Icip-Icip Kuliner 5 Jenis Nasi Goreng di Indonesia Yuk!

Jenis Nasi Goreng di Indonesia

Enaknyakemana.com – Berbicara mengenai kuliner yang berada di Indonesia memang tak kunjung habisnya. Hal tersebut sudah wajar, karena negeri kita ini sangat kaya budaya, nusantara dan juga kaya akan kulinernya yang lezat dan memanjakan lidah siapapun yang memakannya. Nah, salah satu kuliner di Indonesia yang namanya sudah mendunia yaitu Nasi Goreng.

Nasi goreng adalah salah satu makanan khas Indonesia yan kepopulerannya hampir sama dengan Rendang, dan menjadi dua makanan terpopuler di dunia versi CNN Travel lho. Memang nasi goreng ini adalah masakan nasional Indonesia yang paling sering ditemukan dimanapun, dari pinggir jalan hingga hotel berbintang sekalipun. Tapi, apakah Anda tahu apa saja jenis-jenis Nasi Goreng di Indonesia? Berikut adalah jenis-jenisnya :

Jenis Nasi Goreng di Indonesia

1. Nasi Goreng Jawa

nasi2.jpg?fit=1200%2C628&ssl=1

Nasi goreng pertama yan ada di Indonesia adalah jenis yang paling terkenal, yaitu Nasi Goreng Jawa. Nasi goreng yang satu ini terkenal dengan rasanya yang cenderung manis karena ditambahkan kecap dan pedas yang dihasilkan dari sambal uleg. Campuran didalamnya pun terdiri dari baso sapi, sayuran seperti kol dan caysim, hingga daun bawang. Nasi Goreng Jawa seringkali disajikan bersamaan dengan telur ceplok, kerupuk udang, serta irisan mentimun dan tomat disampingnya.

2. Nasi Goreng Mawut

nasi3.jpg?fit=1200%2C628&ssl=1

Nasi Goreng Mawut adalah salah satu nasi goreng khas kota Malang, Jawa Timur. Yang membuat nasi goreng ini berbeda dengan yang lainnya adalah campuran mie yang dipadukan bersamaan dengan nasi. Dikenal dengan sebutan Sego Goreng Mawut, makanan ini mempunyai rasa yang sama dengan nasi goreng pada umumnya akan tetapi adanya mie dan lauk tambahan lainnya menyajikan sensasi tersendiri bagi para penggemarnya. Selain itu, bumbu-bumbu yang khas juga dapat membuat lidah Anda tidak dapat berhenti memakannya, lho!

Baca juga : Penggemar Wisata Kuliner Nusantara Wajib Tahu Jenis – jenis Sambal yang Ada di Indonesia, Pernah Coba yang Mana?

3. Nasi Goreng Jancuk

nasi4.jpg?fit=1200%2C628&ssl=1

Nasi goreng Jancuk adalah nasi goreng yang berasal dari Surabaya. Dibandingkan dengan nasi goreng pada umumnya, Nasi Goreng Jancuk ini mempunyai ciri khas dan juga keunikan yang berbeda dari yang lainnya. Rasanya sengaja disajikan dengan pedas yang memiliki dua level, untuk level pedas biasa nasi goreng ini menggunakan 1 ons cabai untuk tiap porsi (kurang lebih 20 cabe rawit)!

Selain itu, nasi goreng ini dilengkapi juga dengan berbagai tambahan seperti irisan telur dadar diatasnya, udang, daging ayam suwir, bawang goreng, kerupuk udang serta irisan timun dan tomat. Yang membuatnya unik yaitu penyajian Nasi Goreng Jancuk yang langsung menggunakan penggorengan, dengan ukuran porsi yang super jumbo sehingga dapat disantap oleh 3-4 orang untuk sekali pesan.

4. Nasi Goreng Minang

nasi5.jpg?fit=1200%2C628&ssl=1

Nasi Goreng Minang, atau biasa disebut dengan Nasi Goreng Padang mempunyai cita rasa yang cenderung pedas dicampur dengan asin. Nasi goreng ini dimasak dengan menggunakan daun bawang, daun kunyit, daun jeruk serta daun seledri lho. Biasanya, nasi goreng ini dilengkapi dengan tambahan dendeng, pete dan juga telur ceplok. Wah, kebayang dong rasa enaknya seperti apa?

Baca juga : Pecinta Wisata Kuliner Nusantara Harus Tahu Aneka Wedangan Khas Indonesia

5. Nasi Goreng Ikan Asin

Nasi Goreng Ikan Asin

Dari namanya pun Anda sudah dapat menebak, nasi goreng ini dilengkapi dengan ikan asin sebagai tambahannya. Cara membuatnya pun juga sangat mudah seperti nasi goreng pada umumnya, hanya saja penambahan ikan asin yang menjadi salah satu perbedaannya. Nasi goreng ini cenderung memiliki rasa asin dan gurih, dilengkapi dengan kerupuk serta irisan timun dan tomat juga.

Ternyata di Indonesia tidak hanya nasi goreng biasa saja, setelah melihat jenis nasi goreng di Indonesia diatas Anda telah mengetahui bahwa Indonesia memiliki berbagai jenis nasi goreng yang dapat Anda coba masak dirumah ataupun membeli diluaran. Selamat mencoba!

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password