5 Hal yang Bisa Buat Permohonan Visa Ditolak

5 Hal yang Bisa Buat Permohonan Visa Ditolak

Enaknyakemana.com – Saat akan  liburan ke luar negeri, Anda tidak hanya membutuhkan paspor tetapi juga visa. Jika paspor berfungsi sebagai tanda pengenal Anda ketika di luar negeri, maka visa merupakan izin yang dikeluarkan oleh negara tujuan, supaya Anda bisa masuk dan tinggal di sana dalam jangka waktu tertentu.

Bagi sebagian orang, mengurus visa adalah pekerjaan yang tidak hanya merepotkan tetapi juga membuat was-was. Pasalnya, permohonan visa ke suatu negara tidak selalu diterima. Permohonan visa bisa saja ditolak dengan alasan tertentu. Jika sudah demikian, maka keinginan untuk liburan mesti ditunda. Berikut adalah lima hal yang bisa buat permohonan visa ditolak.

Hal yang Bisa Buat Permohonan Visa Ditolak

1. Alasan Bepergian yang Kurang Meyakinkan

5 Hal yang Bisa Buat Permohonan Visa Ditolak

Hal pertama yang membuat visa Anda ditolak adalah tujuan bepergian yang kurang meyakinkan. Ini bisa terjadi jika Anda gagal menjelaskan tujuan Anda pergi ke sebuah negara, apakah untuk liburan, urusan bisnis, atau urusan yang lain.

Tidak hanya itu, Anda juga mesti menunjukkan dokumen-dokumen terkait rencana Anda tersebut. Misalnya, bukti pemesanan tiket pesawat pulang pergi, bukti pemesanan hotel, itinerary perjalanan, atau jika Anda pergi untuk menghadiri acara tertentu, Anda mesti bisa menunjukkan undangan dari institusi yang mengundang Anda. Jika gagal menunjukkan dokumen-dokumen tersebut, maka besar kemungkinan visa Anda akan ditolak.

Baca juga : Trik Pergi ke Luar Negeri dengan Budget Minim

2. Dukungan Finansial Kurang Memadai

5 Hal yang Bisa Buat Permohonan Visa Ditolak

Hal kedua yang membuat permohonan visa ditolak adalah dukungan finansial yang kurang memadai. Saat wawancara visa, Anda biasanya diminta menunjukkan buku tabungan atau rekening koran. Tujuannya, untuk memastikan bahwa Anda memiliki dukungan finansial yang cukup selama tinggal di luar negeri.

Permohonan visa bisa ditolak jika tidak terdapat cukup uang dalam rekening Anda. Hal ini sebenarnya bisa diatasi jika Anda memiliki penanggung yang siap menanggung segala kebutuhan finansial Anda selama tinggal di negara yang Anda tuju.

3. Tidak Ada Asuransi

5 Hal yang Bisa Buat Permohonan Visa Ditolak

Saat akan pergi ke luar negeri, Anda mesti memiliki asuransi perjalanan. Tujuannya, melindungi Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti sakit, kehilangan, hingga tindakan kriminal. Dalam proses permohonan visa, asuransi adalah hal yang sangat penting. Permohonan visa Anda bisa ditolak, jika Anda gagal menunjukkan asuransi. Perhatikan juga besaran biaya yang ditanggung oleh pihak asuransi, karena beberapa kedutaan memberikan biaya minimum yang harus ditanggung oleh asuransi untuk kasus-kasus tertentu.

Baca juga : Berlibur Ke Luar Negeri Untuk Pertama Kalinya? Siapa Takut!

4. Paspor yang Tidak Berlaku atau Rusak

5 Hal yang Bisa Buat Permohonan Visa Ditolak

Pastikan paspor Anda masih berlaku jika hendak mengajukan permohonan visa. Pasalnya, permohonan visa pasti akan ditolak jika masa berlaku paspor Anda sudah kurang dari enam bulan. Selain itu, pastikan pula paspor Anda masih dalam keadaan baik. Pasalnya, permohonan visa juga bisa ditolak jika paspor Anda rusak.

5. Punya Catatan Kriminal

5 Hal yang Bisa Buat Permohonan Visa Ditolak

Hal lain penolakan permohonan visa adalah terkait catatan kriminal. Jika Anda pernah atau sedang terlibat dalam perkara kriminal, maka visa Anda pasti akan ditolak. Pasalnya, Anda dianggap bisa membahayakan masyarakat, sehingga berisiko tinggi mengizinkan Anda masuk dan tinggal di suatu negara dalam jangka waktu tertentu. Tidak hanya perkara kriminal biasa yang menjadi catatan di sini, pernah masuk ke negara lain tanpa izin juga akan membuat permohonan visa Anda ditolak.

Itulah lima hal yang bisa buat permohonan visa ditolak. Pastikan Anda menghindarinya supaya permohonan visa Anda dikabulkan. Setelah visa di tangan, Anda pun bisa liburan ke luar negeri dengan aman dan nyaman. Untuk mempersiapkan kelengkapan administrasi permohonan visa, Anda bisa mendapatkan tiket pesawat ke berbagai negara di dunia dengan harga terbaik di via.com. Dapatkan pula berbagai akomodasi sesuai dengan kebutuhan liburan Anda di via.id. Di situs via.com, semua harga yang ditampilkan adalah harga yang harus Anda bayar. Sehingga, Anda tetap bisa menikmati liburan tanpa takut dengan adanya tambahan biaya di akhir. Yuk, rancang liburan super berkesan hanya bersama via.com.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password