5 Jajanan Khas Bali yang Paling Populer dan Bikin Nagih

5 Jajanan Khas Bali yang Paling Populer dan Bikin Nagih

EnaknyaKemana.com – Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang namanya sudah terkenal hingga ke mancanegara. Tidak heran karena Bali menyuguhkan banyak sekali tempat wisata menarik dengan fasilitasnya yang sangat lengkap. Mulai dari akomodasi, hotel atau penginapan, hingga tempat makan. Semuanya tersedia dari yang dibanderol harga murah hingga yang berkualitas premium. Salah satu tempat wisata paling terkenal di Bali adalah Pantai Kuta. Pantai terindah di Bali ini menjadi favorit para turis ingin merasakan sensasi berjemur.

Selain tempat wisata, kuliner khas Bali juga tidak boleh dilewatkan. Kali ini akan dibahas mengenai jajanan khas Bali yang paling populer dengan cita rasa yang enak dan bikin nagih. Penasaran apa saja jajanan khas Bali tersebut? yuk simak ulasannya di bawah ini.

5 Jajanan Khas Bali yang Paling Populer dan Bikin Nagih

Jaje Laklak

Jajanan khas Bali yang pertama wajib dicicipi adalah Jaje Laklak. Jika dilihat dari tampilannya, jajanan satu ini lebih mirip seperti serabi khas Solo. Tapi demikian tentu jajanan asal Bali ini memiliki cita rasa yang berbeda. Jaje Laklak dibuat dari campuran tepung sagu, tepung beras dan juga santan. Biasa dihidangkan dengan parutan kelapa di atasnya serta diguyur dengan gula merah cair.

Jaje Laklak dijajakan secara tradisional dan biasanya dijual di pinggir jalan. Pada saat bulan puasa, jajanan satu ini paling banyak diburu untuk dijadikan santapan berbuka puasa.

Bubur Injin

Selain Jaje Laklak, ada pula Bubur Injin yang tidak kalah lezat dan wajib untuk dicoba. Dibuat dari ketan hitam dengan campuran nangka serta santan, membuat hidangan satu ini sangat lezat dan bikin nagih. Memang bubur ketan hitam bisa kita temukan di berbagai daerah di Indonesia. Tapi untuk Bubur Injin khas Bali ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan ke-khasannya.

Paling nikmat Bubur Injin ini dijadikan sebagai hidangan penutup setelah sarapan pagi. Rasanya yang lezat, tidak jarang para pengunjung yang datang ke Bali akan memburu jajanan satu ini.

Baca juga : Tempat Nongkrong di Ubud Bali yang Menyajikan Pemandangan Alam Asri

Rujak Kuah Pindang

Mungkin melihat dari namanya, jajanan satu ini terbilang aneh. Ini bukanlah ikan pindang yang dimasak dengan bumbu rujak. Melainkan memang rujak seperti pada umumnya, namun bedanya rujak khas Bali ini menggunakan siraman kaldu ikan pindang yang dicampur dengan garam, terasi, dan juga cabe. Untuk isi rujaknya sendiri sama seperti rujak buah pada umumnya seperti, belimbing, begkuang, mentimun, kedongdong, pepaya dan lain sebagainya.

Rasanya sangat unik, ada rasa segar, asam, manis dan juga pedas bercampur menjadi satu. Sangat pas Rujak Kuah Pindang ini disantap saat siang hari bersama teman atau keluarga.

Bagiak

Bagiak juga menjadi salah satu jajanan khas Bali yang paling terkenal dan sering dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Bagiak ini sendiri merupakan kue kering yang terbuat dari tepung sagu dengan cita rasa yang enak dan renyah. Bagiak juga tersedia dalam beberapa varian rasa, mulai dari rasa susu, jahe, kayu manis, dan juga rasa kacang. Bentuknya sangat sederhana, miri seperti ibu jari. Tapi untuk cita rasanya sangat lezat dan bikin nagih.

Baca juga : 5 Rekomendasi Hotel Instagramable di Bali yang Paling Populer

Jaje Sumping

Dan jajanan khas Bali yang terakhir adalah Jaje Sumping, yang mana tempilan dan bentuknya lebih mirip seperti kue nagasari. Dibuat dari campuran tepung beras dan juga santan, Jaje Samping memiliki cita rasa yang khas. Di bagian tengah biasanya diberi potongan pisang untuk menambah cita rasanya agar lebih enak. Nantinya dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus hingga matang.

Itulah tadi beberapa jajanan khas Bali yang paling populer dan wajib diburu saat kalian berkunjung kesana. Yuk liburan ke Bali sekarang!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password