk dikarenakan antrian penumpang yang sangat panjang, sedangkan tiket harus ditulis satu per satu.

Baca juga : 3 Trik Travelling Hemat Keliling Jawa dengan Kereta Api

Tiket Edmondson

Sistem Tiket Kereta

Sistem tiket kereta ini sebagaimana namanya, ditemukan oleh Thomas Edmondson, seorang kepala stasiun dari perusahaan kereta api di Inggris pada abad ke-19. Tiket ini ditemukan untuk mengatasi kelemahan yang ada pada sistem tiket tertulis dimana seorang petugas tiket harus menulis satu per satu tiket untuk para penumpang. Dengan adanya sistem tiket edmondson ini, petugas tiket akan dimudahkan dan dipercepat pekerjaannya karena tiket kereta sudah tersedia dalam bentuk cetakan di papan kertas kecil yang berisi informasi mengenai kereta yang akan dinaiki.

Sistem tiket ini juga memudahkan perusahaan kereta untuk memantau penjualan karena setiap tiket yang tercetak memiliki nomor seri berbeda sehingga memudahkan perusahaan ketika melakukan audit terhadap penjualan. Pada masa ini, masyarakat pengguna kereta api khususnya di Indonesia juga mulai mengenal istilah “karcis” yang merupakan sebutan dalam bahasa Belanda untuk tiket.

Tiket Print

Sistem Tiket Kereta

Teknologi untuk mencetak tiket berkembang ke tahap selanjutnya setelah ditemukannya komputer dan printer. Dengan menggunakan printer, mencetak tiket pada kertas dapat dilakukan dengan lebih cepat. Tiket yang dicetak dengan menggunakan printer umumnya adalah khusus untuk kereta api kelas bisnis dan eksekutif saja atau untuk beberapa jenis kereta yang sudah tidak menggunakan tiket edmondson lagi. Pada masa ini, sistem tiket kereta jenis edmondson mulai dikurangi penggunaannya terbatas pada kereta-kereta jenis komuter atau kereta yang melayani rute lokal. Tiket dengan sistem print ini bukannya tanpa kelemahan, ada kalanya ketika komputer atau printer mengalami gangguan maka petugas tiket harus kembali lagi kepada cara lama yaitu dengan menulis secara manual mengenai informasi yang ada pada tiket sebelum diberikan kepada penumpang.

Baca juga : Catat! Ini Dia Tips Sukses Menambah Pemasukan dengan Bisnis Tiket Kereta Api

Tiket Kartu Elektronik

Sistem Tiket Kereta

Bagi yang sudah pernah menggunakan angkutan cepat massal seperti KRL atau MRT mungkin akan paham tanpa perlu dijelaskan panjang lebar. Sistem tiket ini memungkinkan proses pembelian tiket untuk dilakukan tanpa harus menggunakan petugas tiket. Semua proses dilakukan dengan menggunakan mesin. Para penumpang tinggal menempelkan kartu elektronik yang berisi chip atau memasukkan ke dalam slot kartu pada gerbang masuk stasiun untuk melakukan pembayaran kemudian penumpang bisa langsung masuk ke dalam stasiun untuk menunggu kereta yang akan dinaiki. Sistem tiket ini sangat praktis karena seluruh proses bisa berlangsung dalam waktu singkat dan cocok digunakan untuk daerah yang masyarakatnya banyak menggunakan kereta api untuk beraktivitas dalam jarak dekat. Sistem tiket kereta api ini memiliki keterbatasan pada kemampuannya memproses informasi yang sederhana, sehingga untuk perjalanan jarak jauh masih banyak menggunakan tiket kereta yang dicetak (print).

Hari ini, sistem tiket kereta sudah mengadopsi sistem seperti pada perjalanan pesawat, yaitu menggunakan boarding ticket system. Sistem tiket ini memudahkan penumpang karena pemesanannya bisa dilakukan secara online tanpa harus pergi ke stasiun. Bukalapak merupakan salah satu tempat terbaik dimana kamu bisa membeli tiket kereta secara online, untuk kemudian dicetak boarding pass-nya di stasiun sebelum keberangkatan.

Bukalapak Kereta Api

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password